Oleh: achoey sang khilaf | Desember 19, 2007

Pengertian Cinta

Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Kata cinta sendiri sebenaranya memiliki makna yang luas dan para pakar telah mendefinisikan dan memilah-milah istilah ini yang pengertiannya sangat rumit, antara lain:

  • Cinta terhadap keluarga
  • Cinta terhadap teman-teman, atau philia
  • Cinta yang romantis atau juga disebut asmara
  • Cinta yang hanya merupakan hawa nafsu atau cinta eros
  • Cinta sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
  • Cinta dirinya sendiri, yang disebut narsisme
  • Cinta akan sebuah konsep tertentu
  • Cinta akan negaranya atau patriotisme
  • Cinta akan bangsa atau nasionalisme
  • Cinta kepada Tuhan

Sekedar membatasi pembicaraan, yang sedang dibicarakan cinta di sini adalah hubungan antarpribadi lawan jenis. Untuk memudahkan menerka makna cinta antarpribadi, ada baiknya kita mengenal unsure cinta antarpribadi ini. Cinta antarpribadi ini mempunyai beberapa unsure antara lain:

  • Afeksi: penghargaan kepada orang lain.
  • Kedekatan: pemuasan kebutuhan emosional dasar.
  • Altruisme: memperhatikan orang lain dan kebutuhannya daripada diri sendiri.
  • Resiprokasi: tak bertepuk sebelah tangan.
  • Komitmen: gairah untuk menjaga cinta.
  • Keintiman emosional: berbagi emosi dan perasaan.
  • Kekeluargaan: ikatan family.
  • Syahwat: gairah seksual.
  • Keintiman fisik: berbagi kedekatan daerah-daerah intim pribadi.
  • Kepentingan pribadi: kebutuhan akan penghargaan.
  • Pelayanan: keinginan untuk membantu.

Tentu masih ada banyak teori lain tentang cinta selain sekedar mengemukakan unsur-unsur cinta di atas. Setiap kebudayaan dapat mempunyai pendekatan yang berbeda untuk memaknai cinta. Bahkan dalam satu kebudayaan mungkin ada beberapa pendekatan untuk memaknai cinta. Pada dasarnya cinta merupakan konsep yang abstrak, lebih mudah untuk mengalaminya daripada menerangkannya.

Pandangan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

Dalam Islam ada seorang ulama yang bernama Ibnu Qayyim menerangkan cinta ini dalam bukunya yang terkenal, Raudhatul Muhibbin wa Nuzhatul Mustasyqin. Ibnu Qayyim sendiri mendata 50 istilah berkaitan dengan cinta. Katanya, “Karena pengertian manusia tentang istilah cinta ini sangat mendalam dan lebih banyak berkaitan dengan hati mereka, maka tidak heran jika nama-nama lain untuk istilah cinta juga cukup banyak. Ini hal yang sangat lumrah dalam suatu yang dipahami secara mendalam atau rentan bagi hati manusia.”

Kata teratas yang ditempatkan oleh Ibnu Qayyim sebagai kata yang berhubungan dengan cinta adalah al-Mahabbah. Secara bahasa, kata ini pun sudah mempunyai asal kata yang banyak. Ada yang mengatakan makna asalnya adalah bening dan bersih. Ada yang berpendapat bahwa asalnya berasal dari al-habab, air yang meluap setelah turun hujan lebat. Ada lagi yang mengartikan sebaliknya: gundah yang tidak tetap. Ada pula yang berpendapat asalnya dari al-habbu, yaitu inti sesuatu.

Dari istilahnya, al-Mahabbah tidak berbeda; mempunyai definisi yang banyak. Sebagian artinya adalah sebagai berikut. Ada yang mengartikannya sebagai kecenderungan terus-menerus dengan hati meluap-luap. Ada yang mengartikan mendahulukan kepentingan orang yang dicintai daripada yang lain. Ada yang mengartikan menuruti keinginan orang yang dicintai, baik si dia berada di samping atau jauh. Ada juga yang mengartikan sebagai pengabdian.

Ada yang mengartikan bahwa makna hakikinya adalah menyerahkan apa pun yang ada pada dirimu kepada orang yang dicintai, sehingga tidak ada lagi yang menyisa. Ada yang berpendapat artinya engkau rela mengerjakan apa pun yang disenangi orang yang kau cintai, kemudian engkau rela mengorbankan diri, nyawa, dan hartamu demi dirinya, kemudian engkau mengikutinya secara sembunyi atau terang-terangan. Ada yang berpendapat, artinya ialah usahamu untuk membuat sang kekasih menjadi ridha.

Sebagian besar makna al-Mahabbah yang disebutkan Ibnu Qayyim berpusat bagaimana manghaturkan apa yang kita punyai; kemampuan, harta, nyawa kepada kekasih agar ia ridha, senang, dan keinginannya terpenuhi. Hamper tidak ada makna al-Mahabbah yang berpusat pada memuaskan keinginan pribadi orang yang mencintai kecuali pada satu makna, keinginan agar yang dicintai selalu hadir di sisi orang yang mencintai. Selain satu makna itu tidak ada.

Seharusnya Cinta

Dari ilmu psikologi Barat dan pandangan Ibnu Qayyim di atas, makna cinta didominasi oleh oleh bagaimana agar yang dicintai ridha, terpuaskan keinginannya oleh orang yang mencintai. Mereka yang mencintai. Mereka yang mencintai tergerak untuk menghargai kekasihnya, memperhatikannya, dan memenuhi kebtuhannya daripada kebutuhan diri sendiri.

Cinta yang berjalan pada porosnya tentulah membawa kedamaian dan ketentraman bagi orang yang dicintai bukan sebaliknya. Cinta yang seharusnya tentu membuat yang dicintai merasa dihargai, aman, terpenuhi kebutuhannya, damai, dan tenteram.

Memaknai cinta dengan makna seperti itu tentu membuat hidup lebih indah dan mudah. Cinta adalah bagaimana engkau membahagiakan orang yang kau cintai. Dan dengan seperti itulah engkau merasa bahagia. Dengan membahagiakan orang yang engkau cintai-lah engkau akan merasa bahagia. Cinta adalah bagaimana engkau bahagia saat orang yang kau cintai menjadi bahagia. Dengan melihat orang yang kau cintai berada dalam kebahagiaan, engkau merasa bahagia, dan begitulah engkau mencintainya.

sumber: http://freqz.blogspot.com


Responses

  1. Bagaimana kita men’definisi’kan cinta jika definisi dari definisi adalah menjelaskan ‘batasan’. Yg aku sadari, cinta itu konsep agung Ilahi untuk menjaga cinta itu sendiri, tanpa batas…!!!

    Ehmmm gitu ya akhi.

  2. Mm…. ane pusing kalo mikirin cinta. Pokoknya yang penting ane Cinta…….. banget ma Allah.

    Subhanallah.

  3. kalau bicara masalah cinta takan ada habisnya, karena kata cinta itu sautu hal yang dipuja oleh siapapun dari usia muda sampai usia tua, yakinnya kalau udah ngerasa jatuh cinta atau merasakan cinta, huh bikin pusing dech kepala ini, tapi kita harus tah dulu cinta itu berdasarlkan apa dulu, kalau berdasarkan hati tuh cinta abadi tapi kalau berdasarkan nafsu, itu yang bikin kepala pusing

    Setuju sobat.

  4. untuk masalah cinta-cintaan, alangkah bagusnya kalau antum baca taman orang-orang jatuh cinta, karya al hafizh, al allamah ibnul qayyim jauziyah

    Wah sebuah referensi yang bagus. Tapi ane udah baca apa belum ya, takutnya udah ah. Coba ane inget2 lagi. :D

  5. …ada juga istilah ISYQ, (penyakit) cinta yang menyerang orang2 yang hatinya kosong dari rasa cinta kepada-Nya.
    ISYQ membuat orang mengganggap indah apa-apa yang dicintainya.. selain itu, juga membuat ingin memiliki apa yang dicintainya…

    cinta.. saya sendiri sampe sekarang ga ngerti, hanya bisa merasakan..
    tapi entah kenapa saya selalu benci kalo udah jatuh cinta ke seseorang. it makes me feel stupid and jealousy makes me SICK !!
    mungkin karena saya sering berlebihan kalo udah cinta ke seseorang… :(

    Makanya jangan berlebhan. Makan berlebihan aja kan malah jadi berbahaya. :)

  6. Cinta.. suatu hal yang agung… tapi sayangnya banyak orang yang mengakui pemuja cinta justru terjebak dalam lingkaran kemunafikan dari sisi cinta itu sendiri…

    Memang kalau bahas cinta ga ada habis2nya mas dan akan tetap laku dan laris manis… ;)

    Ya, membungkus nafsu dengan kemasan cinta. Itulah kemunafikan dalam cinta. :)

  7. Makin sulit saja mengartikan cinta dalam arti dunia. Selalu cenderung ke arah nafsu belaka.

    Yup, maka mari kita behati-hati! :)

  8. cinta adalah memberi dan melayani

    Yup :)

  9. setujulah , kalo kang achoey yang bilang

  10. love is love,,,,,,,,,,,
    dan g da kata-kata di dunia ini yang bisa mengartikan tentang keagungan cinta,,,, ^_^

  11. cinta itu indah bila dinikmati bersama dan tanpa ada rasa seksual karena cinta akan cacat dengan adanya tingkah sek terhadap cinta. cinta itu indah, murni tanpa ada yang memaksa maka cintailah cina wahai umat yang beragama dan yang bertuhankan yang maha esa.

  12. hati2 yang lagi jatuh cinta

  13. kenapa ya cinta bsa membuat kta patah hati?? q sering pusing mikirin cinta yg begitu ribet dan selalu berjubel dengan hal2 aneh yg bikin aq kecewa banget tp kadang aq jga ingin seperti orang2 yg senang dengan cinta yg begitu abadi dAN slalu bikin aq kasmaran akan CINT !!!!!!!!!!!!

  14. cinta adalah cahaya kegelapan dalam hati,terkadang terang kerap kali redup.
    Itulah keindahan dan kepedihan dalam cinta.

  15. Cinta tu m’bingungkan… ku juga sulit banget bwt ngerti apa itu cinta… kalo bisa seh cinta gak usah bikin ribet hidup orang2 deh, coz ujung2nya cuma nyiptain nelangsa n bikin perasaan tu batin banget,,, astagfirullah….

  16. Apa yang kita caRi daRi orang yang kita cintai?
    Pengolektor dari berbagai karakter?
    Sebenarnya,
    apa yang kita cintai pada orang itu?

    Yuppiee!
    Extra setuju plus plus!
    Cinta yang ga berbatas,
    adalah
    cinta pada ALLAH!
    ^_^v

  17. gmn ya..? aq c g tau 100% arti dari CINTA,ada yg bilang cinta itu asyik n ada yg bilang cinta itu dosa bila orang yg dicintai bukan mukhrimx.
    tp kalau menurut aq “CINTA”
    Cerita Indah Namun Tiada Arti,tapi bila kita menyadari sesungguhnya CINTA memiliki arti khusus yang hanya bisa diungkapkan dari hati ke hati ^_^

  18. cinta kadang aku juga masih bingung sih ama itu…..
    tapi kalo menurut gue cinta itu penuh dengan yang penuh-penuh…..
    yang pasti, cinta itu sangat nyakitin banget kalo sampe dilukai………

  19. Cinta……
    Terkadang bikin gw happy
    tapi ga jarang juga bikin gw sakit HATI.
    Sakit…..
    sakit yang gw sendiri ga tau gman cara ngilanginnya
    Cinta …..
    emang ga bisa diliat tpi cinta dapat dirasakan
    Terima kasih cinta …..
    karena lw gw bisa sedikit dewasa
    dan karena lw, hidup gw lebih berwarna.

  20. Cinta itU selalu benar tapi para pelaku cinta yg selalu,,salah mengartikannya .. Selalu d ikuti napsu

  21. klo mnurut gue sich cinta tuch perasaan yg timbul terhadap lawan jenis (bgi yg normal) n cinta tuch butuh bngt pengorbanan n kasih syng

  22. mnrt gue cinta itu perasaan dari hati n d defenisikan oleh adam n hawa

  23. cinta lagi cinta lagi………

    cape’ de mikirin cinta

    yg jelas klo kita cinta ma seseorang pasti ga akn pernah mau menyakitiya

  24. hai gy patah hati tu gk enak ya

  25. aku sangat tertarik dengan cinta. sebuah wacana yang patut untuk di bahas sampai tuntas. walau, sampai detik ini tidak seorangpun yang bisa mengerti cinta dengan sebenarnya…
    jujur, aku punya masalah dengan cinta… tapi aku masih bisa bertahan. keep u’r life…….!

  26. bgq cinta itw adlh prasaan yg lhr dr hati kt yg terdlm
    untk mncntai se2orang yg sngt kt cintai
    tak perlu kt2 untk membuktikanx ckp dngan perbuatan

  27. cinta adalah perasaan tlus dalam hati tanpa adanya rasa ingin memiliki
    cinta takan pernah menyakiti
    cinta adalah pengorbanan untuk yang dicintainya

  28. bila kita membicarakan cinta memang gak ada habisnya! namun saya mw nanya nih ma akhi!
    memang cinta itu seperti apa sih?
    kapan kita bisa merasakan cinta itu?
    lalu batasan kita mencintai lawan jenis apa?

  29. Menurut gw cinta itu,suatu perasaan sakit yg sangat menyenangkan,cinta itu sulit dimengerti.dan cinta ngak usah pakai logika.[warning]cinta itu lebih menyenangkan klu makai perasaan,ngak usah takut kalau kt tersakiti krna itu lebih menyenangkan klu di jalani.ambil sj hikmahnya dan sabar.OK.

  30. kalau cinta yg tak kekal dipanggil apa?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: