Oleh: achoey sang khilaf | April 3, 2008

Mungkin Dia Sudah Lelah

Sepulang dari masjid shubuh tadi, ponselku berbunyi. Nampak foto kedua ORTUku di layar ponsel sederhana pembelian ayahku itu.

“Mungkin dia telah lelah tuk dipakai ibadah”

Itulah penggalan kalimat dengan suara berat dari seorang lelaki yang selama ini selalu tegar.

“Ya Allah, jadikan ini ujian saja, bukan azab atas dosa-dosa kami yang begitu banyak.”

Ungkapan hati atas pembenahan persepsi pada-Nya. Aku sedih, teramat sedih. Bagaimana tidak, gerobak merah itu (mobil) begitu berarti buat keluarga kami. Hasil dari peluh ayah tuk menjadikannya ada di garasi. Dan kini terbakar sudah, bersama dengan satu unit motor dan berikut sebagian rumahku (moga sebagian kecil saja), rumah tempat kami berbagi kasih sayang dengan nyaman.

Ibuku lumayan shock. Beliau ga mau melihat akibat dari musibah itu. Tadi pagi beliau masih bertahan di rumah pamanku. Bersama dengan beberapa barang berharga yang sempat diselamatkan dalam kondisi panik dini hari. Termasuk mas kawin untuk calon istriku kelak (sosok yang masih belum tersingkap).

“Tidak anakku, tidak separah itu. Rumah kita masih tegak berdiri. Bangunan ini terlalu kuat tuk dikobarkan secuil api. Allah masih sangat sayang terhadap kita. Biarlah gerobak merah itu berakhir sampai di sini. Toh jasa-jasanya untuk menolong sesama sudah cukup banyak. Sudah cukup bermanfaat untuk banyak orang, tak hanya kita. Nanti jika ada rejeki kita kan beli lagi yang lebih layak.”

Ayah, seberapa tegar dirimu aku tahu perasaan di hatimu. Kita manusia maka wajar jika kita manusiawi. Dan jangan halangi aku untuk pulang. Aku insyaallah pulang besok pagi. Untuk menatap wajah teduh kalian, wajah keikhlasan. Bercengkrama menatap abu kebahagiaan. Moga kelak kita tak terbakar di neraka seperti gerobak merah itu. Semoga!

Ayah, Ibu, adik-adikku, rumah kebahagiaan, tunggu aku di sana!

Ayah, kau pulang dari Jakarta. Dan aku dari Bogor. Kita berkumpul di suatu tempat terindah, Ciamis kota yang manis.

Sahabat, maaf jika aku puasa ngeblog dulu. Mohon doanya untuk ketegaran kami sekeluarga. Terima kasih atas cintanya.

Allah, terima kasih.

 

 

Iklan

Responses

  1. ” bang. jangan patah semangat dan saya yakin dibalik kejadian ini semua ada Hikmahnya. saya dan keluarga berdoa buat keluarga abang disana agar Allah memberi kisah yang indah dibalik kejadian ini semua…”

    tetap semangat.bang!

    sobatmu,
    langitjiwa……

    Makasih Bang.
    Saya senag bisa punya sahabat sebaik abang.
    Saya kagum atas ketulusan hati abang.
    Mohon doanya selalu!

  2. Salaam,

    Ya Allah, semoga dikuatkan dalam ketabahannya, semua pasti ada hikmah nya, relakan yg hilang pasti akan diberikan yang lebih baik Insya’Allah…

    btw, jangan kelamaan hiatus ya 😉

    Syukron Umi
    Mohon doanya selalu!
    Insyaallah ga lama2
    soalnya ninggalin kerjaan di kantor ama tenda mie.

  3. Kang… ga bisa komen… 😥
    Ga bisa becanda 😥
    Sing sabar ya … 😥
    Titipkan salamku untuk keluargamu 😥

    Makasih y Bunda.

  4. diriku sebenarnya menahan tuk hiatus
    tp diriku merasa sudah menjadi saudara sekandung dengan akang achoey..
    yang sabar ya kakakku..
    innallaha ma`a shabirin
    ALLAh pasti memberi yg terbaik untuk kita semua
    Salam tuk bunda di kampung ya kang
    jangan kalah dengan cobaan yang datang
    hadapi semua halangan dengan tegar dan bijak
    kita harus terus tawakkal dan ikhtiar
    La haula wala kuwwata illa billah
    “Tidak ada kekuatan kecuali dari ALLAH”

    adikmu yg bodoh -hanggadamai-

    Adiku yang pinter. Makasih ya!

  5. semoga Allah memberi yg terbaik buat mas dan keluarga. tabahkan hati mas. Allah tidak akan memberikan ujian yg melebihi kemampuan hambanNYA . salam buat keluarga

    Makasih ya Mas!

  6. Apa yang kita punya pasti tiada. ..
    sabar.. semua ada hikmahnya kang.

    Makasih ya!

  7. ayooo semangat….. !!!!!

    Yup. Semangat!

  8. Semoga Allah memberikan ganti yang terbaik

    Amin!

  9. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan kesabaran serta menggantinya dengan pahala berlimpah kepada antum sekeluarga atas kejadian ini.

    Saya turut berempati.

    Wassalam

    Amin. Makasih ya!

  10. yang sabar ya kak…
    Allah akan memberikan yang lebih, lebih, lebih baik lagi…

    dont give up!

    segala sesuatu yang terjadi sudah ada yang mengatur

    salam bwat keluarga ya kak…

    🙂

    Makasih ya adeku!

  11. kang yang sabar..
    semoga Allah memberikan ganti yang lebih baik lagi.. 🙂

    Amin. Makasih ya!

  12. Ridu turut berduka cita atas musibah yang menimpa keluarga akang.. yang sabar yah kang.. semoga ujian ini dapat lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, dan semoga juga mendapatkan penggantinya yang lebih baik lagi, baik di dunia maupun di Akhirat..

    Salam yah kang untuk keluarga..

    Amin. Makasih ya adeku!

  13. kang achoey yang sabar ya…..
    emang sabar itu susah…… dilaksanakan
    tapi kita harus berusaha

    Yup. Makasih ya!

  14. Subhanallah kang, aku ikut sedih. mudah2an keluarga kang achoey tabah menghadapi cobaanNya. Semua pasti ada hikmahnya. Tetap tabah kang…

    Amin. Makasih ya!

  15. hikz.. jadi akh achoey pamit pulang karena ini?

    innallaha ma’ashobiriin, akh..
    fa Innamal ‘ushri yusro
    Innamal ‘ushri yusro

    🙂
    Alah memberi ujian, karena Allah yakin kita pasti mampu melewatinya dengan baik
    😉

    Amin. Makasih ya!

  16. Wah, semangat bro. Berhenti menyerah!

    Yup. Makasih ya!

  17. sabar ya kang, semoga ALLAH menggantinya dengan yang lebih baik. Amiien, tetap semangat ya….

    Amin. Makasih ya!

  18. yaaaaaa
    sabar deh….
    makasih udah buka blog ku….

    Yup. Makasih ya!

  19. Salam
    Sing sabar we Kang, namina oge cocobi, candak hikmahna wae, dunya mah cenah teu kenging di simpen dina hate janten sanaos ilang moal ngaraos kaleungitan da mung titipan dicandak deui kunu gaduh-Na.
    Geuning urang ciamis, sami atuh, ciamisna dimana??? 🙂

    Amin. Hatur nuhun Neng. Lers abdi urang Ciamis. Ciamisna palh kampung.

  20. berserah diri pada Allah adalah pilihan terbaik. Semua kejadian pasti ada hikmahnya. Dibalik setiap musibah selalu ada nikmat yang tersembunyi. Yakinlah bahwa Allah tak pernah meninggalkan hamba-Nya yang senantiasa berserah diri.
    Sabar ya mas…

    Salam
    `Maruria`

    Amin. Makasih ya Maruria!

  21. smangad ya,kang!Allah slalu memberikan rencana-Nya yg terbaik yg kadang kita jg blm mampu ngeliatnya saat ini..smangad smangaad..!

    btw,makasi dah mampir ke blogku.. 🙂

    Yup. Makasih ya!

  22. akan saya doakan Kang , kalo kembali akan membawa penyegaran yang menyejukkan dahaga di akal , pikiran dan hati
    Istiqomah ya kang

    Amin. Makasih ya Sobat!

  23. Innalillahi..

    Rumahnya Kebakaran yak?

    Jd inget kjadian 11 thn yg lalu, saat it tiada yg trsisa kcuali hanya surat2 berharga.., alhmdulillah sdh Allah gantikan dgn yg lbh baik..

    Smg demikian jg dgn kk n klrg, Smg Allah mengganti dgn yg lbh baik kak..Amiin..

    Amin. Makasih ya ukhti!

  24. O iya… kemaren ane juga kehilangan si aqil ku tercinta. Tapi tidak lama kemudian Allah menggantinya yang lebih baik. Kita harus yakin, Allah pasti akan menggantinya, pasti itu. meskipun dengan bentuk yang laen…
    Bisa saja beberapa waktu lagi akan datang “bidadari” nya kang achoey yang selama ini kang achoey cari. Mungkin itu sebagai salah satu bentuk ganti dari Allah yang harganya jauu….h lebih besar dari harta yang telah terbakar.

    Amin. Makasih ya!

  25. innallaha ma’ashobiriin, akh..
    fa Innamal ‘ushri yusro
    Innamal ‘ushri yusro

    Semoga kita diberi kesabaran di dalam menghadapi perjalanan hidup

    Amin. Makasih ya!

  26. Innalillahi..
    Yup, yang sabar kang… semua adalah milik-Nya dan kembali kepada-Nya.. kita memang terasa sangat kecil dan tidak ada apa-apanya…

    Justru dengan ujian-lah manusia akan menyadari kekurangan dan semakin dekat dengan-Nya [trutama untuk diriku sendiri]

    Mas Achoey yang tegar dan istiqomah, pasti ada hikmah indah dibalik sebuah musibah….

    Yup, Amin. Makasih ya!

  27. Dengan banyaknya doa yang terlontar dari para sahabat, yakinlah pada ALLAH pasti semua kan baik-baik saja seiring berjalannya waktu N semoga ini hanya ujian yang bakal memperkuat iman keluarga A2

    Amin. Makasih ya!

  28. Semoga Sabar Senantiasa Memelukmu

    Salam
    TB

    Amin. Makasih ya!

  29. Yang sabar ya mas..
    Allah pasti pnya rencana lain dibalik itu smua

    Yup. Makasih ya!

  30. Semoga Allah perkuat pondasi kesabaran itu dalam diri Antum dan keluarga. Maafkan saya, karena lama tak menjenguk Antum di sini.

    Amin. Makasih ya. Gpp saudaraku!

  31. sabar ya …
    tetep semangat 🙂

    Yup, semangat. Makasih ya!

  32. Jangan putus asa yach…
    Tetap berusaha dan berdoa…

    Yup. Makasih ya!

  33. Semoga dibalik semua cobaan ini dapat diambil hikmahnya untuk sekeluarga.

    ulah kirang kirang tisabar kang, da sadaya ge mung titipan ti manteunna…mugia kagentosan ku nu langkung. Amin.

    Amin. Hatur nuhun nya geuis! Punten, gening blogna sesah dibuka?

  34. Innalillahi

    Waduh om, ini sudden banget… Semoga Beliau diterima di Sisi Allah…

    Wah, apanya nih? 🙂

  35. Semoga digantikan dengan hal yang lebih bermanfaat. Amin!

    Amin. Makasih ya!

  36. hikz… hadapilah dengan sabar dan syukur…

    Amin. Makasih ya!

  37. Semoga ALLAH memberikan gantinya yang lebih indah

    Salam Dan Doa Saya Choey …

    Amin. Makasih ya!

  38. Mudah-mudahan semua bisa kembali normal lagi.. doa dari jauh..

    Amin. Makasih ya!

  39. Selamat bersilaturahim dikampung halaman semoga tumbul semangat dan cita2 baru, semoga sukses.

    Yup. Cita2 ingin total wirausaha nih. 🙂

  40. […] beberapa hari lalu ketika membaca postingan kang Achoe, ketika musibah tengah melanda dirinya, para blogger lainnya merasa simpatik. Hal ini terlihat dari […]

    Syukron buat sahabat bloggersemua. Terutama untuk azaxs 🙂

  41. tabah kang… semua ada hikmahnya

    Iya 🙂

  42. jadi terharu baca tulisan yg ini, semoga tetap sabar yakz.
    tenang aja pasti suatu saat Tuhan akan membalas dengan sitimpal koq.

    Makasih sobat 🙂

  43. Abu Darda’ berpendapat, “Puncak iman adalah sabar terhadap hukum Allah dan rela dengan ketentuanNya..
    Semoga ujian akang dlm rangka Allah meningkatkan keimanan akang sekeluarga.
    Salam dr org jogja.

    Amin.
    Salam balik dari Bogor 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: