Oleh: achoey sang khilaf | April 17, 2008

Gak Semudah itu Bro

Barusan rekanku dalam merintis “Mie Janda” menceritakan bahwa sudah banyak pengorbanan yang dia lakukan tuk menjalani jalan ini, jalan wirausaha. Semenjak dia keluar dari pekerjaannya di Sanyo dia terus mencari celah untuk menapaki jalan yang sudah dia cita-citakan selepas lulus SMA dulu. Berbekal tabungan hasil kerja di Toyota (1 tahun) dan Sanyo (2,5 tahun) alhasil dia mengantongi sekitar 30-an juta. Namun uang itu kini makin menipis, seiring dengan kegagalan dan kegagalan yang terus menimpanya. Dan dia berpikir, “Mie Janda” adalah “harapan terakhirnya”, moga gak gagal lagi.

Sama halnya denganku. Ketika lulus kuliah dengan IPK alhamdulillah & waktu relatif cepat. Aku memutuskan langsung terjun ke dunia ini. Berbekal tabunganku selama kuliah, sisa uang subsidi dari ORTU tercinta, aku memutuskan untuk wirausaha. Padahal saat itu namaku sudah disebut-sebut sebagai calon dosen di Universitas Swasta tempatku menghabiskan waktu 4 tahun 4 bulan itu. Tapi aku memutuskan untuk menjadi pedagang kaki lima. Aku menyewa lapak kaki lima selama dua bulan seharga Rp. 180.000. Bagiku ini adalah upaya membunuh rasa gengsiku selama ini dan menumbuhkan mental wirausaha yang sesungguhnya.

ORTU jelas tak terima. Ayahku ingin aku mengikuti jejaknya ke Ibu Kota. Namaku sudah ditawarkan ke orang-orang yang dikenalnya. Aku tinggal masuk saja, begitulah pentingnya koneksi. Tapi aku tetap bertahan dan sebagai kamuplase akhirnya aku bekerja disebuah perusahaan leasing. Di sana karirku cepat menanjak, dari sebagai marketing lalu menjadi koordinator marketing dan akhirnya diprmosikan masuk ke jajaran HRD Deft. Tapi lagi-lagi aku berbuat ulah, aku keluar bersama teman-teman yang mendaulatku tuk mengomandani bisnis sejenis. Dan jadilah aku sebagai komandan Muda Kreasi Mandiri (MKM) yang salah satu divisinya adalah MKM Computer.

Restu ORTU teramat penting. Meski aku bisa membiayai hidupku tapi aku merasa hasilku belum sempurna. Ayah nyaris gak mengakui aku anaknya. Akhirnya sebagai pengobat sakit hati mereka aku merangkap juga selain di MKM aku bekerja di perusahaan konsultan. Tapi jiwaku memang tidak di sana, dan aku memutuskan untuk keluar lagi dari sana. Dan fokus pada wirausaha yang sedang aku dan teman-teman kembangkan.

Tapi lama-lama aku tak kuasa juga melawan ORTU. Akhirnya MKM aku tinggalkan dan ku pergi ke Ibu Kota. Tapi aku menolak bekerja di perusahaan yang ayah tunjukkan. Dan aku pamit lalu memutuskan pergi ke Cikarang. Pendapatanku di sana lumayan, selain bekerja, aku juga membantu saudaraku tuk ngembangin usaha jualan baksonya (alhamdulillah dah memiliki banyak cabang) terus aku dan temanku juga punya semacam CV yang beberapa kali mendapat tender dari PT. Jababeka untuk urusan publikasi dan promosinya.

Lagi-lagi aku berbuat ulah ketika seseorang memintaku untuk dibuatkan sebuah usaha jasa di bidang pendidikan di Bogor. Dan aku memutuskan tuk menerima tawaran yang menantang itu. Kini sudah 2,5 tahun aku menjadi kuli di tempat yang aku rintis sendiri, dengan total usaha pengunduran diri tercatat sudah 5 kali. Ku pikir sudah terlalu lama, dan aku sudah harus memulai kembali merajut mimpi. Dan lahirnya “Mie Janda” tepat di ULTAHku yang ke 27 tahun maret kemaren (sudah tua juga ya). Dan merintis usaha ini bukan tanpa masalah. Karena memang wirausaha itu gak semudah yang kita bayangkan. Jika mudah, mungkin setiap orang sudah melakukannya. Karena toh dari perniagaan ini 90% pintu rejeki terbuka.

Wirausaha memiliki resiko tinggi. Jadi jika belum siap jangan coba-coba bermain-main dengannya. Kalo aku memang memaksakan diri. Abis dah terlanjur cita-cita sih. Mohon doanya aja! πŸ™‚

Responses

  1. dimana ada kemauan pasti ada jalan kang, selalu dido’akan semoga sukse. btw, kok traktiran milad akang belom sampe LA ya?

    *ngarep traktiran mie janda…..*

    Wah miladnya dah sebulan setengah yang lalu. Dah kadaluarsa. Makasih ya atas doa dan dukungannya. πŸ™‚

  2. memang, wirausaha butuh modal banyak, g cuma uang, tapi juga tenaga.

    keberanian adalah modal awalnya. Tapi keberanian yang terukur bro πŸ™‚

  3. Berani mencoba belum cukup kalo tanpa ilmu, bakal banyak ruginya tu…bener g?
    kan banyak yang coba2 tapi g tau ilmunya….

    Bener Bos.
    Keberanian yang terukur kuncinya
    Terukur dalam mental, ilmu, skill, financial, dll. πŸ™‚

  4. ck.. ck.. ck.. 5X punya paklaring dong..
    –Kini sudah 2,5 tahun aku menjadi kuli di tempat yang aku rintis sendiri–
    Selamat.. A’ Achoey jadi pengusaha.
    saya BARU 13 thn jd Joni πŸ˜€ but Alhamdulillah.

    –Karena memang wirausaha itu gak semudah yang kita bayangkan. Jika mudah, mungkin setiap orang sudah melakukannya.–
    Maju terus pantang mundur, smbil berdo’a.
    Jadi pengin ikutan neh..

    *ngetung duit, belum cukup…*

    DUIT (Doa, Usaha, Iktiar, Tawakal)
    Saling doakan aja Bos. πŸ™‚

  5. Semangattttttttttttttttttttttttttttttttt, aku juga mau usaha tapi usaha apa ya secara gak ada modal he..he..he..

    BODOL (Berani, Optimis, Duit Orang Lain) πŸ˜€

  6. semangat terus bro.

    saling mendoakan kita.

    insyaAllah saya seperti rekan anda. mengumpulkan dana sambil merintis bisnis πŸ™‚

    semangat terus!

    arif rahman
    http://arifrahmanlubis.wordpress.com/

    Yup, kita saling mendoakan. Semangat! πŸ™‚

  7. kayanya 27 tahun sudah banyak pengharapan niy πŸ˜›

    Yup, kan dah dewasa. πŸ™‚

  8. *tetep berkeinginan mencicipi mie jande* πŸ˜›

    dikirim via email mau? πŸ˜€

  9. soklah mugia diparinan jalan nu lancar ku gusti.

    hatur nuhun gelis πŸ™‚

  10. wondering kenapa namanya Mie Janda???

    btw, usaha nya hebat sekali. sukses!

    Yang Punya ada JAwa ada suNDA
    Trus sekarang masih JAjanan teNDA
    πŸ˜€

  11. Saya doa’kan semoga sukses ya mie jandanya..
    Ntar saya mampir dah..:-)

    Makasih. Semangat! πŸ™‚

  12. ada triknya g kang ?? πŸ˜‰

    Triknya. Optimis aja bro! πŸ™‚

  13. wah.. salut banget sama kang achoey.. berani menjadi wirausaha.. kayaknya harus banyak belajar neh dari kang achoey..

    Kaka yang harus belajar darimu. Bagaimana caranya nyelesaian 2 gelar kesarjanaan dalam tempo secepat itu. Salut. πŸ™‚

  14. weiz.. emanglah karir kkQ ini,,, mantabh!!

    tapi, mana mie janda-nya? di email ditungguin, katanya di SMS..
    di SMS ditungguin, g muncul2 juga mie jandanya 😦
    * πŸ˜† *

    sukses ya, akh!! setuju bgt ma akh achoey, berwirausaha!!
    presty pernah denger satu kata bijak (ciehh.. ehem!! he he πŸ˜› )
    klo mau jadi orang kerdil, pikirkan diri sendiri
    kalo mau jadi orang biasa, pikirkan diri sendiri dan orang lain..
    klo mau jadi orang luar biasa, pikirkan BANYAK orang!!
    πŸ™‚

    Manusia diniai dari seberapa banyak dia bermanfaat untuk lebih banyak manusia lainnya.
    Email & SMS gak nyampe. Duh apa pake paket pengiriman kilat aja ya? πŸ˜€

  15. eh, ada lagi, satu nasihat bijak… πŸ™‚

    Allah menyukai orang miskin yang penyabar..
    Allah juga menyukai orang kaya yang dermawan..
    dan percaya ato ngga, jadi orang kaya dermawan itu lebih mudah daripada jadi orang miskin penyabar…
    πŸ™‚
    jadi, kita harus kaya, dong…
    insya Allah, dengan niat untuk mensejahterakan banyak ummat!! he he πŸ˜†
    setuju g, akh?
    πŸ˜‰

    Ah yang bener. Jadi orang miskin sih kaka dah biasa. Kalo jadi orang kaya gimana ya? πŸ™‚

  16. g semudah itu, bro

    emang g gampang.. sesuatu yang menghasilkan banyak kebaikan, kadang terlihat gampang, tapi emang g gampang…
    πŸ™‚

    tapi kan, insya Allah manfaatnya….
    πŸ˜‰

    Ya bu. πŸ˜€

  17. Wah, bro… selamt menempuh perjuangannya, moga sukses…
    sayah mah masih seneng jadi kuli euy, kumaha nya

    Gpp. Yang penting profesional. Berkinerja dengan baik. Karena kebaikan prestasi kerja kita toh untuk kita sendiri. Kalo dah merasa mantap, baru coba usaha sendiri. Karena jika kerja di orang lain aja ga bagus, apalagi kerja untuk perusahaan sendiri. Begitu yang saya dapet dari Andri Wongso (kalo gak salah) πŸ™‚

  18. WAH TERNYATA PERJALAN KARIR AKANG NEH
    SANGAT PATUT DIJADIKAN PELAJARAN YA…
    KALO SAYA UDAH PUNYA NIAT DARI AWAL KULIAH TUK BERWIRAUSAHA, MULAI DR BIKIN WARNET AMPE FOTOCOPIAN, TAPI LUM KELASANA JUGA…JD USAHANYA MUSIMAN,APA YANG BISA DIKERKAN DAN MENGHASILKAN UANG YA DIKERJAKAM….
    (YANG HALAL TENTUNYA)
    CERITA AKANG INI MAKIN MEBAKAR SEMANGAT AJA…
    MAKASIAH YA KANG…

    Watu kuliah dulu kaka juga gitu. Bahkan untuk ngelancarin penjualan kaos komunitas, maka kaka bergabung dengan beberapa komunitas. Trus kaosnya bikin ke kaka deh. πŸ™‚
    Kaka juga menjadi pengurus KOPMA, alhasil produk kaka bisa lancar masuk ke sana. Dulu kaka punya brand “Ar Risalah Art”. πŸ™‚ Semangat!

  19. yang penting motivasinya kang..
    dan lagi walau sudah lima kali, itu semua prosesnya kang!!proses menuju kesuksesan. Yang paling penting adalah prosesnya kan kang..
    So semangat terus ya kang!!Jangan pernah berpikir tuk putus asa!! πŸ™‚

    Betul harus optimis.
    Jika semangat kita dirasa menurun cara terbaik untuk memupuknya kembali adalah dengan menyemangati orang lain. Begitulah kata Mario Teguh. πŸ™‚

  20. […] 2. Kang Achoey […]

  21. 27thn udh buanyak banget tuh pengalamannya..
    ckckck..
    aku aja skrg (udh masuk kepala 3) baru mo memulai bisnis, itu pun masih cari safety, jd sambil kerja sambil berbisnis..
    yah, maklum, mungkin krn faktor udh punya tanggungjawab istri+anak, jd ya berpuluh2 kali utk bener2 fokus ke bisnis..
    yah mumpung masih muda.. semangat terus aja kang Achoey, mudah2n lancar..

    Jangan sekali-kali kita berpikir kerjaan sampingan. Jika kita masih kerja, anggap itu karir pertama. Jika kita mulai wirausaha, aggap itu karir kedua. Semuanya harus dijalani sepenuh hati. Toh nanti kita kan memutuskan, bahwa keluarga adalah segalanya. Jadi kita kan berpikir tuk tak terikat waktu lagi kan? πŸ™‚

  22. SALUT …. ini namanya perjuangan dan do’a yah πŸ™‚

    Ah biasa aja dik. πŸ™‚

  23. RAsulullah juga kaya dari wirausaha,,,seharusnya lebih banyak mahasiswa yang begini,,,jadi gak tergantung perusahaan mulu…
    saya juga seperti mas achoey,,gak betah kerja sama orang,,,coba gabung di greenleaf entrepreneur school, sekolah calon pengusaha muslim,,,di sana banyak orang yang sudah puny usaha mau cari pelanggan atau mengembangkan usahanya,,ada juga yang lagi mau cari peluang usaha,,,rata2 mereka kerja di perusahaan bonafit dan bergaji tinggi, tapi ingin keluar memulai usaha sendiri
    ada seorang teman waktu itu manager indosat, keluar kerja dan memutuskan buka usaha warung sate (sekarang dah sukses), ada juga ibu-ibu yang udah lama kerja di pertamina, mau keluar buak usaha pupuk di pedesaan bandung sana,,,
    pokoknya asik banget deh komunitasnya
    coba gabubg aja mas achoey,, biar tambah semangat
    kali aja ketemu jodoh di sana,,hehe

    da info lebih jauh mengenai greenleaf entrepreneur school?

  24. saya ikutan tahun 2006 lalu
    saya angkatan ke 24
    salam sukses

    Jadi makin penasaran. πŸ™‚

  25. Tul… emang wirausaha ga semudah yang dibayangkan
    Dan mungkin tak hanya wirausaha aja.
    Termasuk sabar….Tak semudah mengatakan “aku sabar”

    Betul ukhti πŸ™‚

  26. Assalamu’alaikum
    Ana doakan usaha yang antum lakoni sentiasa dalam keberkahan…; yang dengannya, tertegaklah punggung-pungung untuk bertakbir mangagungkan-Nya, terbangunlah wirausahawan muslim sejati, tersumbanglah perekonomian sebuah negeri. Amin. SEMANGAT YA, AKHI
    Wassalamu’alaikum

    Waalaikumussalam
    Syukron akhi atas doa dan motivasinya. πŸ™‚
    Semangat!!!!!

  27. Semakin besar suksess yang akan diraih.., semakin keras dan banyak pengorbanan yang dilakukan.
    Gak tahu ya… kalau menurut pengalaman saya (ih… maaf ya… selalu sok tahu…) saya juga udah pernah… jungkir-balik kerja macam-macam…
    Untuk soal makanan… yang penting rasa, kedua posisi (dekat sekolahan sma atau universitas biasanya OK) ketiga “penampilan”. Harus ada ciri khas dari warung biar… orang “ngelirik” dan mau mampir…
    Harga si… relatif. Oya satu lagi pelayanan…, ibu-ibu konsumen suka teliti dengan kebersihan dan kerapian…

    Semoga… suksess. Gak ada yang sia-sia didunia ini… tidak sekarang, suatu saat nanti ilmu yang didapat pasti berguna.

    Keep moving… Semangat ya…

    Syukron Bunda atas tips2 nya πŸ™‚

  28. didoakan semoga semua berjalan lebih baik lagi..
    selalu ada jalan terbaik untuk setiap usaha..
    semangat..!!

    Amin. Semangat !! πŸ™‚

  29. Abis dah terlanjur cita-cita sih.

    Menurut saya .. kata-kata tersebut adalah kunci sukses. Dan jarang sekali hal ini dimiliki oleh orang lain. Coba tanya beberapa teman : “Apa cita-citamu?” .. walaupun mereka menjawab segala macam profesi, tapi dari nada suara dan raut wajah tergambar ketidakpastian.

    Beda banget dengan orang yg sejak awal sudah bertekad untuk mewujudkan cita-citanya. Orang2 seperti ini selalu fokus, walaupun banyak tawaran dan godaan datang yang lebih baik, selalu ditampiknya.

    Semangat cita-cita lah yang membuat orang sukses. Soal modal, soal pasar, soal lokasi .. jaman sekarang begitu banyak alternatif-nya jika kita memiliki informasi yang banyak.

    Modal .. tidak harus berasal dari diri kita. Banyak buku yang mengulas hal ini. Bagaimana mendapatkan modal.

    Pasar .. jangan masuk pada pasar yang ada. Ciptakan pasar. Lihat orang2 sukses, selalu masuk celah pasar yang belum ada mulai dari Teh Sosro, Aqua — kisah2 sukses lama — J.Co, Pisang Ponti, Kurir Credit Card – kisah2 sukses jaman kini.

    Lokasi .. jaman sekarang tidak harus berupa tempat dibumi, tapi di dunia maya juga bisa. Via telp juga ok — delivery service. Numpang jual — style lama — dan sebagainya.

    Salut .. dengan generasi2 muda yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Berani berjuang. Gpp. Walau sudah 5 kali ganti kerja, itu tandanya masih ada semangat.

    Keep rock bro.

    Semangat semangat semangat πŸ™‚

  30. mungkin barangkali sama dengan saya , yang lagi berjuang ngeblog di kota kecil dengan fasilitas warnet seadanya
    doakan saya ya kang , juga doa para blogger lainnya
    Alhamdulillah sudah bisa posting tulisan baru lagi sekarang

    Du yang kecanduan posting nih. Awas ah jangan terlalu nyandu πŸ˜€

  31. Yup, semua tergantung seberapa besar usaha n kemauan kita kang πŸ™‚

    Yup yup yup πŸ™‚

  32. Namanya berdiri pake kaki sendiri bro, pasti lebih sulit dan berat ketimbang digendong ato numpang mobil orang. Intinya sih segala usaha yang dilakukan sekarng diiringi doa i. A. hasilnya akan disemai dikemudian hari, bisa jadi anak2 kita atau cucu2 kita yang merasakan. Liat aja bro, H. Bakrie dan H. Kalla, anak2nya khan yang nikmatin.

    Semangaaaaat !!!!! πŸ™‚

  33. salut

    kasih saran dong, karena aku niat memulai usaha sendiri. Dan sering kali maju mundur (mentalnya belum siap yak)

    tolong sarannya ya teman

    suwun

    Ah sahabat. Kita saling berbagi aja! πŸ™‚

  34. kog, makin primitip? πŸ˜†
    email g nyampe…
    SMS g nyampe..
    besok paket kilat g nyampe..
    jadi paket pke prangko???
    ge ge ge
    lama2 akh achoey yang dateng nganterin sendiri, jalan kaki, minta bayaran barteran πŸ˜†

    Pengen nyicipin mie-nya atau ketemu tukang mie-nya? πŸ˜€

  35. salam kenal kang…

    Salam kenal juga bro πŸ™‚

  36. wah mantab kang, saya juga pingin ‘mandiri’ ngga nguli ke orang lain..
    Doain saja saya bisa (malu kalo kalah sama sampeyan πŸ˜€ )

    Yuk kita saling doain! πŸ™‚

  37. ya nanati aku doakan…semoga semua lancar dan suksess yach..

    Amin πŸ™‚

  38. kalo udah sukses, buka cabang donk πŸ˜€

    Yup. Mohon doanya aja! πŸ™‚

  39. ” aku selalu mendoakanmu,kang..”

    Makasih ya. Kau memang sahabat yang baik. πŸ™‚

  40. Jalani saja kang. Insya Allah sukses. Allah mencinta hambanya yg bekerja keras.

    Yup Bos! πŸ™‚

  41. waaaaahhh…maaauu dunk bisa wiraswasta..itu jg cita2ku dari dulu..cuma kejebak jadi org gajian krn terpaku ma rumus : “nyari modal dulu baru buka usaha” hiksszz.. 😦

    Adik, jangan memvonis diri. Kaka yakin jika memang dah cita2, pasti adik kan berusaha keras mewujudkannya. Bersemangatlah! πŸ™‚

  42. Segala usaha yang halal apapun itu insya allah akan baik akhirnya…ditekuni aja ya…Do’a saya semoga berhasil, jangan pernah menyerah ya.
    Blog ini saya link di 2 blog saya ya….silahkan kunjungi blig saya yang lain.
    Salam,
    Listiana Advokat.

    Yup, makasih. Dengan senang hati kan kukunjungi. πŸ™‚

  43. Saluuuuuttt deh… sy juga punya rencana buka usaha nih… postingan di atas sangat berarti untu memberikan gambaran bisnis yang dirintis sendiri. moga sukses yaa…

    Yup, kita saling doakan aja. Semangat! πŸ™‚

  44. ikut pelatihan wira usaha yuuk…………

    Dimana dik? πŸ™‚


Tinggalkan Balasan

Kategori

