Oleh: achoey sang khilaf | Juli 9, 2008

Apalah Arti Sebuah Nama?

Ungkapan seperti judul di atas adalah ungkapan yang salah menurut saya. Coba bayangkan jikalau setiap manusia tidak memiliki nama, bagaimana cara kita memanggil seseorang diantara kerumunan. Pastinya ribet banget. Nama adalah alamat tepat kita. Maka jadikanlah nama kita baik agar kita memiliki nama baik. “Wah ini jadi nyontek guruku terhormat, Pak Mario Teguh.”

Kali ini yang akan saya bahas adalah nama untuk perusahaan atau produk. Atau biasa disebut dengan “merek”, “brand”. Penting sekali bagi kita untuk menentukan merek dagang. Merek identik dengan identitas produk dan berpotensi dalam menambah nilai suatu produk melalui pembentukan brand image atau persepsi konsumen. Dan merek dagang memiliki korelasi positif dengan good will sebuah perusahaan.

Mohon maaf, saya akan coba mencontohkan itu pada Mie Janda.

Tadi pagi saya mengantar adik test di sebuah perusahaan swasta naik kendaraan umum. Ini saya lakukan agar adik saya tahu jalan meski saya sendiri pun belum tahu alur atau rute angkutan umum. Makanya sebelum saya melakukannya saya bertanya dulu sama sahabat-sahabat saya. Sepulang dari sana saya naik angkot kemudian naik bis lalu naik angkot lagi (hehe ribet kan πŸ™‚ ). Nah saat adik saya turun di Mie Janda sementara saya harus meneruskan perjalanan ke tempat saya bekerja, Pak Sopir melihat spanduk dan banner Mie Janda. Dia tertawa-tawa sambil lagi-lagi mengulang nama Mie Janda.

Sahabat, pemilihan nama Mie Janda ini bertujuan untuk memberikan kesan unik sehingga orang banyak mempergunjingkannya dan lebih banyak lagi yang mengingatnya. Mie Janda sekarang sudah terpublikasikan dengan baik. Dan ini modal awal bagi kami agar mereka penasaran dan datang. Saat mereka datang dan menyantap “janda2” kami maka kami lanjutkan eksekusi dengan pemberian rasa dan kualitas produk yang terjaga. Pelayanan dan hal-hal lain pun kami lakukan dengan baik. Agar mereka tak kecewa tuk datang kembali dan jadilah mereka konsumen yang loyal atau biasa kita sebut pelanggan.

Oh ya, “JANDA” ini diambil dari Jawa Sunda. Kebetulan kami berempat berasal dari Jawa dan Sunda. πŸ˜€

Jadi buat sahabat yang mau merintis usaha, menurut saya alangkah bijaknya cari merek dagang yang tepat.

Ah lagi-lagi sok tahu nih, maaf. πŸ˜€


Tanggapan

  1. Semoga selalu berkembang, mas πŸ™‚

    Amin!

  2. Btw, tapi nama “unik” saja tidak cukup kan ya? Harus dibuktikan dengan kualitas, supaya imej yang berkembang juga baik πŸ˜€

    Jadi inget merk “MAHAL” *bukan promosi*, singkatan juga katanya. Klo tidak salah inget, murah dan halal πŸ™‚

    Yup akhi, nama saja tidak cukup. πŸ˜€
    MAHAL, jadi inget Ruben

  3. nama itu sangat berarti..

  4. Brand yang bagus tuh.

  5. nama=cirikhas

  6. mi janda…. lucu, tapi bias euy idenya….
    hahaha!!! kalo mi nya bener enak, wuih mantab dah!!

    Ya kan jangan hanya mengandalkan nama, tapi juga kualitas produk harus terjaga πŸ˜€

  7. ooo JANDA itu Jawa Sunda… :mrgreen:

  8. “Aha” penasaran dari mana nama Janda ternyata….
    Akh, pengen dong Janda. Laper nih…!!

    Kirim via email? πŸ˜€

  9. pasti ada tandingannya tuh nanti mie!
    kalo nggak mie duda ya mie beranak lima!
    hehehehehhe!

    Poliga Mie tandingannya πŸ˜€

  10. buset,..
    kalo nda heboh nda indonesia nieh :hammer:

  11. Setuju kang… nama sangat penting untuk identitas dan promosi n akan memunculkan brand

    Yup πŸ™‚

  12. Faham bang, mulai dari
    -Kiat memulai, usaha
    -Menumbuhkan minat
    -Modal
    -Membumi
    -Arti Nama
    Semuanya serangkaian atau satu paket kiat tuk berwirausaha.. bukan sekedar teori melainkan teori yg sudah berjalan, insyaAllah menjadi pengetahuan, pembelajaran tambahan buat saya. Kebetulan saya juga minat dibidang ini. Sebelumnya sudah dua kali memulai, cuma karena produk pilihan saya yg belum tepat atau mungkin saya harus lebih jeli lagi melihat pasar. Setidaknya Kiat2 ini memicu kembali semangat saya. πŸ˜€

    Yup Teh Rita, semangat!
    Teteh pasti bisa πŸ™‚

  13. nama adi isa, juga brand..he..he..he..

  14. Wogh… tak kirain apaan? heheh…
    Trus rasa mi nya kayak apa tuh? Campuran mi jawa dan mi sunda kah??
    Kreatif, mas… hihhi..

    Rasanya ya enak lah πŸ˜€

  15. betul banget, mas achoey. pemilihan nama dalam dunia dagang *sok tahu* termasuk salah satu usaha utk menciptakan pencitraan publik. branding termasuk strategi pemasaran yang bisa berpengaruh terhadap selera konsumennya.

    Yup Pak. Saya kan murid Bapak πŸ™‚

  16. banding mie janda betul2 mantap…
    orang tidak memikirkan di awal bahwa kata janda identik dengan sesuatu yang lain…
    tetapi karena lainnya itu membuat orang tertarik..
    mantap bro, strategi marketing brand yang keren dah..salut buat achoey

    Makasih sobat. Semangat!

  17. bagi saya nama adalah do’a πŸ˜€

  18. Samai dua kali membaca Mie Janda he he

  19. dulu, sewaktu aku kecil…aku ama teman2 sering manggilin nama bapaknya masing2…..

    sebenarnya sih nama ada sebuah identitas kita kang..

    Okta maen sabet aja πŸ˜€
    Semangat!

  20. Assalamu’alaikum akhi,

    Nasehat guru-guru, setelah memilih nama yg baik, kemudian istikharah-kan dulu, katanya πŸ˜€ . Insya Allah barokah πŸ˜‰

    Ngomong2, Mie Janda ada Ibnatu-nya nggak?

    Wassalam

  21. ternyata singkatan jawa sunda…

    Nama adalah doa πŸ˜€

  22. keren mamang bang.

    nama nya kuat sekali “MIE JANDA”

    btw, jadi calonnya jawa sunda nih? πŸ™‚

  23. tuh, pentingnya sebuah nama… πŸ™‚

  24. *keknya baru komen pertama kali nih d blogna bang*

    wah, di subjek komunikasi pemasaran yg saya ambil, nama Mie Janda udah lumayan marketable kok mas..

  25. dalam marketing dan periklanan istilah ‘apalah artinya semua nama’ gak berlaku euy..karena emng yg dijual nama (baca: brand)

  26. eh lupa..lam kenal mas… πŸ™‚

  27. nama………????????
    waaaaaa nama saya siapa……..?????????

  28. oalah janda itu arti nya jawa sunda to.. yayaya

  29. He..he…sampai diulas juga Mie Jandanya πŸ˜€

    Hm..nama unik…kualitas mantap…kantongpun jadi TeBeual πŸ˜€

  30. Unik banget namanay, jadi penasaran pingin nyicipin

    boleh nih kirim-kirim ke sini

    hehe

    πŸ™‚

  31. kalo Ndutz sama Kanda bikin usaha resto besok *amin pake nama Nitriffia Resto
    >nama Ndutz”>Nitriphia+riff dan yg masak Ndutz πŸ˜›

    *langsung gak laku πŸ˜€

  32. wah..tag htmlnyah ada yg salah ne Kang, maap yo, jd gak enak dipandang 😦

  33. saya punya ide, gimana klo mas Achoey buat produk bermerek MIE DUDA, agar dapat bersaing dengan mie janda. selain itu tuk promosiin para duda yang belum juga dapat istri baru. gimana? he..he..
    Peace…!!!

  34. bener banget kang πŸ™‚
    nama ‘mie janda’ akan jadi sebuah ciri khas yang membuat produk anda menjadi unique..

    wah, tambah penasaran nih mau nyobain mie nya, secara saya penggemar mie.. hehe.. πŸ™‚

  35. wah kalo saya ke bogor, mampir ah ke mie janda kang

  36. nama… hm, mesti motong kambing tuk buat nama.

  37. Informasi yang menarik Mas, sudah membuka pikiran ttg arti sebuah nama … hebat sampeyan …

  38. btw, namanya udah di paten- in?

  39. namanya cerdik sekali…kalau ikut kontes SEO pasti menang deh krn keywordnya handal…alah, maaf, sy juga sok tau πŸ™‚

  40. Betul banget apa yg kang Achoey bilang itu. Nama harus dibuat sebagus mungkin. Meskipun mungkin yg punya nama kurang bagus. Jangan sampai terjadi, udah jelek eh..namanya jelek juga. Jadi malas ngingatnya.

  41. salute, tak henti berkarya!!

    salamhangat.
    berbagi cerita..

  42. salam
    nama adalah doa
    nama untuk suatu merk daganag adalah citra and image alias brand, dan mencari nama yang unik, gampang diingat hmm memang Si Akang pakarnya “salute”

  43. ehm,,,,,,,,,,nama itu anugrah iya khand

    kan binggung jaga kalau tidak punya nama…mau panggil pa nantinnya

    hehehe……….^^

  44. Y….emg semua it bnr,tp lbh bnr lg g ush dibhs tmbh ribet coy,mendingan….modom

  45. Y d betulnya jg she…qt it hrs pnya Nama,klo g pnya Nama mau jd ap manusia,manggil eem. . . . . . . Saya jg tau it,yg lbh seru lg ceritanya np boos


Tinggalkan komentar

Kategori