Oleh: achoey sang khilaf | Januari 13, 2008

Motivation Building UN 2008 “The Secret”

Kelelahan yang menjalar sekujur tubuh saat usai menjadi pembicara pada Motivation Building “The Secret” di hadapan sekitar 60-an siswa SMA justru membuat saya merasa diri ini berarti. Bagaimana tidak ketika begitu banyak siswa yang dihadapkan pada Ujian Nasional dan mereka amat mencemaskan itu. Mereka cemas dengan bertambahnya jumlah pelajaran yang di-UN-kan dan lebih meningkatnya standar kelulusan. Yang lebih menyedihkan lagi masih banyak siswa yang seperti tidak peduli sama sekali terhadap kehadiran UN. Cuek bebek dan tetap menjadi pelajar pemalas sejati.

Pada acara tadi saya tekankan bahwa memang benar kita tidak dapat merubah dunia tetapi kita mampu untuk merubah dunia di sekitar kita. Kita tidak akan mampu merubah dunia di sekitar kita ketika kita tidak mau merubah diri kita sendiri. Dan diri ini bisa berubah jika saja kita mau merubah prilaku kita. Prilaku kita bisa berubah jika kit merubah emosi atau perasaan kita. Dan perasaan kita akan berubah jika kita mampu merubah pola pikir kita.

Intinya bahwa siswa yang dihadapkan pada UN jelas harus berpikir positif pada UN itu sendiri. Misalnya dengan berpikir bahwa segala sesuatu yang terjadi tidak ada yang kebetulan dan alangkah terhormatnya ketika kita dipercaya oleh pemerintah untuk melalui UN yang jelas “kualitasnya” jauh lebih bagus. Dengan berpikir seperti itu maka kita akan bersemangat dan gembira menanti, menyambut dan menjalankannya nanti. Dengan perasaan yang baik maka prilaku kita pun akan selaras seperti dengan rajin belajar, memperhatikan dengan seksama ketika guru menerangkan di kelas baik di sekolah atau pun Bimbel. Memohon restu dan dukungan dari orang-orang terdekat dan senantiasa berdoa pada Tuhan agar mendapatkan nilai yang terbaik.

Ketika kita senantiasa memikirkan bahwa nilai yang akan kita peroleh baik maka ini berarti kita sedang merangkai proses terjadinya realita nilai terbaik kita. Kita harus yakin akan itu dan kita akan bergerak selaras alam semesta. Kita harus belajar mencintai nilai yang kita targetkan, fokus untuk merealisasikannya dengan beribu alasan. Semisal jika kita mendapatkan nilai terbaik maka ORTU akan bangga, teman-teman akan menghormati kita, guru akan menghargai kita dan seabrek ekses positif lainnya yang akan kita terima.

“… Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”

Jadi bersemangatlah!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: