Ungkapan seperti judul di atas adalah ungkapan yang salah menurut saya. Coba bayangkan jikalau setiap manusia tidak memiliki nama, bagaimana cara kita memanggil seseorang diantara kerumunan. Pastinya ribet banget. Nama adalah alamat tepat kita. Maka jadikanlah nama kita baik agar kita memiliki nama baik. “Wah ini jadi nyontek guruku terhormat, Pak Mario Teguh.”
Kali ini yang akan saya bahas adalah nama untuk perusahaan atau produk. Atau biasa disebut dengan “merek”, “brand”. Penting sekali bagi kita untuk menentukan merek dagang. Merek identik dengan identitas produk dan berpotensi dalam menambah nilai suatu produk melalui pembentukan brand image atau persepsi konsumen. Dan merek dagang memiliki korelasi positif dengan good will sebuah perusahaan.
Mohon maaf, saya akan coba mencontohkan itu pada Mie Janda.
Tadi pagi saya mengantar adik test di sebuah perusahaan swasta naik kendaraan umum. Ini saya lakukan agar adik saya tahu jalan meski saya sendiri pun belum tahu alur atau rute angkutan umum. Makanya sebelum saya melakukannya saya bertanya dulu sama sahabat-sahabat saya. Sepulang dari sana saya naik angkot kemudian naik bis lalu naik angkot lagi (hehe ribet kan π ). Nah saat adik saya turun di Mie Janda sementara saya harus meneruskan perjalanan ke tempat saya bekerja, Pak Sopir melihat spanduk dan banner Mie Janda. Dia tertawa-tawa sambil lagi-lagi mengulang nama Mie Janda.
Sahabat, pemilihan nama Mie Janda ini bertujuan untuk memberikan kesan unik sehingga orang banyak mempergunjingkannya dan lebih banyak lagi yang mengingatnya. Mie Janda sekarang sudah terpublikasikan dengan baik. Dan ini modal awal bagi kami agar mereka penasaran dan datang. Saat mereka datang dan menyantap “janda2” kami maka kami lanjutkan eksekusi dengan pemberian rasa dan kualitas produk yang terjaga. Pelayanan dan hal-hal lain pun kami lakukan dengan baik. Agar mereka tak kecewa tuk datang kembali dan jadilah mereka konsumen yang loyal atau biasa kita sebut pelanggan.
Oh ya, “JANDA” ini diambil dari Jawa Sunda. Kebetulan kami berempat berasal dari Jawa dan Sunda. π
Jadi buat sahabat yang mau merintis usaha, menurut saya alangkah bijaknya cari merek dagang yang tepat.
Ah lagi-lagi sok tahu nih, maaf. π
Semoga selalu berkembang, mas π
Amin!
By: arifromdhoni on Juli 9, 2008
at 6:18 pm
Btw, tapi nama “unik” saja tidak cukup kan ya? Harus dibuktikan dengan kualitas, supaya imej yang berkembang juga baik π
Jadi inget merk “MAHAL” *bukan promosi*, singkatan juga katanya. Klo tidak salah inget, murah dan halal π
Yup akhi, nama saja tidak cukup. π
MAHAL, jadi inget Ruben
By: arifromdhoni on Juli 9, 2008
at 6:24 pm
nama itu sangat berarti..
By: My on Juli 9, 2008
at 7:03 pm
Brand yang bagus tuh.
By: ubadbmarko on Juli 9, 2008
at 7:12 pm
nama=cirikhas
By: yusdi on Juli 9, 2008
at 7:39 pm
mi janda…. lucu, tapi bias euy idenya….
hahaha!!! kalo mi nya bener enak, wuih mantab dah!!
Ya kan jangan hanya mengandalkan nama, tapi juga kualitas produk harus terjaga π
By: ahead on Juli 9, 2008
at 7:39 pm
ooo JANDA itu Jawa Sunda…
By: eNPe on Juli 9, 2008
at 7:41 pm
“Aha” penasaran dari mana nama Janda ternyata….
Akh, pengen dong Janda. Laper nih…!!
Kirim via email? π
By: ipk4cumlaude on Juli 9, 2008
at 7:47 pm
pasti ada tandingannya tuh nanti mie!
kalo nggak mie duda ya mie beranak lima!
hehehehehhe!
Poliga Mie tandingannya π
By: trendy on Juli 9, 2008
at 7:49 pm
buset,..
kalo nda heboh nda indonesia nieh :hammer:
By: angus on Juli 9, 2008
at 7:51 pm
Setuju kang… nama sangat penting untuk identitas dan promosi n akan memunculkan brand
Yup π
By: azaxs on Juli 9, 2008
at 8:01 pm
Faham bang, mulai dari
-Kiat memulai, usaha
-Menumbuhkan minat
-Modal
-Membumi
-Arti Nama
Semuanya serangkaian atau satu paket kiat tuk berwirausaha.. bukan sekedar teori melainkan teori yg sudah berjalan, insyaAllah menjadi pengetahuan, pembelajaran tambahan buat saya. Kebetulan saya juga minat dibidang ini. Sebelumnya sudah dua kali memulai, cuma karena produk pilihan saya yg belum tepat atau mungkin saya harus lebih jeli lagi melihat pasar. Setidaknya Kiat2 ini memicu kembali semangat saya. π
Yup Teh Rita, semangat!
Teteh pasti bisa π
By: Rita on Juli 9, 2008
at 8:52 pm
nama adi isa, juga brand..he..he..he..
By: adi isa on Juli 9, 2008
at 9:39 pm
Wogh… tak kirain apaan? heheh…
Trus rasa mi nya kayak apa tuh? Campuran mi jawa dan mi sunda kah??
Kreatif, mas… hihhi..
Rasanya ya enak lah π
By: Ruth on Juli 9, 2008
at 9:42 pm
betul banget, mas achoey. pemilihan nama dalam dunia dagang *sok tahu* termasuk salah satu usaha utk menciptakan pencitraan publik. branding termasuk strategi pemasaran yang bisa berpengaruh terhadap selera konsumennya.
Yup Pak. Saya kan murid Bapak π
By: Sawali Tuhusetya on Juli 9, 2008
at 10:47 pm
banding mie janda betul2 mantap…
orang tidak memikirkan di awal bahwa kata janda identik dengan sesuatu yang lain…
tetapi karena lainnya itu membuat orang tertarik..
mantap bro, strategi marketing brand yang keren dah..salut buat achoey
Makasih sobat. Semangat!
By: aRuL on Juli 9, 2008
at 10:51 pm
bagi saya nama adalah do’a π
By: zoel chaniago on Juli 9, 2008
at 10:59 pm
Samai dua kali membaca Mie Janda he he
By: Ersis Warmansyah Abbas on Juli 10, 2008
at 12:44 am
dulu, sewaktu aku kecil…aku ama teman2 sering manggilin nama bapaknya masing2…..
sebenarnya sih nama ada sebuah identitas kita kang..
Okta maen sabet aja π
Semangat!
By: okta sihotang on Juli 10, 2008
at 7:15 am
Assalamu’alaikum akhi,
Nasehat guru-guru, setelah memilih nama yg baik, kemudian istikharah-kan dulu, katanya π . Insya Allah barokah π
Ngomong2, Mie Janda ada Ibnatu-nya nggak?
Wassalam
By: Rozy on Juli 10, 2008
at 8:52 am
ternyata singkatan jawa sunda…
Nama adalah doa π
By: L 34 H on Juli 10, 2008
at 8:57 am
keren mamang bang.
nama nya kuat sekali “MIE JANDA”
btw, jadi calonnya jawa sunda nih? π
By: arifrahmanlubis on Juli 10, 2008
at 9:33 am
tuh, pentingnya sebuah nama… π
By: mybenjeng on Juli 10, 2008
at 10:07 am
*keknya baru komen pertama kali nih d blogna bang*
wah, di subjek komunikasi pemasaran yg saya ambil, nama Mie Janda udah lumayan marketable kok mas..
By: fickry on Juli 10, 2008
at 10:26 am
dalam marketing dan periklanan istilah ‘apalah artinya semua nama’ gak berlaku euy..karena emng yg dijual nama (baca: brand)
By: fickry on Juli 10, 2008
at 10:27 am
eh lupa..lam kenal mas… π
By: fickry on Juli 10, 2008
at 10:27 am
nama………????????
waaaaaa nama saya siapa……..?????????
By: aRya on Juli 10, 2008
at 10:40 am
oalah janda itu arti nya jawa sunda to.. yayaya
By: ulan on Juli 10, 2008
at 10:51 am
He..he…sampai diulas juga Mie Jandanya π
Hm..nama unik…kualitas mantap…kantongpun jadi TeBeual π
By: syelviapoe3 on Juli 10, 2008
at 10:53 am
Unik banget namanay, jadi penasaran pingin nyicipin
boleh nih kirim-kirim ke sini
hehe
π
By: vieny on Juli 10, 2008
at 11:10 am
kalo Ndutz sama Kanda bikin usaha resto besok *amin pake nama Nitriffia Resto
>nama Ndutz”>Nitriphia+riff dan yg masak Ndutz π
*langsung gak laku π
By: AngelNdutz on Juli 10, 2008
at 11:14 am
wah..tag htmlnyah ada yg salah ne Kang, maap yo, jd gak enak dipandang π¦
By: AngelNdutz on Juli 10, 2008
at 11:18 am
saya punya ide, gimana klo mas Achoey buat produk bermerek MIE DUDA, agar dapat bersaing dengan mie janda. selain itu tuk promosiin para duda yang belum juga dapat istri baru. gimana? he..he..
Peace…!!!
By: ahsinmuslim on Juli 10, 2008
at 11:47 am
bener banget kang π
nama ‘mie janda’ akan jadi sebuah ciri khas yang membuat produk anda menjadi unique..
wah, tambah penasaran nih mau nyobain mie nya, secara saya penggemar mie.. hehe.. π
By: yu2n on Juli 10, 2008
at 12:07 pm
wah kalo saya ke bogor, mampir ah ke mie janda kang
By: chatoer on Juli 10, 2008
at 12:58 pm
nama… hm, mesti motong kambing tuk buat nama.
By: Wempi on Juli 10, 2008
at 1:50 pm
Informasi yang menarik Mas, sudah membuka pikiran ttg arti sebuah nama … hebat sampeyan …
By: Harjo on Juli 10, 2008
at 4:25 pm
btw, namanya udah di paten- in?
By: tukangobatbersahaja on Juli 10, 2008
at 4:35 pm
namanya cerdik sekali…kalau ikut kontes SEO pasti menang deh krn keywordnya handal…alah, maaf, sy juga sok tau π
By: uwiuw on Juli 10, 2008
at 6:49 pm
Betul banget apa yg kang Achoey bilang itu. Nama harus dibuat sebagus mungkin. Meskipun mungkin yg punya nama kurang bagus. Jangan sampai terjadi, udah jelek eh..namanya jelek juga. Jadi malas ngingatnya.
By: Faradina on Juli 10, 2008
at 7:18 pm
salute, tak henti berkarya!!
salamhangat.
berbagi cerita..
By: bangzenk on Juli 13, 2008
at 12:36 am
salam
nama adalah doa
nama untuk suatu merk daganag adalah citra and image alias brand, dan mencari nama yang unik, gampang diingat hmm memang Si Akang pakarnya “salute”
By: nenyok on Juli 13, 2008
at 3:32 am
ehm,,,,,,,,,,nama itu anugrah iya khand
kan binggung jaga kalau tidak punya nama…mau panggil pa nantinnya
hehehe……….^^
By: bEt_ZhIe on November 5, 2008
at 9:19 am
Y….emg semua it bnr,tp lbh bnr lg g ush dibhs tmbh ribet coy,mendingan….modom
By: Dic. . ! Coy on April 10, 2009
at 9:03 am
Y d betulnya jg she…qt it hrs pnya Nama,klo g pnya Nama mau jd ap manusia,manggil eem. . . . . . . Saya jg tau it,yg lbh seru lg ceritanya np boos
By: Dic. . ! Coy on April 10, 2009
at 9:10 am