Oleh: achoey sang khilaf | November 10, 2007

Efek Kecanduan PS & Game Online

Adalah sebuah problema ketika para pelajar telah memiliki jenis kecanduan baru. Yach, kecanduan main play station (PS) & Game Online. Ini  jelas menggangu, bagaimana tidak  para pelajar yang semestinya  segera pulang ke rumah  untuk istirahat  guna mengembalikan lagi energi dan konsentrasi. Mereka dituntut  mengerjakan kewajiban mereka sebagai pelajar seperti  mengerjakan PR dan belajar. Jelas sudah pasti  waktu dan konsentrasi mereka untuk belajar menjadi terganggu dan tidak optimal.

Para pakar psikologi Amerika, secara resmi menyatakan kekhawatiran mereka terhadap efek yang ditimbulkan dari kebiasaan sejumlah orang yang sangat gemar bermain playstation. Mereka menganggap penyakit yang ditimbulkan akibat kecanduan playstation harus segera diatasi karena bisa mengakibatkan penyakit kejiwaan yang cukup parah.

Para pakar medis itu mengatakan, ‘cukup’ untuk permainan play station karena permainan itu sudah menjadi candu layaknya seseorang terikat dengan narkoba. Penyakit ketergantungan dan kecanduan berat seperti itu menurut mereka akan menjadi pintu berbagai penyakit jiwa yang lainnya.

Dalam laporan yang diajukan American Medical Association-Forum Kedokteran AS yang menghimpun lebih dari 250 ribu dokter-disampaikan agar para dokter melakukan tekanan terhadap para penentu kebijakan bisnis untuk mulai menahan peredaran playstation. Mereka juga menyebutkan, agar para orang tua berperan aktif mengatur jadwal anak-anak mereka yang gemar bermain playstation, tidak lebih dari dua jam dalam satu hari.

DR. Martin Wasserman, seorang pakar kesehatan jiwa menyatakan bahwa pernyataan ini sangat masuk akal. Karena kecanduan playstation bisa mengakibatkan keguncangan jiwa dan biasanya bisa merambat pada pola kehidupan pribadi yang bisa merusak kehidupan keluarga.

Dr. Karen Pierce, seorang psikiater di Chicago mengatakan, bahwa saat ini ia menangani sejumlah anak yang bermain video games secara ekstrim. “Saya menemukan seorang dalam minggu ini, yang tidak tidur, tidak mandi, hanya karena video games. Mereka benar-benar sangat kacau, ” ujarnya.

Bagi para pelajar yang berada dipenghujung level kelas baik SD, SMP atau pun SMA jelas lebih berbahaya. Bagaimana tidak jika mereka dihadapkan pada standar kelulusan yang tinggi tapi mereka  tetap pada kebiasaan mereka, menghabiskan waktunya di depan PS atau Game Online. Saatnya orang tua lebih tanggap, untuk masa depan generasi penerus bangsa yang lebih baik.


Responses

  1. Yup… gw pernah maen game di komputer dari jam 17.00 sampai jam 5.00 pagi.. alhasil.. ga bisa bangun, pengen muntah, mata kunang2, panas-dingin, n gw kira udah ajal!!! bener…

    tapi, relatif sih… mungkin kondisi gw saat itu memang lagi ga fit. perut kosong.ga ada kerjaan, nge-game wae.. (setuan buat para pengangguran).. soalnya gw liat kakak gw anteng-anteng aja, maen ampe 3 hari non-stop..😛

    btw, A’… bgs blognya, hanya coba dikasih sepotong gambar / photo… yah… photo monyet sekolah juga bagus…😀
    Yukk.. Bozz…
    mudah2an blognya rame yah…
    salam
    (tangan tengadah)
    SRK

    Makasih Cunk atas comment-nya. Yup saranmu dah aku turutin tuh. Semangat!

  2. yang namanya kecanduan mah emang bahaya kecuali kecanduan beramal soleh dan sejenisnya.

    Betul Mr.

  3. emank gara2 kebanyakan maen games gw sama temenn gw pada pake kaca mata min soalnya maen games online selama 12 jam nonstop…
    gw pengen nanya biar ga ketagihan maen games online gimana caranya yach….???

    Motivator terbaik adalah diri kita sendiri. Dan kendalikanlah pikiran adik agar tidak memikirkan asyiknya maen game online.

  4. Kecanduan adalah diakibatkan oleh rangsangan otak yang telah terprogram. Hal ini diakibatkan oleh perasaan senang terhadap sesuatu yang berlebihan. Dan perasaan senang & penasaran makin terpatri ketika terus-menerus kegiatan itu dilakukan.

    Jadi tips dari saya adalah:
    1. Mulailah benahi pikiran Anda. Karena titik pangkalnya mulai dari pikiran. Mulai berpikirlah bahwa games online itu sama sekali tidak menambah banyak manfaat melainkan membawa banyak mudharat seperti rusaknya mata, tersitanya waktu bersama keluarga, terganggunya konsentrasi belajar, dll.
    2. Ketika kita sudah merubah pola pikir mulailah rubah perasaan kita dari senang menjadi berusaha untuk tidak senang. Caranya dengan berpikir dampak buruknya tadi.
    3. Mulailah mencari aktifitas pengganti yang lebih positif.

    Dulu saya pernah kecanduan permainan sejenis waktu SMA dan alhamdulillah tidak lagi. Merokok pun saya mampu untuk berhenti. Ingat, penentunya adalah kita. Jika kita yakin bisa berhenti maka bisa, jika tidak yakin maka usaha akan sia-sia. Semangat!

    Tips yang amat ebat. Hehe.

  5. haluw saya mau tanya??ada ga buku yang ngebahas efek psikologis bermain game online.thanks

    Kaka belum menemukan tuh🙂

  6. game itu baek ga baek coz ziel juga suka maen game tapi dikontrol jd ga terlalu candu bangetttttt
    tapi bwat gamers holic jangan terlalu candulah sayang uang uyyyy
    truz klo yang masih pelajar jangan buang-buang waktu cuman bwt maen game truzzzz
    s m a n g a t ! ! ! !

  7. 1. Mulailah benahi pikiran Anda. Karena titik pangkalnya mulai dari pikiran. Mulai berpikirlah bahwa games online itu sama sekali tidak menambah banyak manfaat melainkan membawa banyak mudharat seperti rusaknya mata, tersitanya waktu bersama keluarga, terganggunya konsentrasi belajar, dll.
    ——————–
    Mata saya rusak oleh coding game online. Mencari algoritma Aljabar Linear, algoritma fisika, algoritma AI, algoritma fuzzy logic, dan bahkan saya kuliah untuk bisa MEMBUAT GAME ONLINE dan saya BEKERJA dan MENCARI NAFKAH dengan MEMBUAT GAME ONLINE.

    Dan saya sudah berpikir logis untuk TIDAK AKAN MENINGGALKAN GAME DALAM HIDUP SAYA.

    2. Ketika kita sudah merubah pola pikir mulailah rubah perasaan kita dari senang menjadi berusaha untuk tidak senang. Caranya dengan berpikir dampak buruknya tadi.
    —————-
    SAYANGNYA SAYA JUSTRU SEMAKIN BERPIKIR SEMAKIN SAYA MANTAP kalau mencari nafkah di game online adalah jalan saya.

    3. Mulailah mencari aktifitas pengganti yang lebih positif.
    —–
    AKTIVITAS PENGGANTI YANG LEBIH POSITIF : CODING GAME ONLINE

    GAME ONLINE hanya sekedar HOBI sama dengan memancing. Saya gag benci atau anti ama MANCING. Tetapi jika saya menjadi hipokrit seperti anda maka saya akan ulas mancing sebagai berikut :

    1. Mulailah benahi pikiran Anda. Karena titik pangkalnya mulai dari pikiran. Mulai berpikirlah bahwa MEMANCING itu sama sekali tidak menambah banyak manfaat melainkan membawa banyak mudharat seperti habisnya waktu, tersengat sinar matahari, habisnya uang, tersitanya waktu bersama keluarga, terganggunya konsentrasi belajar, dll.
    2. Ketika kita sudah merubah pola pikir mulailah rubah perasaan kita dari senang menjadi berusaha untuk tidak senang. Caranya dengan berpikir dampak buruknya tadi.
    3. Mulailah mencari aktifitas pengganti yang lebih positif.

    Got IT?

  8. thank’s

  9. boleh aja main game online
    tapi jgn sering2 he3x
    tips dari gw itu pebanyak hubungan interaksi lu secara langsung dengan orang lain. kita kan makhluk sosial,,,
    kebudayaan baru seperti interaksi sosial melalui media maya memungkinkan kita menjauhi dengan lingkungan sekitar

    regards

  10. untuk LynxLuna
    itu pekerjaan anda, emang anda bekerja untuk membuat game online, bukan pecandu seperti kebanyakan orang dia tidak membuat game seperti anda dia cuma menikmati game yang anda telah buat.
    sekian singkat saja
    terima kasih

  11. wah.. bner bnget !!
    game online bkin gua sengsara .
    gua gg skolah” gua cbut truz slamanya 1 bulan
    alhasil, nilai” gua anjlok bnget!

    STOP! game online

  12. Adek gw kecanduan game online AyoDance gila2an…

    Bolos dari sekolah ampe lebih dari sebulan, trus dikeluarin,
    Pindah sekolah ga nyelesain masalah…
    udah abis berjuta2 buat biayain sekolah ini anak…

    Sedih gw ngeliat Nyokap Bokap Gw stress gara2 kelakuan dia…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: