Oleh: achoey sang khilaf | September 18, 2008

Delman Domba (Deldom) Ciamis

 

Di Ciamis ada sebuah tempat yang bernama Taman Raflesia. Taman Raflesia sendiri sebenarnya adalah alun-alun Ciamis yang tertata rapih dan merupakan tempat menarik bagi warga sekitar untuk sekedar cari angin dan berjalan-jalan ria. Apalagi saat Ramadhan, pastinya Taman Raflesia dijejali begitu banyak warga dari anak-anak, remaja hingga orang tua.

 

Di Taman Raflesia ada sesuatu alat transfortasi yang unik dan bahkan mungkin satu-satunya di dunia. Alat transfortasi tersebut adalah delman domba atau yang biasa disebut deldom.

 

Deldom adalah delman yang ditarik bukan oleh kuda melainkan oleh domba jantan. Hal ini tentunya di luar kebiasaan dan menarik minat warga terutama anak-anak untuk menaikinya sebagai ajang hiburan. Deldom memang bukan alat transfortasi ”sesungguhnya”, melainkan lebih dititik beratkan pada sarana hiburan.

 

Menurut informasi yang saya dapatkan, di Taman Raflesia terdapat 4 unit deldom yang beroperasi. Dan salah satu kusirnya bernama Yudi yang baru berusia sekitar 14 tahun dan masih tercatat sebagai siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baregbeg. Dan alangkah mencengangkan sobat, jika hari sedang ramai Yudi bisa memperoleh penghasilan sampai dengan Rp. 150.000/ hari. 

 

Sewaktu saya SMA dulu rasanya deldom ini belum tampak di Taman Raflesia, saya tidak bisa memastikan kapan awal deldom ini ada di sana. Tapi yang pasti kisah deldom ini sudah menjadi sajian hangat media cetak dan elektronik akhir-akhir ini.

 

Buat blogger yang berasal dari Ciamis seperti Kang Enzha, Kang Yoyo dan Teh Nenyok, mangga atuh geura cobian naek deldom! :D

About these ads

Responses

  1. otre tuh deldomnya..
    btw.. sapa tuh penumpang2nya?

  2. dalam UU perlindungan anak, usia 0 – 18 tahun masih disebut anak-anak, artinya masih memiliki hak untuk dilindungi, mudah-mudahan motivasinya positif :D

  3. wah enak ya ada deldom!
    di palembang belum ada tuh!
    wekekekek!

  4. haaa aku pernah liat reportasenya di salah satu berita di tipi kang… asik juga yah kliatannya…

    pengen naek euy! :lol: tp keknya kalo carra yang naek, dombanya abis itu langsung pensiun kali ya… hahahaha….

  5. wah klo saya yang naek bisa-bisa dombanya kena encok tuh.. :lol:

  6. Lucu sih.. Tapi kasian.. Kalo aku pasti udah ga tega mau naik delman itu.
    Tapi kok penasaran ya..?? “P

  7. Wah, pulang kampung ke ciamis ya choey. Bagus itu, mumpung puasa dan hampir hari raya iedul fitri. 
Unik juga ya delman domba ini. Tapi yang naik gak bisa banyak barangkali ya.

  8. namanya juga berkah romadhon kang…

  9. bisa jadi objek wisata tu kang..
    insyaAllah bisa menumbuhkan perekonomian warga sekitar.
    ajak2 kang, saudara, adik, kakak, ambu, abah, teteh, semuanya dech.. :-D

    Visit Indonesia Year 2008

    (maaf iklan, program pemerintah untuk wisata Indonesia.)

  10. tapi deldomnya ngga boleh di “tumpakin” sama orang dewas kan kang, atuh kasian, beurat ..
    kang saya dapet PR .. terus saya hadiahkan ke akang yah ..

  11. kalo sy ke sana diajakin naik deldom yakz.. hehehe

    eh tulisannya sekarang lebih enak dibaca ketimbang dulu yang kebold semua :D hehehe

  12. tapi mba’ kasian itu mba’ embeknya !!
    narik segitu banyak orang emangnya kuat ???

  13. kuat banget ya dombanya? domba ettawa kah itu?

  14. Termasuk zhalim bukan ya?

  15. hihi..lucu yak!
    tapi apa gak keberaten tuh dombanya?
    kasian juga..:D

  16. dombanya pasti bangga kalo Ndutz naekin hohohoho….

  17. nDa te9a..kasian sama d0Mbanya..:(
    kan beraT..kLu wat anak anak seeh nda papa2 kan masih kecil2 dan nDa terlalu berat..

    duuch…nDa te9a Liatnya….
    kasiiiiaaannn dombanyaa a’choeyy…!!

    *nan9is…

  18. huwaaa..kalo di rumah yessy ya kang..yang banyak itu odong odong ..tau gak?..semacam gerobak tapi ada motor motoran nya atau binatang2an..yang nanti bisa di genjot sama abang abangnya naik turun..Tangguh tuh kalo liat odong odong pasti minta naik..dan penghasilan odong odong itu juga kayaknya lumayan..kalo anak anak lagi rame..di satu tempat aja dia ngetem..bisa dapet Rp20ribu..not bad kan?!?!..jadi kepikiran buat bisnis odong odong..at least Tangguh bisa naik sepuasnya dan gak usah bayar :d

    Anyway..kita kan udah sering berkunjung…jadii kita resmikan hubungan ini dengan saling menautkan link yaa :d..link akang sudah bertengger manis di blog yessy :d

  19. deldom,
    bisa jadi lahan bisnis baru nih,
    kalau di perkampungan daerah saya, jangankan domba, orang aja bersedia menggantikan kuda, yang penting dapat uang.

  20. ga tega ah ngeliat domba, beda sama kuda yg besar tegap :roll:

  21. boss,
    si boss dari ciamis atau cuma tahu aja deldom ini

  22. ehh lucu..kuda diganti domba…

  23. wew lucu juga naek deldom …..

    taripnya berapa ?!?

    wah, mungkin trend sekarang … dah beda

  24. saksikan, ini nyata, hanya di Indonesia, he..he…
    (dombanya kepayahan gak ya?)

  25. saya boleh naek deldom ga?
    saya kan kurus hehehe

  26. jalannya berapa km/jam tuh?
    kasian kalo jauh2.gw kan pecinta binatang dan pengagum tumbuhan.hehe..
    trus kalo gw yang naik kira2 si domba mau gak ya..soalnya bau gw sama bau tu domba kan saingan gitu,ntar dia marah kalo gw nyaingin dia (kok gw jadi ngaku gini ya?) :D
    deldom..deldom..jadi pengen nyoba..

  27. ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄

    BERITA BAIK!!!
    Mari kita tengok blog ini. hebat sekali!

    MARI MENCARI KEBENARAN

    1) Mana pengakuan Yesus di dalam Alkitab bahwa dia beragama Kristen?
    2) Mana ajaran Yesus ketika berumur 13 sampai 29 tahun?
    3) Pernahkah Yesus Mengatakan: “Akulah Allah Tuhanmu, maka sembahlah Aku saja”
    4) Pernahkah Yesus Mengatakan: “Akulah yang mewahyukan Alkitab, Aku pula yang menjaganya”
    5) Mana perintah Yesus atau Tuhan untuk beribadah pada hari Minggu?
    6) Mana dalilnya dalam Alkitab Yesus 100% Tuhan & 100% manusia???
    7) Mana dalilnya asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dijamin “pasti masuk surga”
    8) Mana foto asli wajah Yesus dan siapa pemotretnya?
    9) Mana dalilnya Yesus lahir pada tanggal 25 Desember dan perintah merayakannya!!
    10) Buktikan siapa yang hapal Alkitab walau satu surat saja di luar kepala!
    11) Kuiz lnjil Lukas Berhadiah 1 (satu) mobil sedan BMW

    Masuk sini= http://mustahil-kristen-bisa-menjawabx.notlong.com

    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄

  28. Salam
    keur jaman sayah ngelmu di SMU hiji mah can aya Kang,Jogja oge can aya, bener2 sepi tapi bubuhan teu resep rame betah we. teteh paling suka tuh joging di taman raflesia, kaleresan kostan deket, eh pami bubur ayam nu paling enak aya keneh teu nya :)
    Iraha bade mudik yeuh? uih lebaran kasih undangan nya he..he..

  29. hasil kreatifitas manusia … lebih kreatif kalo yang narik kusirnya sendiri …

  30. aduwh, kasian dombanya T_T
    Kalo capek gk da yg mijitin tuwh.
    gk rela deh.
    huhuuhuuu…

  31. sepertinya kurang berperi-kebinatangan :(

  32. Yess. Antik Keyeeeeeeeeeeeeeeeen. Bukan Horse Power lagi. jalannya pasti pelan, kebayang seradak seruduk kalau ada lawan tanding. seru juga adu domba pake deldom….Hati2 jangan parkir di lapangan hijau rumput bisa abis. jangan dibawa ke kota. nanti teriak teriak…mmmmbeeeeeeeeeeeeeeeeeeek.

  33. sekarang bisa ada istilah “tenaga domba”.
    tapi seberapa tenaga kuda ya?
    kalau yang naik orang dewasa rasanya koq ya gak tega.
    kang achoey sendiri udah pernah nyoba naik?
    gak tega juga kan?

  34. ewaduuuuuuuu caleg PORNO clik..

    http://calegindonesia.com/script/news/IncNewsDetail.asp?no=255&NewsID=255

  35. na.. ari kang achoey urang ciamis??? naha v ketinggalan informasi yang ini ya???

    teh nenyok juga? duh sapa lagi tadi???

  36. Waow :o
    ini tho isi taman raflesia yg pernah akhi ceritain dulu :?:

  37. Deldom?
    Ge3.. :lol:
    *senyum2 sndiri ngebayangin brapa bnyak domba yg dbutuhkan bwt narik klo presty yg naik.. :mrgreen:

  38. Kapan ni akhi ngajakin adenya yg manis ini k taman raflesia :o

  39. yay! sejak nini ga ada, udah ga jarang ke Ciamis euy.. huhuhuhu

  40. unik yah… tapi pasti ada batasan usia kan bagi penumpangnya.. kasian dombanya.. :)

  41. Banyak orang yang komen2 bilang kasihan lombanya, jadi mungkin mereka pikir dari pada dorong2 keretanya lebih bagus bikin “sate domba”.
    Salut:roll:

  42. salam kenalan sama saya. pamajikan abdi ti Ciamis oge. kalau mau melihat saya anda dapat mengunungi BLOG abdi di http://syaiful-pbb.blogspot.com

  43. Subahanallah, ini baru pertama ana lihat,…!

  44. Salam kenal tuk semua … ni Deldom sekarang dah jd identitas ciamis… Untuk bisa naik deldom tarifnya …. Rp.3000,- satu putaran taman…tp itu untuk anak2…. Sobat warga ciamis bisa Gabung di Fs kota_ciamis@telkom.net..

  45. Komentar apa ya? eh… tapi aku bangga biar aku buka web dengan hp se k320ì aku gak komentar cuma mau kenalan aja apa yang ada di web ini semuanya bagus wasalam

  46. jadi hoyong uih ka ciamis

  47. lam kenal ti abdi kanggo sadayana,aduh kabayang tah deldom upami trayekna ciamis-banjar


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: