Oleh: achoey sang khilaf | Januari 18, 2008

Ujian Nasional 2007/2008 – Sebuah Kisah di Pagi Hari

Tadi pagi saya dipinta mengisi motivasi di depan siswa kelas 9 sebuah SMPIT. Saya hanya melakukan motivasi yang saya sebut sebagai “pembuka” ini sekitar 45 menit. Pada kesepatan ini saya hanya menjelaskan secara singkat bahwa mereka memiliki peluang yang sangat besar untuk lulus. Tidak bersekolah di sekolah Negeri toh bukan berarti tidak lebih baik dari siswa yang bersekolah di sekolah Negeri.

Pada kesempatan itu saya coba untuk menumbuhkan kepercayaan diri mereka, merubah pikiran dan perasaan mereka terhadap UN, dari berpikir UN itu susah menjadi UN itu mudah, dari perasaan takut menghadapi UN menjadi sangat tertantang dan senang menghadapi UN.

Pagi tadi saya memang punya waktu yang relaitif sedikit karena ada kegiatan lain. Saya hanya memberikan PR kepada mereka untuk membuat :

  1. Daftar Kelemahan & Kelebihan, adalah hal-hal yang menurut mereka kelemahan dan kelebihan yang mereka miliki
  2. Daftar Syukur, adalah semua hal yang mereka miliki dan mereka syukuri bahwa Allah telah memberikan begitu banyak nikmat yang membuat mereka bangga atas dirinya
  3. Papan Visi, adalah semua hal yang mereka ingin raih yang mereka tulis dan disertai gambar dan mereka tempel pada busa atau karton yang menempel di dinding ruangan yang memungkinkan mereka sesering mungkin melihatnya baik saat sebelum tidur dan bangun tidur. Termasuk nilai UN yang mereka inginkan sudah harus mereka pikirkan berapa nilai yang pantas mereka dapatkan lalu mereka tulis di Papan Visi tersebut.

Segala sesuatu berawal dari kekuatan pikiran. Dan kekuatan pikiran inilah yang akan menggugah kekuatan yang kita miliki dan atas bantuan kekuatan Sang Maha Pemilik Kekuatan tentunya. Jadi bersemangatlah!

Tinggalkan Balasan

Kategori

