Oleh: achoey sang khilaf | November 5, 2007

Tentang UN 2007/2008

Narasumber : DR. BAMBANG SURYADI (BSNP) DAN DRA. RAHMA JULAIHA, MA (PUSPENDIK DEPDIKNAS RI).

Murid-murid Sekolah Dasar mulai tahun pelajaran ini (2007/2008) akan menjalani Ujian Nasional secara serentak dengan mata pelajaran yang bakal diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Perubahan mata pelajaran Ujian Nasional juga terjadi pada jenjang SMA/MA, jika sebelumnya hanya tiga mata pelajaran, maka tahun pelajaran ini bertambah menjadi 6 matpel. Sementara untuk SMK/ SMALB tidak mengalami perubahan.
Pada tingkat SMP, dari tiga mata pelajaran ditambah menjadi 4 matpel, yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Teknis pelaksanaan UN, setiap satu hari ujian siswa akan menghadapi dua mata pelajaran yang diujikan, hanya siswa SMP yang mendapat penambahan hari ujian menjadi empat hari yaitu satu hari untuk satu mata pelajaran yang diujikan.

WAKTU PELAKSANAAN UN 2008 DAN MATPEL SETIAP JENJANG

SD 13-15 Mei 2008 Bahasa Indonesia, Matematika, IPA
SMP/MTs/SMPLB 5-8 Mei 2008 Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA
SMA/MA 22-24 April 08 Jurusan IPA :Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi, Jurusan IPS : Bahasa Indonesia, Ekonomi, Bahasa Inggris, Geografi, Matematika, Sosiologi, Jurusan Bahasa : Bahasa Indonesia, Bahasa Asing lainnya, Bahasa Inggris, Matematika, Sastra Indonesia, Antropologi, MA : ditambah dengan Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Tafsir, Ilmu Hadis, Tasawuf/ Ilmu Kalam
SMK dan SMALB 22-24 April 08 Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris

 KRITERIA PENILAIAN Ø      Standar nilai kelulusan untuk setiap jenjang mulai SMA, MA, SMK, SMP hingga SD semua sama, yaitu rata-rata minimal 5,25 dengan tidak ada nilai di bawah 4,25. Khusus untuk siswa SMK nilai mata pelajaran kompetensi keahlian minimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung nilai rata-rata UN SMK tersebut.Ø      Apabila kriteria di atas tidak tercapai, maka ada kriteria kedua yang mensyaratkan : boleh terdapat nilai 4,00 hanya pada satu mata pelajaran yang di-UN-kan, dan lima mata pelajaran lainnya harus mencapai nilai sekurang-kurangnya 6,00 dan mencapai nilai rata-rata minimal 5,25.  

sumber : Kalteng Pos, 25 Oktober 2007 (http://www.kaltengpos.com)

Iklan

Responses

  1. Salam Sukses,

    Mengenai rencana peningkatan standar kelulusan & penambahan mata pelajaran yang di-UN-kan, kamimenyarankan agar para siswa yang berkepentingan agar jangan panik dulu. Sempurnakanlah ikhtiar dengan belajar sungguh-sungguh toh masih ada waktu hingga 6 bulan ke depan. Disamping itu, kurangilah hal-hal perbuatan yang sia-sia atau berbau dosa dalam artian minimalisir perbuatan seperti itu dan perbanyaklah perbuatan baik & berpahala. Dan sebagai umat beragama maka perkuatlah dengan doa kepada Allah SWT.

    Kesuksesan di depan mata, yakinlah sobat!

    Mantap Bro.

  2. Dilapangan para guru dibingungkan oleh materi yang diajarkan di sekolah dengan standar kompetensi lulusan untuk UN 2008, sementara alokasi waktu yang ditetapkan dalam struktur kurikulum banyak dikurangi dan kurikulum tingkat satuan pendidikan sangat fluktuatif dalam pengembangan materi antara satu sekolah dengan sekolah lain.Dan lagi sekarang ini kurikulum menekankan pada pencapaian kompetensi bukan target materi lagi, namun dengan adanya UN guru akan kembali menargetkan pencapaian materi. Terus gimana coba, bingungkan. Perlu ditinjau ulang dan dikaji lagi

    Tenang, jangan panik dulu. Semua ada solusinya.

  3. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Bagi para siswa kelas tiga baik SD, SMP, SMA/SMK, jangan mudah putus asa dulu, belajar aja dengan tekun, mengenai standart nilai yang semakin ketat, sebenarnya itu semua untuk kebaikan kalian semua, jangan salahkan departemen pendidikan, inikan untuk kemajuan bangsa indonesia dalam bidang pendidikan. Sekian.
    Semoga Sukses!!!!
    Ok!!!

    Nah gitu donk, mantap motivasinya.

  4. pokoknya kalo liat komentar dari temen-temen itu, kayaknya mereka terlalu terbebani dengan UN yang standart nilainya salalu naik. Harapan pemerintah tentunya tidak muluk-muluk dengan keputusan tersebut.
    namun bagi temen-teman q rasakan mereka belum memahami arti betul sebagai pahlawan tanpa jasa. coba lah kalian harus termotivasi dengan program pemerintah dalam rangka mencerdaskan bangsa lewat pendiidkan. jangan hanya gaji yang terus dituntut untuk naik. Prestasi dulu !

    Betul sekarang sangat sulit menemukan pahlawan tanpa tanda jasa. Yang ada pahlawn tanpa jasa.

  5. tolong bantu saya soal uannya please

    Silakan kunjungi http://sscaja.wordpress.com

  6. Ingat, setiap siswa yang dihadapkan pada UN jangan pernah pesimis, takut, apalagi antipati pada UN. Kalian harus berpikir positif bahwa kalian lebih dipercaya pemerintah, makanya standar kelulusan & jumlah pelajarannya dinaikkan/ ditambah. Kalian harus senang untuk menghadapinya, dan buktikan bahwa hasil belajar 3 tahun ini tidak sia-sia.

    Buat guru dan ORTU siswa, jangan malah tambah bikin panik siswa. Berikan dukungan dan motivasi. Agar mereka lebih percaya diri. Semangat!

    Setuju 100%.

  7. met siang
    sasti mu sedikt komentar tentang UAN
    kenapa sich ujuan mesti di tambah…
    truz klu pengen tau saya dan teman-teman saya pada ketakutan menghadapi UAN taun ini soalnya takut tidak luluz kan biaya mahal…maaf klo saya tidak sopan..saya cuma pingin UAN di tentukan oleh sekilahan saja soalnya masa 3 tahun sekolah departemen yg menentukan,,kan g lucu,,emangnya tahu betul gituh bagai mana siswa bejajar dalam kesehariaannya..maaf kata-kata saya kurang sopan..sekali lagi tolong donk pertimbangi kembali kalo tidak doain saya lulus UAN ya amin.amin

    terima kasih

    Yang harus dilakukan adalah berani hadapi UN. Siapkan dirimu!

  8. KLO SALAH SATU MAPEL KURANG DARI 4,00 TP 5 YG LAIN LEBIH DARI 5 GMN? MHON DIJWB..

    Kalo salah satu mapel nilainya kurang dari 4,oo
    Ya itu jelas itu berarti tidak lulus
    Meski nilai pelajaran lain 10,00

    Itu sih menurut standar UN 2008 yag berlaku
    Tapi yang penting, yakinlah kalo adik bakal lulus
    Danjangan sia-siakan waktu, belajar terus!

    Semangat!

  9. Ikh…

    Ko UN sekarang Adh IPa na SiWh…????

    NyuSahin Ank SMP skarAng Tw GuGh…

    mangnya GamPAnG NGgerJain SoAl Ipa TewH GeTu..???

    Yach juga sih sepintas jadi leih menyulitkan, tapi percayalah bahwa pemerintah lebih percaya kualitas siswa angkatan sekarang. Jadi bebanggalah dan buktikan kamu bisa. Semangat!

    Sok NgAtuR Wae…

    Tara DidisKusikEun JeuNg sisWa” Na…

  10. Kenapa setiap tahun nilai standar kelulusan naik?
    Apa kelebihan&kekurangan kurikulum KTSP?
    Apa 3 tahun lagi nilai standar kelulusan menjadi 7?

  11. pueeeencilaan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: