Oleh: achoey sang khilaf | Juli 3, 2008

Kiat Mantap Memulai Usaha

Mohon maaf sebelumnya jikalau Sang Khilaf mencoba menulis hal seperti ini. Ini hanyalah sebuah tulisan sederhana dari orang yang sedang belajar berbagi sedikit pengalaman.

Banyak diantara kita berpikir bagaimana caranya supaya pendapatan kita bertambah. Dan sebagai karyawan kadang terbersit juga keinginan tuk memiliki usaha sendiri. Tapi seringkali keinginan itu terhambat karena permasalahan pertimbangan yang kompleks. Alhasil rencana tuk beriwirausaha pun tak kunjung terealisasikan. Padahal kata kuncinya adalah “Mulai Saja!”

Supaya kita mantap memulai usaha setidaknya saya memformulasikannya ke dalam BOTAK (Berani, Optimis, Tekad, Aksi dan Kemampuan).

BERANI

Berani adalah salah satu modal terpenting seorang pewirausaha. Seperti kita tahu yang namanya wirausaha itu adalah hight risk, maka hanya orang yang berani mengambil resikolah orang yang kan mampu menjadi pemenang. Berani memulai usaha harus segera ditanamkan dalam diri setiap kita yang berpikir ingin menjadi pewirausaha.

OPTIMIS

Saya tidak suka melakukan sesuatu yang diawali oleh sikap ragu-ragu, apalagi pesimistis. Apa yang kan terjadi adalah apa yang kita pikirkan. Begitulah inti dari “The Secret Theory”. Seperti pepatah Sun Tzu, “Jangan pergi berperang sebelum yakin menang.” Jadi optimis saja bahwa kita mampu menang!

TEKAD

Menurut saya tekad adalah niat yang sangat kuat untuk melakukan sesuatu. Maka jika kita sudah memiliki tekad untuk menjadi pewirausaha, otomatis kita memiliki antibodi (daya tahan) yang kuat terhadap berbagai penyakit GHT (Gangguan, Hambatan dan Tantangan). 

AKSI

Kita mungkin pernah mendengar ungkapan NATO (No Action Talk Only). Nah ini yang membuat kita tidak akan dipercaya oleh diri kita sendiri ketika kita hanya bicara teori terus tanpa menyentuh praktek. Jadi segera beraksi!

KEMAMPUAN

Kemampuan yang saya maksud di sini adalah kemampuan mengolah segala potensi yang ada pada diri kita. Ketika kita memiliki beberapa kemampuan yang belum terdaftar pada menu kualitas diri kita maka kemampuan yang ada ini akan menarik kemampuan yang belum ada tersebut. Misal, kemampuan kita mengkomunikasikan ide akan membuat orang percaya dan melakukan investasi. Jadi kemampuan financial yang belum kita miliki akan tertarik oleh kemampuan komunikasi kita.

Mohon maaf, tulisan di atas bukanlah teori, hanya berbagi dari apa yang saya alami, secara sederhana. Dan tulisan ini saya dedikasikan untuk Mas Tri yang sudah menyempatkan diri bertandang ke Kedai Mie Janda. “Maaf ya Mas, tadi malam Janda-nya dah habis, jadi tinggal mie-nya aja.” 😀

Iklan

Responses

  1. saya baru setengah BOTAK tuh… 🙂

  2. botak…singkatan yg jenaka dan gampang diingat.

    saya kadang sering kejebak di NATO. teori ini itu utk usaha banyak tapi selalu berhenti di teori aja gak pernah direalisasikan. masih butuh tekad dan kasi nih kayaknya…oya juga yg tak kalah penting: motivasi

  3. aksi ini yang fenting, kadang kita suka besifat prokrastination. tiada aksi ga kan ada reaksi apa2

  4. Mungkin saya kurang berani, masih banyak membutuhkan motivasi

  5. boleh juga tips nya kang!!

  6. walah ada juga mie janda..

  7. Nanti kalo udah botak, ngga ada Janda yang mau kasih makan mie gimana dong mas?

  8. sama kayak nita, kadang smua2nya udah bulet, udah mantep..tapi mental lagi karena gak ada action nya…
    😦

  9. Hebat Mas Achoey.
    Akronim BOTAK itu loh, mudah diingat.

  10. mie janda ada screenshootnya gak?? jadi penasaran? frenchise ya?? 😆

  11. nambahin aja choey…

    cm mungkin perlu hati2 dg prinsip pebisnis yg menganut paham “berperang utk menang”
    terkadang prinsip ini menimbulkan pergesekan antar pebisnis… sampe timbul antar pebisnis melakukan persaingan yg ga sehat

    alangkah indahnya jika sesama pebisnis bisa saling bekerjasama untuk menciptakan dunia bisnis yg kooperatif demi kemajuan bersama

    “Kerjasama akan jauh lebih baik dan bermanfaat dibanding dg perang, bukan???” 😉

    sori nambahin aja

  12. Tulisannya muantaaaapp!!!
    Kapan nih, membuat tulisan yang didedikasikan untuk saya? 🙂

  13. sebernya semua itu udah ada ama aku, tapi satu cuman yang belon ada yaitu modal… 😀

  14. hmm… bagus juga..
    seringnya kepikiran sih berwirausaha, tp lagi2 memulainya itu yg susyeh, hehe.. 🙂
    makasih tips-tips botak nya..

    disini juga ada artikel menarik mengenai empat pilar bisnis, siapa tau tertarik kang.. just click empat pilar bisnis

  15. waaah kayanya ngetik link nya ga bener, saya kirim lagi :
    Empat Pilar bisnis from http://www.basukiwinoto.com

  16. tips dan trik dari mandor mie janda 😛

  17. siap ditiru…..

  18. hohohoho.. Mie Janda dibangun dengan ini toh? hmmmm….

  19. dari dulu saya pengen berbisnis tapi karena ga BOTAK jadi ga pernah jalan..
    BOTAK nya dikit banget hihi…

  20. Terima kasih atas tipsnya..
    Semoga bisa ngikutin Boss Mie Janda..

    Terima kasih kemarin dah dikasih Janda eh mie jandanya.. Mantabss..

    buat temen2 yang lain harus nyoba mie janda.

    artikel saya copy ya boss..

  21. jadinya. kapan dan dimana buka Janda yang berikutnya inihh..?

  22. asik.. mie janda gratisannnnn 😆

  23. tul banget tuh tipsnya. menurutku sebenarnya menjadi wirausaha adalah hal yang mudah, tapi karena seringnya terhantui ketakutan-ketakutan yang belum mesti terjadi, maka bisnis adalah hal yang hanya akan menjadi mimpi dan terus mimpi. Itulah yang terjadi dengan saya sendiri, mudah2an BOTAK nya bisa masuk ke ruh saya.
    Mentang2 yang punya bisnis sendiri nih…………….
    Masih jandakah mienya? cepetan dicariin jodoh, biar gak janda terus mienya 🙂

  24. tips yang bagus, mas achoey. tanpa keberanian, tekad, kemampuan, optimisme, dan aksi, usaha kecil pun ndak akan bisa jalan, apalagi kalau berurusan dg usaha besar. dan yang pasti butuh perencanaan yang matang agar aksinya jelas, runtut, dan sitematis. *kok jadi sok tahu nih, hehehehe 😆 *

  25. bener nih…bisa diaktualisasikan, kang??

  26. Kalau boleh menambahkan, perlu adanya doa dan tawakkal. Qana’ah juga penting untuk dilakukan. Dan tak kalah penting juga memiliki ilmu seputar apa yang hendak diusahakan. Wallaahu a’lam.

  27. Mie Janda apaan sih?
    Janda Kembang ato Janda yang laen?

  28. kang,,tips2nya keren.. setuju banget kalo keberanian jadi nomor satu,.. soalnya tanpa keberanian sama aja boong.. 🙂

  29. Terus akhi menulisnya…

    Didit Fitriawan

  30. Akhi…, dua hal yang telah langsung antum praktekkan; ilmu dan amal. Barokallah

  31. jadi tertarik buka usaha nech..
    salam kenal ya..

  32. wew!!!

    syukron tips-nyah!!
    :mrgreen:

  33. hmm, si botak ini ya yg melandasi mie janda 🙂
    Kebanyakan pertimbangan (kurang berani ngadapi resiko) jadinya gak mulai2..

  34. Wah, bikin saya lebih semangat untuk memulai usaha.

  35. Saya tambahkan kalau boleh Mas Achoey. Tambahannya adalah “punya daya kreasi dan inovasi”. Karena sebenarnya seorang wirausahawan modern adalah orang yang punya kreasi dan inovasi sehingga bisa ‘merubahnya’ menjadi uang.

  36. orang idup itu harus … BOTAK!
    😀

  37. iya nih..sulit menentukan starting pointnya..teorinya sih yang penting mencoba, tp mencoba dari mana yah??
    *pesimis mode on

    hehehehehe

  38. yg penting niat yg direalisasikan dg aksi spt mas katakan di atas. tanpa semua itu yg ada hanya tekad tanpa pelaksanaan nyata

  39. kiat awal yang bagus buat memulai sesuatu……..

  40. NAMBAHIN satu lagi MODAL!!!
    itu penting….hehehehe

  41. tipnya bagus namun kalo boleh nambain…
    semuanya harus ada podasinya….
    tujuan dari apa yang dituju harus ada ruh atawa dalemnya…
    arahkan busur pada tabir tujuannya,,, yaitu Dia,,,,
    dan yang terakhir adalah Ikhlas…..
    yakin dengan sepenuh hatii bahwa hasil yang dicapai adalah yang terbaik darinya…walau secara lahir menyakitkan ,,,namun dengan ikhlas dhati tak ada
    yang mengecewakan,,… karena itulah sebenarya pencapaian tujuan atawa kemenangan……
    ….maaf ya,….
    cuma neles dikit doang

  42. Salam
    Pengalaman hidup yang sangat mecerahkan Kang, *hitung-hitung modal*

  43. […] ke rumah pakde. Laporan lengkapnya ada di bunda dan hangga. Di rumah pakde aku sempet ketemu A Achoey dan bang […]

  44. Berbagi tips, sharing pngalaman n ilmu..

    Indahny dunia bloger it.. *lebay g siy:D

  45. siiplah, setuju banget dengan tips diatas, sukses selalu yach.

  46. […] Siapa Wirausaha Modal Bukan Soal? Dalam postingan saya sebelumnya banyak sahabat yang meyatakan bahwa modal adalah kendala mereka untuk memulai usaha. Tapi saya […]

  47. Cukup punya Email dan Rekening BCA saja, Anda sudah bisa memulai bisnis online, meraih penghasilan dari internet dan pensiun muda.
    Klik http://asber.notlong.com

  48. wuih, tips yang oke punya nih kang. tapi aku belum botak dikitpun nih, gara2 izin misua belum turun.hehehehe………..

  49. baguslah inspirasinya

  50. emmmm….., thanks ya..?

  51. Setuju banget, tapi yang paling berat pertentangan dengan keraguan dalam hati, yang membuat orang maju-mundur, belum lagi pengaruh-pengaruh pesimis dari orang disekitar kita. Modal penting, tapi bukan segala-galanya karena masih bisa diusahakan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: