Oleh: achoey sang khilaf | Januari 18, 2008

Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) Ujian Nasioal SMP 2008

I.              BAHASA INDONESIA  

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) URAIAN
1.MEMBACA   Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita, opini/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel, dan drama. Ø   Membaca dan memahami berbagai bentuk wacana tulis (artikel, berita, opini/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta, denah) dan karya satra puisi, cerpen, novel, drama, yang mencakup :     gagasan utama paragraf    kritikan isi bacaan    kesamaan informasi dari beberapa teks berita    isi berita    perbedaan penyajian beberapa teks berita    fakta/pendapat, simpulan bacaan    gagasan utama dan pendukung dalam tajuk    fakta dalam tajuk    keberpihakan penulis    simpulan isi tajuk    isi tabel, bagan, grafik, peta atau denah    unsur intrinsik puisi    unsur intrinsik cerpen    unsur intrinsik novel    unsur intrinsik drama
2.MENULIS   Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama. Ø   Menggunakan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman dalam berbagai wacana tulis berupa:– buku harian                                      – slogan/poster– surat pribadi                                     – iklan baris

surat resmi                                       – teks pidato

– pesan singkat (memo)                       – karya ilmiah

– laporan                                            – pantun– petunjuk melakukan sesuatu             – puisi

– rangkuman                                       – drama

Ø     Menyunting berbagai ragam teks berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana

   II.                BAHASA INGGRIS 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) URAIAN

1.   READING (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esei sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure dan report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Ø  Memahami makna teks tulis fungsional pendek seperti pesan pendek, pengumuman, kartu ucapan, label, iklan, brosur, surat pribadi, dll. Dan esei sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure dan report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari dengan cara mengidentifikasi:

    gagasan utama (judul, tema, pokok pikiran)    informasi rinci tersurat    informasi tersirat    rujukan kata    makna kata, frasa dan kalimat (termasuk kata, tata bahasa dan ciri kebahasaan lainnya yang terkait dengan jenis teks dan tema)

  

2.   WRITING (Menulis)

Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure dan report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Ø  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek seperti pesan pendek, pengumuman, kartu ucapan, label, iklan, brosur, surat pribadi, dan lain-lain, dan esei sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure dan report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari dengan cara:

    menyusun kata/kalimat acak menjadi kalimat/paragraph yang padu,

    melengkapi kalimat/paragraph/teks rumpang.

 III.  MATEMATIKA 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) URAIAN

1.  Memahami konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, aritmatika social, barisan bilangan, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Ø   Bilangan

    Operasi hitung bilangan bulat

    Operasi hitung bilangan pecahan

    Perbandingan

    Aritmatika sosial

Ø   Barisan bilangan

    Pola bilangan

    Rumus suku ke-n

2.  Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi fungsi, sistem persamaan linear, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Ø  Operasi bentuk aljabar

Ø  Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variableØ  Himpunan    Himpunan bagian    Irisan dan gabungan dua himpunan    Diagram VennØ  Relasi dan fungsi    Aturan pemetaan     Nilai fungsi    Grafik fungsi linearØ  Sistem persamaan linear dua variabelØ  Gradien dan persamaan garis lurus

3.   Memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah. Ø    Bangun datar (Segitiga, Segiempat dan Lingkaran)– Sifat-sifat– Sudut– Luas dan keliling– Garis singgung lingkaran– Teorema Pythagoras– Kesebangunan– KongruensiØ  Bangun ruang– Unsur-unsur– Model kerangka dan jaring-jaring– Luas permukaan dan volumeØ   Garis sejajar

    – Sifat-sifat dan besar sudut

4.   Memahami konsep dalam statistika, serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah Ø   Statistika    Tendensi sentral/ukuran pemusatan     Menyajikan dan menafsirkan data


IV. ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) URAIAN
1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan  sehari-hari. Ø       Besaran dan satuanØ       Pengukuran
2.    Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.  Ø       Wujud zatØ       Massa jenisØ       PemuaianØ       Kalor dan perpindahan kalor
3.    Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.  Ø       Gerak lurus, gaya, dan percepatanØ       Tekanan pada benda padat, cair, dan gasØ       Perubahan bentuk energiØ       Usaha dan energiØ       Pesawat sederhana
4.    Memahami konsep-konsep dan penerapan getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. Ø       Getaran dan gelombangØ       BunyiØ       Optik geometrik (cahaya)Ø       Alat-alat optik
5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Ø       Listrik statisØ       Listrik dinamisØ       Energi dan daya listrikØ       KemagnetanØ       Induksi elektromagnetik
6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya. Ø       Sistem tata suryaØ       Matahari sebagai bintangØ       Gerakan bumi(rotasi dan revolusi)Ø       Gerhana, pasang naik, dan pasang surut
7. Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. Ø       Ciri-ciri makhluk hidupØ       Pengelompokan makhluk hidupØ       Keragaman pada tingkat organisasi kehidupanØ       Keanekaragaman makhluk hidup dan upaya pelestariannyaØ       Komponen ekosistem, peran dan interaksinya.Ø       Pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.Ø       Hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan
8. Mengkaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada tumbuhan dan manusia. Ø       Sistem gerak pada manusiaØ       Sistem pencernaan pada manusiaØ       Sistem pernapasan pada manusiaØ       Sistem peredaran darah pada manusiaØ       Sistem ekskresi pada manusiaØ       Sistem saraf pada manusiaØ       Struktur dan fungsi tubuh tumbuhanØ       Macam-macam gerak pada tumbuhanØ       Proses perolehan nutrisi pada tumbuhan
9. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat. Ø       Pertumbuhan dan perkembanganØ       Kelangsungan hidup organismeØ       Cara-cara reproduksiØ       Teknologi reproduksi, hubungannya dengan lingkungan dan masyarakat
10. Mengidentifikasi bahan kimia alam dan buatan yang terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Ø       Bahan kimia dalam bahan makananØ       Zat aditif dan psikotropika
Iklan

Responses

  1. itu tabel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sampai menembus batas juga karena khilaf ya maz….?

    PEACE 😀

    Iya tuh kebablasan.

  2. Assalamu’alaikum wr.wb

    Saya sangat yakin, pemerintah lewat Depertemen Pendidikan akan memberikan yang terbaik untuk kelangsungan pendidikan di Indonesia.
    Namun yang saya sesalkan, adalah beberapa tindakan yang dilakukan di beberapa sekolah (khususnya di Bogor) yang terlalu melebihkan suasana dan menimbulkan kekhawatiran dari para siswa sendiri.
    Seperti kebijakan bahwa di SMAN 4 Bogor, mulai Feb akan Intensif 6 pelajaran UN. Apakah ini rencana DepDik juga?????????

    Yach padahal jangan sampai membuat siswa panik dan ketakutan. Yg dbutuhkan adalah motivasi bahwa mereka mampu.

  3. ayo berjuang yaa buat UAN! jgn sia sia kan wktumu..
    berdoa dan belajar.. insyaalah bisa ko.

    Yach 100% sepakat. Bersemangatlah Sobat!

  4. udh gk usah pke uan langsung lulusn aja

    Enaknya sih gtu yach, tapi kapan kualitas pendidikan di negara kita mau berubah kalo segalanya serba asal.

  5. saya tidak tahu, informasi skl yang anda berikan tepat atau tidak? Artinya apakah ini dari puspendik atau bukan? saya khawatir nanti jauh berbeda dengan yang ditetapkan diknas, namun ttp ok and thanks

    Yach tidak menjamin sich, tapi ini bagian dari ikhtiar. Jadi tetap semangat! Thx juga yach.

  6. sip…
    tunjukkan kepada dunia kalau kamu bisa…!

    Insyaallah

  7. I LOVE U Pendidikan. tapi kok pake acara ditambah mata pelajaran yang du Ujikan di UN, kami para siswa jadi kwalahan dong……….?????

    Tenang aja. Percaya deh pada diri sendiri. Yakin kamu sanggup menghadapinya. Semangat!

  8. assalamu’alaikum … sobatq
    emang materi buat ujian buaannyyaak buangeett . tapi itu emang udah kewajiban qta sbg pelajar. asalkan berusaha disertai doa dan tawakal qta semua pasti bisa melaluinya …. semoga…amien !
    wassalaam

    Amin. Semangat 1000000000000000000000000 X

  9. woiiii kok materinya susah2 sih yang gampang dikit napa. sorry apa tendensi sentral keluar besok waktu ujian nasional 2008? tolong kirimi prediksinya dong ke emailku please!!!!!!!!!!!trim’s

  10. gelombang pantai yang tenang
    tapi halilintar menyambar
    hadapilah dengan tenang
    belajar dengan ikhtiar

    Be Alive for you & Horas(*;^)Key!!!

    Nah ini nih yang hebat. 🙂

  11. Awalnya saya takut untuk menghadapi UN, tpi saya mempunyai keinginan, saya mempunyai tujuan, saya punya niat,sehingga rasa itu yang membuat saya termotifasi untuk tenang, kita harus mampu berfikir kritis, kita harus pandai menggunakan logika kita, ingat! 4JJl selau memberikan jalan yang terbaik untuk kita yang mau berusaha dan berdoa,,
    Insya 4JJl, kita semua sukses ujian!! IKHLAS!!

    Nah gitu donk. Semangat! 🙂

  12. duh saya bener-bener deg-degan buat menghadapi UAN nanti,,
    saya gak mau mengecewakan orang tua saya..
    saya ingin lulus dengan hasil yang MAKSIMAL!!!

    oRa et labora dech!!!

    Yakin dik, dikau lulus. Semanga!!!

  13. hmmmmm….sebenernya ujian nasional itu gk terlalu susah kalo kita mau belajar.Tapi yang bikin kesel itu adalah IPA , saya gk ngerti2….

    Tenang aja. Belajar dulu deh ! 🙂

  14. aaaaaaaaamiiiiiiiiiiiiin

    Amin! 🙂

  15. wah,, UAN udah dekat,,,

    moga2 bisa lulus dgn nilai yg baik,,

    doakan ya! 🙂

    Kaka doakan dik! 🙂

  16. huuu…uuh!!!! knpa cih soal unasx nyimpang bgt ma yang di SKL??! truZ yg nyebelin lg,anak2 skul laen pada maen curang smua mulai dpet bocoran materi ampe’ jawaban.tau gk qT sbgai anak dari skul favorit(ce’iLe…narsis!!) denger omongan sombong dr skul laen yg ktanya nilai mereka bakal sempurna(katanya seeeh!!),sebel bgt.. cZ mrka pada njelek2in qTa..dapet kecurangan aj uda belagu.qT tuch wkt kmren jg ksusahan ngerjainx,tyZ gmn nasip qTa?? dr awal qt da persiapan dpetin nilai sempurna tp yg qt bsa cm 70% itupun qt bljrx da 5 bulan penuh.AduUu…hh..!klo gn carax,bs2 SMP-SMP FAVORIT bakal gk lulus smua(mudah2an jgn),secara qTa cm terima apa adanya…tyuZ GMN KLO KYK GNIEE??????????????????????????

  17. wah ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, acu mhn xaaaaaaaaa doaian acu agr acu lulus dengan nlai trbaik dan dapat masuk ke sma favorit akuuuuuuuu xa key s sobbbbbbbbbbbb ??????????? amien amien 4x

  18. kok gak ada ya… yang smp ipa
    itu kok kelebihan ya batasnya???

  19. npa ya harus da UN PDHAl kn EBTANAS ja BSA kn? tyuz npa jga nilainya ditambahin pdahal jg yang dlu za da susah bgt bwat dapetin nilai sgitu tolong bgt pk menteri pendidikan agar bantu kami semua anak INDONESIA thax by:nak BANTEN

  20. thanks ya SKL nya ya… xie-xie…

  21. maaf, ini sebenarnya penting soalnya saya anak SMP. Ini tugas dari seorang guru di sekolah saya. Saya mau tanya kalo report text, saya harus cari dmn? saya udah pusing?

  22. IPA nya kebanyakan tuch!!!!!!!!!!
    bikin pusing aja………..

  23. Thanks y, atas informasi d atas, karena tgas aq, bisa terselesaikan dengan adanya SKL d atas..

  24. Maaf…pertanyaan saya sangat basic. SKL UN 200 itu didapat dari sumber mana ya? Saya googling ga berhasil juga. Apakah setiap tahun Depdiknas mengeluarkan SKL untuk UN?

    Yang saya tahu pemerintah mengeuarkan SKL untuk setiap mata pelajaran, tapi sifatnya global, tidak dirinci di setiap kelasnya. Di Standar Isi memang lebih rinci. Tapi jadinya banyak banget ya dokumen yang harus diliat.

    Apakah bisa dijelaskan ke saya ttg SKL ini? Terima kasih sekali sebelumnya. Kalau berkenan mungkin bisa dijelaskan lewat email saya. thx a lot

  25. Aduuuuuuuuuuuhhhhhhhhh……………….??????????? gue pusing bgt nih.gue blm siap wat ngadepin UAN.gimana kalau ditunda aja .ntar kl gue dah siap baru mulai ok…..

  26. hmmmmmmmmmmmm,, g da ips nya neeh

  27. aduh sumpah ia saya belum siap buat ngadepin soal soal UN tahun ini….. gimana kalo UNnya ditunda ajj…. hihi [tunggu sampai saya sudah siap]] gimana…….????

  28. apa skl itu yg terbaru utk ujian th pel 2008/2009, jika iya, bagaimana cara memperolehnya(mendowloadnya)?

  29. ada gak yah bocoran jawaban UAN????
    kalo ga ada tolong dunk ajarin gwa.
    please dunk.
    1 lagi soalnyaa yg gampang2 ya

  30. tolong donk kasi penjelasan tentang keputusan nilai2
    ujian. plzzzzzzzzzzz.

  31. makasih atas soal-soal’y…..
    tha seneeeena bgt karna sgt membantu..
    thanks yah….love you emuah

  32. bu Pa…………..ToLOnG dOnk KsH TAu SOaL2 UJiAN NyA KaYA APA………….???????/
    PlEasE?………….

  33. doa ini aja qta bisa lulus semua.amin

  34. Makacih bangetz yaw.
    karna tlah mmbantuku mnempuh ujian nie.

  35. semoga 1 sekolahan atau sluruh smp lovers

    bisa lulus semua…

    AMIEN……..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: