Oleh: achoey sang khilaf | Mei 19, 2008

Ujian Masuk Bersama (UMB), Jalan Lain Masuk UI

Buat para sahabat yang sedag dalam tahap siap-siap tuk melanjutkan jenjang pendidikan ke bangku kuliah dan amat berminat tuk masuk Universitas Indonesia (UI), saat ini ada jalur lain tuk bisa masuk ke S1 reguler UI selain SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Jakarta) yakni jalur Ujian Masuk Bersama (UMB).

Universitas Indonesia bekerja sama dengan Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru menggelar ujian masuk bersama (UMB). Daya tampung UMB sebanyak 3.318 kursi atau 80 persen dari seluruh daya tampung mahasiswa Universitas Indonesia untuk program sarjana reguler 2008.

Kepala Kantor Humas dan Protokol Universitas Indonesia (UI), Henny S Widyaningsih, di Jakarta, Kamis (15/5), mengatakan biaya kuliah untuk mahasiswa dari jalur UMB sama dengan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan TinggiNegeri/SNMPTN. Besarnya biaya kuliah ditetapkan dengan memperhatikan kemampuan penanggung biaya pendidikan.

Besaran biaya operasional pendidikan per semester berkisar Rp 100.000 – Rp 5 juta (untuk rumpun ilmu sosial dan humaniora), dan Rp 100.000 – Rp 7,5 juta (untuk rumpun kesehatan, sains, dan teknologi). Selain itu, UI memberikan beasiswa lebih dari Rp 20 miliar per tahun berupa Beasiswa Seribu Anak Bangsa dan skema-skema beasiswa lain untuk mahasiswa program sarjana reguler yang diterima melalui Program Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar, SNMPTN, dan UMB.

Pendaftaran UMB untuk lokal Jakarta dibuka pada 22-30 Mei di Kampus Universitas Negeri Jakarta. Pendaftaran wilayah di Medan, Padang, Yogyarkarta, Surabaya, dan Makassar pada 27 Mei – 4 Juni. 

Biaya pembelian formulir Rp 175.000 untuk IPA/IPS dan IPC Rp 200.000.. Ujian seleksi dilaksanakan pada 7-8 Juni dan hasilnya diumumkan pada 21 Juni.

Nah jadi sahabat semua harus mempersiapkan diri lebih dini tuk berperang di jalur ini. Karena UMB jelas dilaksanakan jauh lebih dulu ketimbang SNMPTN yang rencanaya akan digelar 2 dan 3 Juli 2008. Jadi bersemangatlah!

Info selengkapnya bisa dilihat di sini. Saya dapet sebagian berita di atas juga dari sini.

About these ads

Responses

  1. Kenapa sistem penerimaan mahasiswa baru selalu berganti-ganti. Pusing…

  2. mudah-mudahan bisa jadi solusi pendidikan murah buat yg pintar tapi kurang mampu secara finansial

  3. nice info.. tapi katanya semester depan uang semester naek 5x lipat gitu di UI

  4. smangat..cuma jika lulus UI, dan UAN tidak lulus gimana dik?

  5. walah sayangnya aku dah tua :)

  6. bisa g lolos ui??? :lol:

  7. Sayangnya aku dah kuliah, Kang… :mrgreen:

  8. knp yah harus pisah2 gini :(

  9. Saya alumni UI …

  10. Hmmm… boleh ni…saya akan simpan infonya… buat anakku (eh… tapi bakalan ada perubahan sistim penerimaan lagi gak ya????)
    Jazakallahu

  11. gw yakin hampir seluruh nak sma di jakarta pasti ikut umb….!!!! mudah-mudahan masih tersisa bangku untukku…amien ya robbal alamin

  12. karena biaya kuliah semakin mahal………….mungkin suatu saat hanya sedikit yang berminat jadi mahasiswa?
    Selamat berjuang para calon Mahasiswa :D

  13. kalo umur saya masih bisa ngga kang ?


  14. Mustahil Kristen Bisa Menjawab

    mustahil-kristen-bisa-menjawab.blogspot.com

  15. :D nambah ribet apa nambah mudah ya metode kaya gini???

  16. denger2, klo msk lwt umb, uang sumbangan’a gede y?

  17. ijin kopipes ke milis, Om

  18. gmnA kLw ada caLon maHasisWa yaNg pinTer,n mangkin lulus umb,pi orang tuanya ga punya uang untuk bayar uang pangkal,..gmaNa dunK?/////kan kasihan…

  19. mdh2an ajah smua sistem penerimaan mahasiswa baru, apapun bentuknya, bs mempermudah slruh anak bangsa untk menggapai cita2nya,,insya Allah. .

  20. keren ada seleksi UMB…
    jadi gw bisa ikut gag usang langsung kejakarta. ditangerang juga ada…
    chayo yang mau ikut UMB. mudah2an dari 3.318 orang itu adalah salah satunya gw. amin ya robbal alamin…
    gw pingin banget masuk UI. kalo lewat jalur SNMPTN susah banget. kemungkinannya 20% doang jadi gag seru… kalo UMB kan 80%.
    ya allah berilah aku kesmpatan ini untuk kul di UI.
    amin….

  21. w seneng baget dengan diadakanx UMB 2008, dari w SMA w mau banget masuk UI,,,,uhhh..mimpix w X yah.. klo lewat SPMB Nasional c w dah kapok bgt, kemungkinan masukx susah bgt, makax w berdoa mudah2an w bisa lulus di UMB ini, jadi kan g malu2in bonyok w, tullll g….

  22. mdah”an aq lu”s dh
    aaammmaaiieennn
    y allah…
    ^_^

  23. Kapan kuliah gratis di UI…? hehehhe…

  24. ah, makin mirip aja kayak ITB, pake ujian mandiri segala, kenapa ngga semua pake SPMB atau SNMPTN aja sih?? biar semua bisa dapet jatah, kalo infonya baru seperti ini, pasti banyak yang ngga tau kalo UI ngadain UMB, kayak 2 taun lalu, cuma 13 sekoalah dari seluruh sekolah di jakarta yang tau kalo di elektro UI ada jurusan baru Teknik Komputer, ckckck, rektor yang sekarang ada-ada aja deh.
    btw, ada rencana pembangunan monorail loh di UI :mrgreen:

  25. bingung…orang bandung kalo mo ikutan harus ke jkt ya???

  26. maap mas… boleh dikopi paste ke blog saya gak? berita kek gini harus bner2 tersebra luas nih… saya juga anak UI dan saya prihatin… smape sekarang infonya masih terus simpang siur mengenai jalur masuk PTN Indonesia

  27. duu..hhh
    pengen banget masuk UI neh..
    psikolognya itu loh..
    tapi takut ga keterima,,
    gimana dunkz..

  28. Sy anak daerah yang dari jauh berjuang untuk masuk UI.Tapi setelah melihat biaya gedungnya,saya langsung patah semangat cos orang tua saya hanya seorang Guru.Bagi saya sekarang masuk ‘gak masuk UI Saya tetap berjuang demi Cita-cita saya.Bgi temen-temen yang lain saya doakan yah.Tapi kampus yang alen juga bagus koq tergantung kita nya aja…SEMANGAT..PASTI BISA..JESUS MEMBERKATI

  29. loq boleh taw……
    pengumuman tgl 21 jam brapa n diliat di mana az..?

  30. Duch………………………………………!!!!!
    deg-degan bgt menanti pengumuman umb………
    aq harus optimis….
    4WI mnyukai hambanya yang optimis…..
    Ya 4WI,lulus kn aq n sobat2 q..
    amiiiiiiiiiiiiiiiieeeeeeeeeeen…

  31. sy msh kelas 2 sma, tp sy bingung berat sl kuliah..
    sy pgn kul d ui, coz pa2 sy alumni situ..
    skrg msk ui, bs lwt ujian apa aja sich??
    kok agak membingungkan ya???
    ada yg bisa bantu??

  32. dup-uuhh,,
    qu deg2an neh,,
    nunggu pengumuman ui,,

    do”ain aku ya smuanya,,

    aku pazti keterima

    amieeeeeeeeennnnnn

  33. Sayang mas, di UIN Malang, biaya antara SNMPTN dan Ujian Masuk Reguler tetap sama…

    Salam hangat mas Achoey…

    TB

  34. katanya universitas negeri sekarang biaya nya mahal juga !!

  35. trim infona,, apa tiap tahunX, jadwal UMB diadakan sekitar tgl sgitu yach??? coz,, kalo emg iya tu bs jd patokan bwtQ,, cz q krg baru naek klz3, jd stdakX bisa ada wkt siap2 bbljr sriuz ampe bln mei dpan??
    mg2 jadwal tglX nggak berubah2 atau beda dkit g’ pa2lah asalkan g’ jau2 amat….
    doakan aq bs masuk ui ych!!!!!!!!!!!!!

  36. apakah UI utk UMB juga diadakan di kalimantan seperti halnya UGM,ITB karena anak saya minat utk masuk ke Fak.Teknik. seumpama tidak diadakan di kalimantan apakah kita mendaptarkan langsung ke JKt. Syaran saya utk tahun depan diadakan di Kalimantan seperti Universitas lainnya.

  37. UI…..is my campussssssssss

  38. I.Allah Thun Depan aq jg iqut UMB UI

    doai aq ya byar lulus,,,

  39. YELLOW JACKET !!! TUNGGU AKU DI 2009

  40. Lbih mudah msuK Lwat SPMB atw UMB??

  41. mau dong di UI.
    kasi info UMB ma Snmptn yaa.
    jeLasin skejuL penerimaan Maba 2009.
    kabari secepatnyaa.

    si almamater koneng.

  42. We are the yellow jacket…….!!!!!!!!
    i’m coming,,,,,,,,
    mahal??????

  43. Hi. .Universitas Indo!!!!!!!!
    kasih info dunk cara masuknyaaaaaaaa, , ,
    kabarin yowwwwwww!!!!!!!!!

  44. saya pikir cara itu sangat ga memecahkan masalah…karna ga bisa dipungkiri buat oarang yang finansialnya ga mampu pasti ga bisa bwt bayar uang masuknya!!
    yah mudah2an ini ga ngehalangi qt utk masuk univ.amin

  45. woy…. tolong kasie info untuk masuk lewat jalur pmdk/pkab donkk!! karna info itu lebih brmanfaat daripda info umb…mahallll!

  46. UI….
    1 kursi dari mu untukku…amin…
    saya udah lulus sma n now gy kuliah di salah satu PTN, but tetep saya akan berusaha untuk diterima UMB dgn pilihan di UI thn 2009.punya tips cara belajar efektif ga??? n tolong kasih tw info2 ttng UMB ya… jazakallah khair…

  47. UI…..
    woy….aq mau dong masuk UI!!!!
    gmana caranya ya…????tlg di kasih kabar ya…
    DI TUNGGU!!!!

  48. tolong kabarin kalau ada tes masuk ui tahun ini di jalur apa saja ke alamat email saya . thx
    trus cara daftar on line di internet untuk s1 , situsnya apa ???

  49. minta inform ttg UMB PTN lain dong…..?????

  50. syarat mw msuk UI tu ap ajj ?

  51. ok dah thanks untk infrmsix ya!

  52. ehh..ehhh..ehhh

    soal_soal yg kluar di simak ui tugghh sesusahhh d snmptn kaaahh???????

    tlusss clu mu ikutan ssimak ui kand ada di beberapa kota nahh.. tmpatnya d mna?????????

  53. aduh bingung mau kuliah dimana.?dan ambil fakultas apa ce yang bagus.?
    tapi gua ce gag mau mikirin kuliah dulu dh,,yang penting gua lulus SMA dulu(amiieen)

  54. masuk UI yang passing grade rendah tapi banyak terima kerja apa yah..?

    ada yang bisa bantu kk alumni..

  55. benar kah masuk inuversitas indonesia mahal.?

  56. lg pcing bgt nh.doin bs lu2s yach!

  57. duh gua pgn iktan umb,tp skrng gua tnggl d batam,msh bs iktan g y???????????????????

    trz qo umb daya trma ny lbh bsr dr spmb sich????? pa krena uang y????????????????????? ui kan trmasuk universitas ternma, qo msh mncri uang, bkn mncetak ank2 yg cerdas tuk mnbngun negeri ni???????????????????

  58. kpan sich ujian msk UMB na?

    trakhir pendaftaran kpan??

  59. ehm….seharusnya ya….klo informasi mengenai UI tu lebih menyaeluruh lagi ,,so pelajar yang tinggal di kota kecil bisa lebih tahu n kenal bgaimna proses UMB UI….tp kLo UI tu bukn unvrstas khuss Jkarta ja kn?boleh jg ga bwt pljar sperti kmi yang tinggal di Sumut?

  60. emm senang sekali dengan adanya umb ini. karena banyak anak2 yang gagal di simak. banyak anak2 yang pintar yang tidak diterima. karena itu, terimakasih dengan diadakannya umb ui 2009

  61. mau nanya..
    tahun ini ui masih tetep ikutan umb ga?
    ko dicari infonya blm ada yang pasti ya
    ada yang bilang ikut ada juga yang bilang ga..

  62. Ya allah berikanlah kesempatan anakku untuk dapat memasuki universitas yang diinginkannya ( UI). Amien ……… Amien..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: