Oleh: achoey sang khilaf | April 22, 2008

Cintai Bumi Kita

Sore ini, rintik-rintik hujan itu kembali menghujam bumi. Membuat corak norak menghijab kegersangan pandang. Dan aku kembali teringat di masa silam. Saat tubuh mungil ini terbiasa mengintip hujan dari balik jendela. Dengan imajinasi diri sedang menari menghentak genangan kesejukan. Air di atas rerumputan yang hijau, indah dn meyegarkan pandang.

Aku memang terlahir di sebuah desa nan asri. Dimana keindahan alam adalah hal yang membuat aku terlena. Bahkan saat aku harus mengikuti jejak kedua orang tuaku yang melabuhkan penghidupannya di Ibu Kota. Aku sebenarnya amatlah enggan berada pada setumpuk kemunafikan Jakarta. Aku lebih memilih berada di pangkuan nenek dan kakekku. Yang di masa tuanya masih tersirat ketegaran yang segar. Karena mereka menghargai alam yang memeluknya dengan beragam kemaslahatan.

Kini aku terdampar dalam hingar bingar. Dan alasannya sama dengan alasan ayah tercinta. Mencari sesuap nasi diantara berjuta manusia. Mengadu nasib dalam rengkuhan keindahan fatamorgana.

Aku termenung saat menghirup udara ini. Kenapa tak sesegar saat ku dikampungku. Aku termenung saat membasuh wajah dan tubuh lusuh ini, kenapa airnya tak sesegar saat ku dikampungku. Aku termenung saat berjalan sendirian, kenapa tak kujumpai rindang pepohonan yang meneduhkan. Aku termenung saat mencium sekitarku, kenapa polusi begitu merajalela mengusir sejatinya udara. Aku termenung dan aku berpikir tak cukup dengan merenung.

Jika aku tak mampu membersihkan pandanganku dari tumpukan sampah.
Setidaknya aku tak harus mengotorinya dengan membuang sampah dengan sembarang.
Dan sepantasnya aku lebih mampu, melakukan sesuatu yang lebih berarti untuk alam ini.
Lalu kenapa aku cuma bisa berdiam diri? Terlalu.
Iklan

Responses

  1. ahh…
    jarang2 jadi nomer wahid disinih :mrgreen:

    Hore2 Bunda berhasil D

  2. *abis pertamax, baru baca postingannya* πŸ˜›
    Kang, pulanglah dulu.. minggu dpn ada libur, semoga bisa mengobati kepenatanmu…
    atau sesekali, bermainlah ke tempat2 yang bisa menyenangkan hati dan jauh dari polusi…
    Btw, the jungle itu di kaki gunung salak lho, airnya seger dan udaranya juga seger banget πŸ˜†
    *promosi, tadi abis kesana lagi* πŸ˜†

    Bunda, jadi pengen tahu Jungle itu seindah apa. Ajak saya donk ke sana! )

  3. huuuhhh..
    klo g hangga, ya bun2
    😦

    Langganan tuh. πŸ˜€

  4. nah itu dia, mari cintai bumi kita dengan ikuti 3M-nya Aa Gym
    Mulai dari diri sendiri
    Mulai saat ini juga
    satu lagi mulai dari apa, ya? πŸ˜† (lupa… πŸ˜› )

    Hidup Aa Gym πŸ˜€

  5. cukup sudah berita yangku baca pada pagi ini.
    begitu banyak bencana dibumi usang ini.
    apa wajah tuan bumi sudah menampakan ketua’anya?
    atau tuan bumi sudah capai untuk berputar pada porosnya?
    atau kami para perakus selalu mengerogoti tuan bumi……

    Emang puitis banget sobatku ini. πŸ™‚

  6. pertamaxxxxxxxx lagi
    *gak ngeliat ada komen di atas*

    Dasar Hangga πŸ˜€

  7. kerusakan di bumi ini akibat ulah tangan manusia..
    semoga kita tidak termasuk manusia yg seperti itu, amienn

    Yah, manusia rakuslah yang merusaknya πŸ™‚

  8. janganlah melakukan kerusakan di muka bumi

    Setuju! πŸ™‚

  9. cintai bumi!

    Yuk mari! πŸ™‚

  10. mencintai bumi? susah mas.. habis kegedean..gemana coba meluknya?? hehehe…. kaburrrrr dehhhhh

    Peluk guling aja! πŸ™‚

  11. Ehhh…masih ada lagi tho……
    sekalian aja deh..
    hari bumi ya…
    Insyallah hari minggu besok Ane n kawan2 aktivis kampus mau tanam 1000 pohon di perbatasan barat yogyakarta…
    semoga hal kecil ini dapat memberikan manfaan di masa depan…

    Kaka salut atas semangat kalian. Yup, mumpung masih maasiswa. πŸ™‚

  12. kampungku pasti tidak kalas asri
    di tepi danau toba yang biru

    Jadi pengen ke sana πŸ™‚

  13. kalau ada yg pesen mie janda, jgn dibungkus pake
    plastik kresek, krn ktnya kresek gk bisa hancur..

    *pis pis pis*

    Duh jadi malu πŸ™‚

  14. jungle itu hutan a’ achoey..
    lihat sendiri ke kamus klo g percaya 😎

    tempatnya asri banget
    *biar dikira dah pernah kesono*

    Kalo bisa kita sekalian kopdar ke sana, pasti seru πŸ™‚

  15. yuhuuuuuuuuuuu pertamaxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx !!!!!!!!!

    Ehm 😦

  16. asa bun2 jeyek, ada presty joyok, ada mas hangga, ada mas paundra, jadi yaaaa harus ada aku duonkzzzzz !!!

    huuuuhuhuhu mereka jahat, maen ketempat mas achoey ga ajak2 diriku 😦 huaaaa

    Yup mereka jahat πŸ™‚

  17. upz lupa lom komen

    Ehm 😦

  18. kl bukan kita yg mencintai bumi , siapa lagi mas ??? yupz bnr bgt jangan buang sampah sembarangan. termasuk diblog juga ga yah ???

    *mungutin sampah*

    Iya nih nyampah 😦

  19. *ngelirik komen bun2 dan presty*
    >> nyengir <<

    *balik kanan trs pulang*

    TTDJ ya! πŸ˜€

  20. Semangat untuk mencintai bumi kita!!!

    Semangaaaaaat !!!!!! πŸ™‚

  21. *ngelirik comment2 g mutu pepi*
    πŸ‘Ώ

    minta diobrak-abrik ni anak
    πŸ˜†

    Tuh kan marah πŸ™‚

  22. Assalamu’alaikum
    (telah) terjadi kerusakan di lautan di muka bumi, karena ulah manusia. Ana mau nanya khi, 1. kenapa kerusakan di lautan di dahulukan Allah dibandingkan di bumi? Walaupun kita tahu, bahwa lautan itu ada di bumi. 2. Apakah keseimbangan di laut, pada akhirnya yang akan lebih dahulu mempengaruhi kehidupan manusia? baru kemudian terganggunya keseimbangan di bumi? 3. Bagaimana sebenarnya posisi, keseimbangan di bumi itu (bukankah di dalamnya juga terdapat unsur udara atau angin dan juga api atau panas bumi? Sekian dulu khi…Syukron
    Wassalamu’alaikum

    Deh UN ga ikut eh dapet soal susah gini. Aku ketauan tulalit deh πŸ˜€

  23. Salam kenal kawan πŸ™‚
    Setuju sekali, kita harus mencintai bumi kita!
    wah hidup di jakarta rasanya sumpek ya bang?

    Aku termenung saat menghirup udara ini. Kenapa tak sesegar saat ku dikampungku

    wah kampung jaman sekarang udaranya juga banyak yang sudah tidak segar bang 😦

    Salam kenal juga
    Kampungku masih asri Bos πŸ™‚

  24. Dulu bandung sempat di juluki kota sampah, alhamdulillah skr udah gak lagi, mungkin skr udah pada sadar kali yah, walau abru sedikit

    Bandung tea atuh. Kota Mojang eh Kota Kembang πŸ™‚

  25. semoga kita menjadi khalifah yang amanah dibumi Allah.

    sip bro. komitmen dalam membuang sampah adalah langkah awal yang nyata πŸ™‚

    Mohon doanya πŸ™‚

  26. setelah lama tidak melihat suasana kampung, maka ketika melihatnya kembali keindahan yang lebih indah akan terasa, karna ini pemandangan yang tidak biasa.
    maksudnya apa ya…:D

    Pokonamah, kampungku indah, berjuta kenangan masa kecil di sana. Rumah yang indah, tempat berjuta kasih sayang bersemayam. Indah πŸ™‚

  27. Senangnya yang masih punya kenangan kampung…
    Saya ga punya.Bahkan ayam jago tetangga ga pernah bunyi kukuruyuk kalo pagi hari. mungkin ayam di kota metropolitan ini udah lupa kodratnya untuk berbunyi kukuruyuk dipagi hari πŸ™‚ πŸ™‚

    Miara ayam aja atuh! πŸ™‚

  28. betul banget kang , kalo bukan kita siapa lagi ?
    makanya saya lagi banyak posting tentang keindahan alam
    coba liat nich postingan yang terbaru
    monggo mampir kang

    Yuk mari πŸ™‚

  29. semoga bumi oni tetap terjaga dengan segala Keasriannya..
    akoe juga paling suka pohon rindang dan sejuk
    paling suka denger swara gemericik aer…
    paling suka hujan2nan
    n paling suka jalan2 di alam terbuka

    oia besok kita mo outbond niy ke Cianjur…
    doakan ya… biar lancar2 ajah…:)

    Amin. Ikut donk! πŸ™‚

  30. numpang koment sajalah

    hari ini terlalu banyak postingan serius yang menantang bagi otak lemotku.

    eh mo nanya kang?
    kalo dirumah, sampahnya dipisah ga? yang sampah kering and sampah basah πŸ˜‰

    Jarang nyampah sih. Soalnya jarang di rumah. Lagian sendirian. πŸ™‚

  31. itulah kondisi bumi kita saat ini, mas achoey. kita seringkali melakukan kekeliruan2 sehingga membuat bumi semakin tdk ramah. terjadinya polusi dan pencemaran makin memperparah kondisi bumi kita yang makin terancam oleh pemanasan global. semoga ke depan bumi kita tdk makin diperparah oleh ulah tangan2 usil yang memburu demi memenuhi kepentingan pribadi dan kelompokny.

    Wah, Bapak emang mantap πŸ™‚

  32. save the earth..!!!
    tp susah euy melaksanakannya…
    klo semua manusia gotong royong saling mengingatkan macem kang achoey ini..
    ada sedikit harapan niat itu terwujudkan amiiin πŸ˜‰

    Yup jujur susah. Tapi, harapan itu masih ada πŸ™‚

  33. Kopdar di The Jungle ???
    Ayoooooooooo….
    *gratis khan ???*
    *nanti aku bawa yg konsumsi deh..*
    *air putih cukup kan ? kan makannya mah pake mie jande…* :mrgreen:

    @ Presty
    Enaknya Pepi diapain ?

    Kalo air putih mah di sungai juga banyak Bunda
    Yuk! πŸ™‚

  34. ikutan donk kopdar ke Jungle, kayaknya enak bgt, silaturahmi sambil tadabur alam,,
    saya masih sering datang ke desa-desa yang masih asri,,,dengan budaya yang masih original,,,masih banyak tempat yang belum tersentuh oleh peradaban islam,,,,berkunjunglah ke pelosok sana sambil menyebarkan ilmu,,,
    InsyaAllah bisa mencerahkan pikiran yang sumpek

    Wah ini bener2 jadi harus serius. Bunda sebagai penyandang dana Konsumsi. Yella sebagai Penyandang Dana Tiket Masuk. Hangga penyandang dana Keamanan. Tri sebagai penyandang Dana Transfortasi. Presty sebagai Penyandang dana door prize. Aku anggota luar biasa πŸ˜€

  35. yuhuuuu….
    ikutan kopdar, duonk…
    *lupa diri menginjak daratan sebelah manah*
    *gara2 ngiler, katanya ntar mo ditraktir mie janda pas kopdar πŸ˜› *

    eh, presty mau k bogor loh!!
    *maunya πŸ˜† *

    beneran!! g percaya??
    g percaya amat, sih?
    makanya jangan percaya sama amat!
    *halah, diriku ini berdebat sama siapa, toh? he he πŸ˜€ *

    @bun :
    ayo bun, kita rencanakan strategi yang matang!!! πŸ‘Ώ

    @hangga :
    g nyadar ya, g lagi jadi pahlawan bertopen juara satu?
    πŸ˜†

    Tunjukkin tiket pesawatnya jika bener mo ke Bogor! πŸ™‚

  36. hmmm..
    selamatkan bumi kita..!!
    kampanye positif untuk menjaga keabadian planet ini..!!!

    Yuk!!!! Planet yang indah membuat kita betah. πŸ™‚

  37. @ Presty
    Duniaaaaa Khayallll πŸ˜›

    Hangga lagi merencanakan Kopdar, tapi ga mateng2 πŸ˜†

    Dik, makanya kita dukung Hangga. Tanpa kita, dia ga bisa berbuat apa2 >:

  38. g percaya, ya??
    😦

    ntar klo beneran sampe bogor traktir mie janda sepuasnya, ya!!!
    πŸ˜†

    @bun2 :
    hangga g dapet pertamax, sih.. jadi masaknya masih pke minyak tanah, makanya g mateng2 πŸ˜†

    Mie Janda. Its OK.

  39. Presty sebagai Penyandang dana door prize

    akhi g percaya diriku bakal k bogor aja, dah dimasukin jadi penyandang dana kegiatan door prize…
    *ge ge ge πŸ˜† *

    Kan bisa ditansfer πŸ˜€

  40. ge ge ge πŸ˜†
    sebarkanlah gossip kedatanganku k bogor..
    rencanakan penyambutan dengan matang ya, akh…
    πŸ˜€

    insya Allah pengen bgt k bogor, ngrusuhin bunda πŸ˜›
    mungkin tengah mei
    πŸ™‚

    Baliho penyambutan dah di pasang. Poster dah bertebaran πŸ˜€

  41. @ Presty
    Kutunggu kebenaran akan GOSSIP inih…

    santai aja dek, selama di Bgr, kau jadi tanggunganku
    tapi ga termasuk berat badan lho yaaaaa… πŸ˜†

    Ya abis berat bgt ya? πŸ˜€

  42. ntar tiap ari kita makan siang ditraktir achoey kok πŸ™‚

    Yup, asal sebelumnya transfer dulu ya kemari! πŸ˜€

  43. pada mo kopdar ya ??? lha aku gmn ??? 😦

    dr dulu dianiaya bunda sm presty tyuz 😦

    Mas juga termasuk dalam undangan mereka. Baca di blog Hangga! πŸ™‚

  44. Saran saya adalah…. selamatkanlah bumi kita dengan tindakan2 nyata, sekecil apapun tindakan kita dalam menyelamatkan bumi akan sangat berarti. Mari kita bertanya pada diri kita sendiri dengan jujur, apakah yang telah saya perbuat untuk menyelamatkan bumi ini??

    Nh itu dia. Saya jadi malu πŸ™‚

  45. Ketika di kampung sudah tak segar lagi udara-nya, berarti ada yang salah telah terjadi di muka bumi ini.

    Yang alah adalah kita, terlebih mereka yang dengan senang membuat kerusakan demi keuntungan. πŸ™‚

  46. bumi semakin tua kang. emang harus dirawat dan dipelihara.

    Yup Bos πŸ™‚


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: