Oleh: achoey sang khilaf | Mei 30, 2008

Sahabat Sejati

Coba saja kau hidangkan aneka menu makanan yang menggairahkan lidah dan tenggorokan. Lalu kau bunyikan kentongan dan tak perlu menunggu lama mereka pun kan datang dengan riang. Lantas mereka salami kita dan berkata, “hai teman”, “hallo kawan”, “pa kabar sobat”. Dan lihatlah betapa mudah hidangan itu musnah dari pandangan. Dengan cepat pindah tempat, bersemayam pada ruang lambung yang selalu dipaksakan tuk penuh. Dan ketika mereka mulai pamit satu persatu, coba cegat mereka dengan kembali kau tuangkan anggur pada gelas-gelas kaca. Lalu lihat apa yang kan terjadi, ya fantastis, mereka dengan mudah berbalik arah dan kembali menuju meja dimana dari tadi kita hanya bisa duduk memperhatikan hingar bingar itu.

Lalu dilain waktu coba kau bunyikan serine ambulan. Undang mereka ke tepi ranjang kusam dimana kau berbaring dengan letihnya. Tubuhmu yang pucat pasi dan lusuh menebarkan aroma tak sedap karena bau keringat obat. Lihat-lihat, berapa orang yang mendekat. Lihat-lihat, berapa orang yang menatap dan merapikan selimutmu. Dan kau tahu ternyata tak sebanyak waktu pesta pora kemaren. Dan meski ada beberapa, lihat saja mereka hanya setor muka dan mendekat hanya sekejap lantas diam pada jarak yang cukup renggang bahkan beberapa dari mereka segera keluar kamar dan kembali bercanda dengan yang lain.

Dan kau pasti menangis, bukan karena kau merasa diasingkan dan tak lagi disayangi. Tapi kau menangis karena kini kau menemukan sahabat sejati itu. Lihatlah, beberapa orang yang berada di ruangan pengap itu. Tatap wajah mereka satu per satu. Kau melihat gurat raut kesedihan pada wajah mereka. Bekas aliran tangis juga pasti kau bisa menemukannya dengan mudah. Tetapi betapa hebatnya ketika mereka mencoba menyembunyikan kesedihan itu. Mencoba tersenyum dan menyemangati kita tuk selalu tegar. Dan mereka lah sahabat sejati yang kau cari selama ini. Mereka, ya cuma mereka dan jumlah mereka tak banyak.

Sahabat sejati amatlah berarti, maka jangan biarkan mereka tersakiti hatinya oleh ulah kita yang seringkali egois dan menganggap diri dominan. Jaga keberadaan mereka dan sayangi mereka sepenuh hati sebagaimana mereka menyayangi kita.

Ya Allah, selama ini seringkali aku menyepelekan mereka dan menganggap mereka sama seperti kebanyakan orang pada umumnya. Padahal mereka begitu berharga. Ya Allah, aku mohon kelak jikalau aku memiliki istri, maka jadikan dia sahabat sejatiku yang berharap senantiasa bersama tak hanya dalam suka dan duka, tetapi juga berharap bersama di dunia dan di surga. Amin !

Iklan

Responses

  1. Ya Allah, aku mohon kelak jikalau aku memiliki istri, maka jadikan dia sahabat sejatiku

    aih…. kok ujung ujungnya kaya gitu
    he he

  2. betul bgt , inilah realita persahabatan , hanya waktu yg bisa membuktikan mana teman yg sesungguhnya ..

  3. Ahhh…

    Kang achoey ngingetin sahabat sejatiku yang kini entah dimana kakinya berpijak… 😕

    *terngiang-ngiang lagu Sahabat-na Peterpan*

  4. musuh 1 terlalu banyak,
    teman seribu amat dan sangatlah kurang.
    jauhkan sahabat2 ku dari godaan sheton dan api neraka yg amat panas.
    singsikan lengan baju tuk menuju persahabatan yg diridho’i Allah

  5. sahabat sejati,

    bersahabat dengan diri sendiri,
    mendengarkan keinginan hati, diam dan damai

    sahabat sejati itu diri Anda sendiri
    selain Tuhan

  6. Tapi jika kamu meninggalkan sahabat sahabatmu untuk hal yang baru? huh…

  7. Salam
    Jadi inget lagunya SO7 “Sahabat sejatiku, hilangkah dari ingatnamu di saat kita saling berpadu, dengan kotak sejuta mimpi, engkau datang menghampiriku.. dst”
    bener banget sahabat sejati itu biasanya adalah saudara seiman atau pasangan hidup yang sejalan *mengamini doanya* iraha atuh kang diantos undangana 🙂

  8. wah, mencerahkan sekali tulisan ini. aku suka.

  9. hmmm… so….nice story………

  10. jadi ingat lagu sahabat nindi ama audi…
    kita blogging untuk sahabat 😆

  11. sekarang tetg persahabatan toh kang ??

  12. Ya Allah, aku mohon kelak jikalau aku memiliki istri, maka jadikan dia sahabat sejatiku yang berharap senantiasa bersama tak hanya dalam suka dan duka, tetapi juga berharap bersama di dunia dan di surga. Amin !
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!
    AMIN.!

  13. a friend in need is a friend indeed. doa di paragraf terakhirna mantep banget bos… 🙂 btw, di-link ya

  14. ikutan ah…
    Ya Allah, aku mohon kelak jikalau aku memiliki istri, maka jadikan dia sahabat sejatiku yang berharap senantiasa bersama tak hanya dalam suka dan duka, tetapi juga berharap bersama di dunia dan di surga. Amin !
    SEMANGAT…..!!!!
    Yang Sungguh-sungguh dalam mencarinya ya…
    InsyaAllah dikabulkan

  15. Sahabat sejati yang mana ne kang?
    Akhwat yang akan slalu mendampingi d stiap hari ato yang mana kang?
    Huehehehe

  16. sahabat sejati itu konon selalu bersedia mendampingi kita dalam suasana suka maupun duka. ada rasa empati yang terekspresikan dalam tindakan. semoga orang2 yang ada di sekeliling kita adalah sahabat2 sejati.

  17. “cintanya seorang kekasih bernilai birahi..
    tapi cinta teman sejati, berhiaskan budi…”

    *( begitu kata Rhoma Irama kang…

  18. Sahabat sejati.
    Bentar mas buka kamus dulu… waduh ngga’ ada.

    Ya udah deh, ngikutin aja, apa itu arti sahabat sejati.

    salam bloggor, info dari hangga 🙂

  19. kalo begitu saya ingetnya sama lagunya SINDEN TOSCA yang KEPOMPONG aja deh! 😀

    cari coba cari coba…………. hihihi

    teman bisa banyak sekali, tapi buat saja yang sahabat sejati sejauh ini baru satu di hati… semoga ga akan pernah pergi! AMIEN ROBBI…

  20. Iya je, UUD , ujung ujungnya Do’a 😀 (hrs it mah ya!)

    Amiin.. *mengaminkan doanya*

  21. semoga saya mendapat sahabat sejati…

  22. Sahabat Sejati adalah seseorang yang disaat dunia meninggalkan kita, namun ia malah mendatangi kita…

  23. Setuju banget, Kang…
    Bestfriends will stay, in better and in worse of times…
    ….suka banget juga sama komentar Rozy di atas…
    Alhamdulillah, saya sudah punya sahabat-sahabat yang seperti itu…
    And I’m so grateful for that 🙂

  24. amiin Choey…

    sahabat sejati seharusnya tidak melupakan 😦

  25. nice post kang..

  26. setuju katane jeunglala
    Bestfriends will stay, in better and in worse of times…

  27. Utk Alforoby, biarin aja deh. Kang Achoey emang sukanya bikin ujung2 kayak gitu. Hehe….
    Iya deh kang Achoey, mudah2an keinginannya kesampaian. Jangan capek utk berdoa ya.
    Amin…

  28. puisi yang menyentuh hati (lagi2 ak banget)
    sahabat sejati adalah orang ataupun orang2 yang kita temui di akhir perjalanan, kita baru mengetahui siapa sahabat sejati kita saat perjalanan itu dimakan wAKtu,,sahabat sejati selalu hadir saat kita sakit dan senang,,
    anehnya meski sehebat apapun pertengkaran,,justru akan semakin menguatkan dan mendekatkan hubungan itu

  29. Bagus sekali Kang.
    Kehilangan orang-orang yang dicintai (sahabat sejati) adalah suatu bentuk keterasingan. Begitu kata Sayidina Ali RA.

  30. Sahabat sejati???

    pasangan hidup lah..

    bener2 suka dan duka dilewati bersama cieee

  31. sahabat sejati yang akhwat yah kang??
    jadi inget nasyid the fikr yang wanita sholehah 😆

  32. sahabat gampang dicari…tapi yang sejati susah dipunyai :mrgreen:

  33. Setiap tulisan dalam blog ini memiliki magnet tersendiri yang mampu mempengaruhi sikap seseorang. melalui tulisan-tulisan ini semakin terlihat lah bagaimana karakter si penulis.

    Salut untuk blognya mas. semoga dengan banyaknya sanjungan tidak lantas membuat diri menjadi lupa diri, tapi malah tertantang untuk semakin melakukan perbaikan. bukankah orang yang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari kemarin dan besok tentu harus labih baik dari sekarang. bukan maksid tuk mendakwahi lho ya, karena saya banyak belajar dari sampean.


  34. AYO LAH KITA MERAMEKAN KOMUNITAS “Axxyc.com”

    (Komunitas Indo, ngak perlu register)

  35. Kalau ia tau musim pasangmu, biarkanlah ia tau pula musim surutmu…

  36. mudah2an sobat

  37. @ wennyaulia:
    Ah, esensi dari tulisan ini terpantul pada komen wennyaulia…

  38. hmmmmmm…jadih? kapan nich maok nikah? :mrgreen:

  39. amieenn…
    terima kasih sudah mengingatkan..
    salam kenal juga..

  40. merindukan bidadari yang mana kang? :mrgreen:

  41. suami/ istri emang yang paling cocok dijadiin sahabat… karena dengan dia lah kita habiskan waktu bersama selamanya..

    Cieee sok dewasa banget ah
    😛

  42. amin pak, saya doain dapat istri yang bisa jadi sahabat dalam suka dan duka

  43. neng jadi kangen sama temen-temen kuliah neng.
    ah ya, juga sama kang almas dan kang kabayan.
    kabar mereka gimana ya sekarang?

  44. sahabat super sejati Qt adalah amal jariyah. Ketika Qt Meninggalkn Dunia pun, dia “setia” menemani.

  45. sahabat…
    semua teman harusnya jadi sahabat 🙂

  46. Jadi teringat, saya melupakan sahabat saya
    padahal dia selalu ada saat saya kesulitan
    makasih dah diingetkan, mas… 🙂

    doanya saya amini juga,
    biar saya dapat barokahnya juga 😉

  47. wah, jadi inget lagu sela on sepen, sahabat sejatiku….

  48. terkadang sahabat melebihi segalanya….

    waktu jaman muda dulu *sekarang juga masih muda :mrgreen: * temen2 sering bilang :

    cari pacar lebih gampang dari pada cari sahabat

  49. Wah, enaknya punya sahabat sejati. Kalau aku, sekarang ini lagi punya musuh sejati. Musuh yang akan tetap bermusuhan seumur hidup.

  50. ikutaaann..
    aamiin..
    SAHABAT SEJATI…
    inget lagu nya brothers..
    yang gini nih….

    “selama ini.. ku mencari-cari..
    teman yang sejatii… buat menemani perjuangan suci.. dan seterusnya..” 😆

  51. banyak sekali komen di sini. tp kok ga di jawab kang?

  52. Ehm.. punya sahabat sejati memang mengasyikan, tapi ngedapetinnya 1000 dalam 1 kali yee..:)

  53. Tuhan bersama orang2 yang sabar… itu betul. Jangan lupa ikhtiar… itu kudu… optimismu mana?.. positif thinking selalu… kamu gak sendirian… Setan datang tak terasa hadirnya… Lelah itu pasti ada….
    Sukses bersama orang2 yang mampu dan tuhan tidak pernah membebani seseorang kecuali dia telah mampu….. Sahabat sejati akan selalu kau rasa pahit dan begitu pula sebaliknya…. sebab sahabat sejati tidak pernah ingin kau terjerembab dalam jurang kenistaan dan kehancuran…. tetap semangat & senyum…

  54. come on bro dont be melow…. keep your faith on track i know you can doit. sukses yach.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: