Oleh: achoey sang khilaf | September 3, 2008

Mencintai Ayat-Ayat Suci yang Penih Cinta

Suatu waktu aku pernah merenung, menatap pada mushaf yang baru pertama kali menemaniku di bulan suci. Setelah mushaf yang dulu aku amanahkan pada adikku agar senantiasa dibacanya. Aku tatap mushaf itu, dan tumbuh pertanyaan dalam hatiku. Kenapa aku menjadi rindu untuk lebih sering membacanya di bulan Ramadhan, padahal seyogyanya aku senantiasa menjadikannya bacaan wajib setiap hari.

Di bulan Ramadhan ini, membaca satu juz setiap hari bukanlah suatu hal yang sulit. Tapi diΒ bulan lain, untuk membaca satu halaman saja perhari kadang terasa berat. Padahal mushaf itu senantiasa kubawa di tas kerja. Tapi aku malah sering melupakannya.

Aku malu pada diriku, sebagai muslim seharusnya aku lebih setia membaca Qu’an ketimbang koran. Sebagai muslim aku seharusnya lebih rindu mentadaburi Qur’an ketimbang ngeblog. Jika ngeblog aku berusaha satu hari satu artikel, tapi mentadaburi definisi ayat-ayat suci malah jarang kulakukan.

Sungguh Ramadhan adalah bulan penggugah. Aku kini merasa rindu untuk membaca Kitab Suci ini, aku berharap aku jauh lebih mampu untuk mentadaburi dan megamalkannya. Dan aku semakin bahagia, ketika mendengar lantunan bait-bait suci terbacakan. Tak hanya di masjid dan mushola, tapi juga di sekolah-sekolah, kantor-kantor dan rumah-rumah.

Jujurlah sahabat, bahwa kau kini merasa dekat denga Al Qur’an, karna jika di bulan Ramadhan saja kita tidak tergugah, lalu bagaimana di bulan lainnya. Padahal Ramadhan adalah bulan pembelajaran agar di bulan lainnya kita telah terbiasakan.

Β 

Iklan

Responses

  1. WAHID WAHID WAHID alias PERTAMAXX
    aku baru baca dikit di bulan puasa ini !!! belum ada satu juzz

  2. semoga ramadhan selalu menggugah hati kita πŸ™‚

  3. benar kang …..
    saya juga mengalami hal yg sama,
    semoga ramadhan kali ini benar2 mjd training buat kita di bulan-bulan selanjutnya .. πŸ™‚

  4. hmmm… sudah saatnya kita lebih baik πŸ™‚

  5. mudah mudahan terus sih om.. tapi ya aku usahain dulu ya..

  6. semoga aktivitas membaca qurannya terus berlanjut, mas achoey, tak hanya sebatas di bulan ramadhan saja. selamat memburu hikmah ramadhan, mas achoey!

  7. Ayooo mas budayakan Membaca…karena membaca itu indah πŸ˜€

  8. insayallah alquran menjadi pedoman dalam kehidupan dan berkehidupan menuju ridho illahi

  9. hiks hiks….ternyata saya ini orang yang terhina…

  10. πŸ˜€ hmmm moga ramadhan membawa kebaikan ya kang

  11. insya Allah. aku juga selalu berusaha baca paling tidak satu ‘ain setiap hari, tapi kadang lupa juga…
    kalo untuk selesaikan 30 juz sebulan, gak cukup sehari satu juz buatku, soalnya hari efektifnya paling-paling 23 hari πŸ˜€

  12. setuju sekali mas acuy
    di bulan ramadhan saja kita masih kurang bertakwa apa lagi di bulan yang lain
    marilah kita sama sama meningkatkan takwa kita di bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini

  13. iya kang,
    bulan Ramadhan saya bisa satu juz,
    tapi 11 bulan kemudian juga cuma dapet satu juz,
    *www.berpikirkeras.com*
    mudah2an kedepannya bisa lebih baik lagi kang..
    terimakasih telah mengingatkan kang.

  14. ups… maksudnya:
    iya kang,
    bulan Ramadhan saya bisa satu kali khatam,
    tapi 11 bulan kemudian juga cuma dapet satu khatam,
    *www.berpikirkeras.com*
    mudah2an kedepannya bisa lebih baik lagi kang..
    terimakasih telah mengingatkan kang.

  15. jadi teringat nih mesti baca alquran yang udah lama nggak dibaca lagi!
    trims kang!

  16. aku udah ngucapin met puasa belom sih kang…?? lupa… πŸ˜† maap… hehehehe

    ucapin lagi gpp deh

    met puasa, kang achoey… ^^ smoga puasanya lancar…

  17. Alhamdulillah, semoga perasaan sejuk di bulan penuh rahmah ini tetap terpelihara ya choey.

  18. bener banget!
    jangan lebih banyak ngeblog dibanding baca Alquran…
    ^^

  19. setuju bgt tuh mas… πŸ™‚

  20. yupz..mumpung masih ramadhan…. πŸ™‚

  21. 10 hari pertama adalah hidayah
    10 hari kedua adalah rahmat
    dan 10 hari ketiga adalah taubat

    bila di 10 hari pertama kita tergugah, itu wajar, karena kita dikasih hidayah
    dan bila sampai 10 hari ketiga,bahkan setelah ramadhan,maka insyaAllah kita berpredikat taqwa.

    iqra bi-ismi rabbika alladzii khalaqa

    maka tumbuhlah cinta mulai saat ini

    *OOT:mas, koreksi judul, “Mencintai Ayat-Ayat Suci yang Penih Cinta” mestinya “Mencintai Ayat-Ayat Suci yang Penuh Cinta” kan?* πŸ˜€

  22. wew,comment ku yang barusan gak muncul

  23. Betul Mas. Sama halnya dengan saat kita Umrah dan Haji, shalat kita khusyuk sekali. Kenapa harus pergi ribuan miles baru bisa khusyu, menangis, dan yakin kita sedang dilihat NYA. Padahal DIA ada dimana-mana…

  24. iya..yaa..beneR banged tuCh a”choey..
    du9h..jadi maLu,n9ena bangeD neeh,makasih ya a’choey da diin9eTin..semo9a ramaDhan ini menJadi startin9 poinT yang ba9us untuk menjadi lebih baik lage di bulaN2 selanjuTnya amiiiinn..

  25. kesadran yang indah kang

  26. Bersemangat!!

    Mudah2an setelah mantap membaca Qur’an pada bulan Ramadhan…bisa menjalari pada bulan2 berikutnya…

    Ehm…kang achoey udah pake target belum ?Jika pada bulan ramadhan kita punya target2 tertentu…apa salahnya kita juga pake target2 tertentu pada bulan lainnya..?

    Sepakat?

  27. sangat mencerahkan…..

  28. blog kamu menarik lho… coba di share aja di situs social bookmarking ini>>> http://www.lintasberita.com mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog kamu.. ok deyh.. keep up the great job ok.. thanks..

  29. β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„
    β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„
    β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„
    β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„

    BERITA BAIK!!!
    Mari kita liat nich blog. keren abiss!

    Masuk sini= http://mustahil-kristen-bisa-menjawab.blogspot.com/

    β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„
    β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„
    β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„
    β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„

  30. wah dah lama gak ngaji…
    jadi kesentil…

  31. “barangsiapa yg hafal dan mahir membaca al-qur’an, ia besama para malaikat yg mulia (pd hr kiamat).
    Dan orang yg membaca al-qur’an namun msh terbata-bata dan kesulitan, maka ia mendapatkan dua pahala (pahala membaca dan pahala karena kesungguh2annya)” (HR: Bukhari-Muslim)

  32. Sejak umur 5 tahun, orang tua saya mewajibkan saya untuk khatam setiap kali saya ulang tahun, jika tidak maka tidak ada hadiah ulang tahun…

    jadi buat saya gak malu maluin lah πŸ™‚

  33. saudaraku, kau tampar aku dengan suara hatimu
    namun, kau ingatkan aku dengan penamu
    sungguh aku malu
    pada sang Pemilik rasa malu

    terima kasih mas,
    dirimu telah mengingatkan aku
    akan ayat-ayat termulia.

  34. semoga setelah ramadhan bisa istiqomah .. amin ..

  35. iya.. saya jadi malu..
    Ramadhan itu batu loncatan, jika setelah bulan ini kita berubah berarti kita berhasil..
    kalau kita gak berubah berarti kita….. bisa dikatakan gagal mgkn..

  36. … Jujurlah sahabat, bahwa kau kini merasa dekat denga Al Qur’an, karna jika di bulan Ramadhan saja kita tidak tergugah, lalu bagaimana di bulan lainnya. Padahal Ramadhan adalah bulan pembelajaran agar di bulan lainnya kita telah terbiasakan.

    …iya yah…koq bisa kayak gitu…
    Makasih ya Allah…

  37. Setelah kita membaca surat-Nya, kita juga harus belajar mengirim surat kepada-Nya lewat do’a-do’a kita ….

  38. salam
    he..he.. itu dia kang, kadang2 lebih lama blogwalking drpd mengaji πŸ˜€

  39. Hihihih….. iyayaa….. makasih bang udah ngungkapin hal ini…….:)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: