Oleh: achoey sang khilaf | Mei 13, 2008

Cinta Sejati ?

Hampir menjadi rutinitasku setiap pulang kerja aku bertandang ke tempat di mana JANDA berada. Ada kenyamanan ketika aku bisa berada di sana. Bahkan aku lebih merasa di sanalah duniaku yang sebenarnya. Sedang asyik-asyiknya menikmati setiap lekuk JANDA tiba-tiba temanku datang menghampiri. Lantas tanpa basi-basi yang terlalu panjang dia bertanya padaku tentang apa sih cinta sejati.

Ehm, aku jadi teringat waktu aku memodivikasi gerobak merah ORTUku dulu.Di kaca belakang gerobak (mobil) itu aku tuliskan “Mother is True Love”. Dan meski gerobak merah itu kini telah tiada karena terbakar, tulisan itu tetap membekas di hatiku, selamanya.

Aku tanya pada dia, tentang arti cinta sejati dalam konteks apa yang dia inginkan. Ternyata dia minta cinta sejati dalam konteks cinta antara lawan jenis/ anak muda. Lalu aku tanyakan kembali siapa sosok gadis yang telah membuatnya setegang ini. Dan dia pun menjawab bahwa gadis ini adalah teman sepengajiannya. Dan dia adalah gadis berjilbab yang sebenarnya sudah dua tahun ini dikenalnya, dan seterusnya dia jelaskan panjang lebar.

Sebenarnya aku ingin menyuruh dia membaca postingan ini. Dan semoga dia memiliki kesempatan membacanya. Aku katakan padanya bahwa adalah sebuah fitrah ketika seorang lelaki memiliki ketertarikan terhadap wanita dan begitu sebaliknya. Bahkan ketika kita memutuskan untuk menikahi seseorang pun kitaΒ selayaknya harus memiliki kecenderung hati kepadanya. Dan kecendrungan hati ini sulit sekali diduga kapan dan pada siapa jatuhnya. Makanya ketika kita telah merasa memiliki kecendrungan hati lalu kita meminta petunjuk Allah, dan ketika hati kita telah terteguhkan maka timbul keinginan tuk melegalkan jalinan cinta dengan cara menikah dan pernikahan tersebut dilakukan untuk mensinergikan potensi demi meneguhkan penghambaan kepada Sang Pemilik Cinta Hakiki, saling memuliakan satu sama lainnya dan menapaki jalan ketabahan meski penuh onak duri, maka itulah cinta sejati.

“Jadi aku harus segea menikahinya”. Tanya temanku yang terlihat dimabuk kepayang itu.

“Ya akhi, ini adalah kesempatan kebaikan. Maka kau tak perlu lagi ragu dan bimbang. Jika aku memiliki kecendrungan hati pun pada sorang akhwat, aku kan segera melakukan proses taaruf dan jika kita memang sefaham maka aku kan segera menikahinya.”

Dan kulihat dia pun dalam kondisi bimbang. Padahal hampir setiap senin dan kamis dia shaum, hampir setiap malam ke pengajian dan hampir setiap malam dia shalat istikharah. Jelas aku heran.

Iklan

Responses

  1. Dan kulihat dia pun dalam kondisi bimbang. Padahal hampir setiap senin dan kamis dia shaum, hampir setiap malam ke pengajian dan hampir setiap malam dia shalat istikharah. Jelas aku heran.

    jika sudah meminta petunjuk pada Allah tapi masih bimbang, mungkin itu juga merupakan suatu petunjuk yang Allah berikan bukan?

  2. kayanya sampai kapan juga yang namanya kebimbangan akan selalu ada… keyakinan juga sudah pada tempatnya, tinggal apakah terdengar dan terlihat atau malah terabaikan begitu saja…

    ah

    cinta sejati ya…

    *berpikir tentang kisah sendiri

  3. Berani menaruh hati pada seorang makhluk yg didamba, terlebih merebut hatinya….memberi konsekuensi yg besar terhadap langkah selanjutnya.
    Besar resiko, ketika berjalan dgn membawa hati yg sedang menahu. Dengan menggenapkan setengah dien-lah sebagai solusinya…

    Dan oya, setau sy..istikharah bukannya ditempuh tanpa membawa kecenderungan itu..?. Istikharah adalah wujud dari kepasrahan total dan bersih pada Ilahi atas tindakan berikut, sehingga ia jauh dari pendiktean serta hasutan syetan2.?

    Afwan

  4. sudah meminta petunjuk Allah tetapi masih ragu bisa jadi itu tanda sirik,,
    diriku baru dapat materi itu 3 minggu lalu

  5. cinta sejati itu emang kuat, dan punay prinsip nggak harus memiliki πŸ˜‰

  6. -:- β€œYa akhi, ini adalah kesempatan kebaikan. Maka kau tak perlu lagi ragu dan bimbang. Jika aku memiliki kecendrungan hati pun pada sorang akhwat, aku kan segera melakukan proses taaruf dan jika kita memang sefaham maka aku kan segera menikahinya.” -:-

    kapan kang achoey ky gt yah :mrgreen:

    Ehmmm, kapan ya 😦

  7. pembicaraan yang serius nih, tentang jodoh.
    yang ini memang sering memancing kebimbangan.

    hehe, betullll πŸ™‚

  8. Ndak Usah Heran Choey …
    Namanya Juga Heran …

    πŸ™‚

    Herma kali πŸ˜€

  9. maap ralat …
    Ndak Udah Heran Choey ..
    Namanya juga Bimbang …

    (Gitu maksude …)

    Ohhh

  10. mungkin bimbangnyah ituh masalah laen, bukan bimbang milih tuh cewek

    mungkin πŸ™‚

  11. INDAH DAN RINGAN, namun tidak ringan dampaknya.

    tulisan cinta sejati?

    Kalau tulisan SEJATI CINTA?
    KAPAN Diterbitkan?

    ILYAS AFSOH

    Dibolak ya πŸ˜€

  12. katanyah cinta sejati hanya milik ilahi robbi… πŸ˜›

    Iya πŸ™‚

  13. Kapan saya mendapatkannya? hanya tuhan yang tahu….

    Yup sobat πŸ™‚

  14. Cinta Sejati (?) Bimbang
    Cinta sejati # Bimbang
    Bimbang # Cinta sejati
    Kayaknya kebimbangan dulu yang harus dilewati supaya mendapatkan kecintaan yang sejati. Ah.. bingung juga…!! Hari ini, semua berbicara tentang cinta!!! ^_^

    Hidup cinta! πŸ™‚

  15. cinta sejati saya hanya kepada Allah SWT semata…tidak ingin kecewa akan cinta sejati pada sesuatu yang tak abadi.

    Yup sobat πŸ™‚

  16. cinta sejati ada / cuma dongeng semata..???

    Tanya pada hatimu! πŸ™‚

  17. cinta sejati? hanya sama ALLAH semata. Kalo masih bimbang dengan pilihan yang ada padahal sudah minta petunjuk-NYA? hati2…..jangan2 ada setan yang membujuk untuk bimbang.hehehe…..

    Sip πŸ™‚

  18. ikuti kata hati yang pertama

    Ehmmm πŸ™‚

  19. tiap orang kan memilii keyakinan yg berbeda beda, mungkin dia belumnemu moment yang tepat aja kang

    mungkin πŸ™‚

  20. Wah artikelnya menarik banget.
    Aku sudah pasang link anda, mohon anda link back yah.. Terima Kasih..

    Dah di link juga tuh πŸ™‚

  21. Aq suka bgt lagunya Ari Lasso yang cinta sejati,,,,,,,,

    Sama πŸ˜€

  22. Bwt azaxs, semoga apa yang sudah ada sekarang bisa menjadi cinta sejatimu (dunia akhirat..)

    Amin. Hidup Azaxs

  23. ehm…..(mikir mode on)
    ya sudah lah…jangan heran, jangan bingung..mungkin teman kang achoey lapar…ajak aja ikut menikmati lekuk liku si Janda…setelah kenyang…suruh mikir ulang…apa yang dia lihat pada akhwat yang buat dia mabuk kepayang..apa cuma terbiasa bersama, ato..memang sang akhwat dapat menjadi teman hidup yang m’bawa kebahagiaan dunia akhirat…

    Hehe, ga tau tuh anak πŸ˜€

  24. *garuk-garuk kepala*

    cinta..cintaa…

    aaaarghh

    Kenapa sobat πŸ™‚

  25. *teteup nunggu undangan walimahan si akang πŸ˜†

    Kapan ya? 😦

  26. Salam
    Cinta dalam arti suka terhadap lawan jenis adalah sesuatu yang fithrah yang akan dirasakan siapapun kapanpun dimanapun, jika sahabatmu bimbang mungkin bukan karena cinta yang dia rasakan tapi siapa tahu, mungkin masih gamang apakah harus secepat itu mengejawantahkannya dalam proses taaruf dan pernikahan, Tak ada salah dengan cinta tapi yang penting bagaimana menyikapinya sesuai dengan kondisi si empu yang merasakan cinta juga orang yang dicinta πŸ™‚

    Teteh emang hebat πŸ™‚

  27. Salam
    Cinta Sejati itu ada yaitu saat kita bisa mencintai seseorang karena Alloh *halah sok tahu* πŸ™‚

    Yup teteh πŸ™‚

  28. “Dan kecendrungan hati ini sulit sekali diduga kapan dan pada siapa jatuhnya. ”

    udah cenderung, yg dicenderungi ga maju2, huah,
    just not into u…:)

    dari dulu cinta deritanya tiada akhir

    Kok bisa ya ? πŸ™‚

  29. cinta sejati???
    yang antara lelaki-perempuan?
    hhmm…
    gatau juga πŸ˜›
    soale belom punya suami juga πŸ˜†
    insya Allah, cinta sejatiQ adalah jodoh yang kelak Allah pilihkan untukku..

    amiiiinnn…
    πŸ˜€

    makanya cepetan punya suami! πŸ˜€

  30. jadi cinta sejati itu apa, mas?

    Konteksnya apa dulu nih
    Kalo yg benar Cinta sejati adalah cinta Kepada Allah SWT.

  31. btw, 3 hari ndag onlen, dah banyak bgt presty ketinggalan…
    😦

    gmana klo pas mudik besok, ya?
    akhi produktif sekali menulis….

    Ah biasa aja πŸ™‚

  32. yakin dong kang!!!
    btw kira2 udah baca blm si doi???

    Doi apa sih ? πŸ™‚

  33. cinta sejati memang susah dicari, tapi kalo ketemu wah bahagia sampai mati…
    salam kenal mas, boleh tukeran link?

    Boleh, aku link juga sobat! πŸ™‚

  34. Wah apakah dunia sudah kiamat?…tobat….saya juga belum dapat jodoh….

    Tenang aja, kita sama πŸ™‚

  35. Kemarin saya diskusi dengan Imamku… tentang kasus yang “menimpa” seorang selebritis kita… Saya tanyakan… jika putri kami, yang berusia 15 tahun…(kurang lebih sama ya… dengan putri cantik stacy itu…) dilamar oleh seorang, apa jawabnya????
    Tegas Imamku bilang tidak. Hmmm Kenapa???
    Katanya saya ingin anak muda tersebut membuktikan dulu ketulusan niatnya untuk menjaga putri kita hingga tamat sekolah, paling tidak hingga semester ke 6 nanti. Kenapa? Karena katanya jika ia tidak mampu menjaga putri kita untuk bersekolah… berarti dia tidak akan mampu mendidik diri sendiri dan diri putri kita untuk menjadi insan mulia. Hmmm ini adalah pendapat seorang ayah…. dan seorang calon mertua…(walah… padahal batang hidung calon menantu saja belum kelihatan ya..) Dan ini juga perlu jadi pertimbangan untuk semua ananda… bahwa menjadi yang “mampu dipercaya menjaga seorang wanita” adalah salah satu syarat (sebagai perwujudan dari pendalaman ilmu agamanya) dari… para bapak untuk memilih menantu.

    Betul jadilah lelaki yang dapat dipercaya! )

  36. emang…
    kita gak bakal tau kapan rasa “cenderung” itu kan muncul…
    karena itu emang gak bisa dibuat-buat alias direkayasa πŸ™‚

    setelah istikhrah…
    pasti ada jalan…
    jika memang ragu-ragu…
    mending gak usah, karena bisa saja itu jawabannya….

    πŸ™‚ g semua bener bgt coz yang nulis juga lum pernah punya “kecenderungan”

    Wah bagus tuh. Kuliah aja dulu dik! )

  37. bimbang ketika masih dalam pencarian itu biasa kang… πŸ™‚ … bahkan ketika tinggal esok hari mengikat janji pun, malam ini kadang kebimbangan itu malah makin parah… jadi…?

    … lalu kita meminta petunjuk Allah

    itulah yang harus selalu kita lakukan…

    Yup sohibku πŸ™‚

  38. apakah resahnya sang teman juga dirasakan olehmu saat ini wahai adikku ??? πŸ™‚

    Bisa jadi iya πŸ™‚

  39. Ketika kita sudah memahami makna CINTA SEJATI. kita akan tahu kepada siapa Cinta itu diberikan….
    Cinta Sejati hanyalah milik Allah swt, ketika kita sudah jatuh cinta pada-Nya Subhanallah hidup terasa nikmat.
    kecintaan kita terhadap sesama kan terasa indah dan abadi apabila kecintaan itu atas dasar cinta kita kepada Allah swt.
    jd lebih baik sempurnakan dalam mencari Cinta Sejati….

  40. Dalam Cahaya Cinta DR. Aidl Al Qarni memaknai cinta merupakan air kehidupan, nutrisi ruh, bahan makanan bagi jiwa. Cinta menjadikan wajah berbinar, bibir tersenyum, mata bersinar. Kata cinta merupakan dunia optimis, kemaren indah, hari ini kebahagiaan, besok masa depan… dan petualangan dalam dunia persahabatan dan persaudaraan… saling memahami dan tanggung jawab, saling menanggung dan saling membantu… dalam diri cinta terkandung senyum, tanggung jawab, tekad, rindu dan sedih….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: