Oleh: achoey sang khilaf | Februari 25, 2008

Berubahlah, Jadilah Manusia Seutuhnya!

krb8.jpg

Perubahan pasti mengandung resiko. Dan proses perubahan kadang menelan korban, berguguran sebelum perubahan diri itu terwujud dengan sempurna atau setidaknya mendekati sempurna. Dan dalam fase awal ini pastilah kegundahan senantiasa menyelimuti. Terkenang masa-masa indah dahulu tak pelak lagi menghiasi hari-hari. Dan ini adalah wajar dalam awal.

Tekad yang kuat untuk berubah adalah modal awal yang sangat besar. Tapi apakah kita yakin bahwa tekad perubahan yang kita miliki itu benar-benar kuat. Dan untuk jiwa-jiwa yang rapuh tak cukup hanya dengan merasa telah bertekad kuat, butuh sahabat yang menguatkan dan mengingatkan kita akan tekad yang telah diproklamirkan.

Di pertengahan perjalanan kita akan banyak mendapati kerutan dahi orang-orang yang faham betul kita ini siapa. Mereka akan keheranan ketika mereka mendapati hal-hal yang lain dari biasanya. Prilaku berbeda pada raga yang sama. Dan ini adalah pertanda baik. Teruskan dan jangan pernah menoleh terlalu lama ke belakang. Karena bisa jadi kita terbius kembali pada hal-hal indah di masa lalu yang sebenarnya semu. Teruslah melangkah pada arah yang telah kita tentukan.

Dan yang terpenting buat kita, janganlah menjadikan seseorang sebagai barometer ideal untuk sesuatu yang ingin kita capai. Karena jika ternyata orang tersebut tak sehebat dan tak sesempurna seperti yang kita pikirkan, maka kita akan goyah dan terjatuh dengan telak. Kembali pada keterpurukan kenistaan masa-masa jahiliyah. Percayalah bahwa mereka juga manusia biasa seperti kita yang tidak pernah lepas dari salah dan dosa. Jadi semangatlah dan yakinlah perubahan itu kan semakin mudah.

Perubahan untuk perbaikan. Dan Jadilah kita manusia seutuhnya!


Responses

  1. tumben mas gak tentang cinta lage?
    tapi saya pasti berubah mas
    Ultraman..😀

    Ucapan terima kasih yang tak terhingga atas kerelaan Kang Hangga meluangkan waktunya singgah di blog sederhana ini. Kang, salut deh.

  2. eh saya pertamax lage..

  3. Saat kita ingin memperbaiki diri, maka lihatlah ke belakang agar tahu apa yang kurang. Lalu tataplah masa depan dengan bekal keyakinan bahwa kita akan mampu menjadi manusia yang lebih baik dari hari sebelumnya.

    Nabi SAW memberikan kita sebuah nasihat agar menjadi manusia paripurna: Iman (keyakinan), Hijrah (semangat memperbaiki diri) dan Jihad (kesungguhan dalam berjuang).

    Hayyah… gara-gara fostingan ini, logat ane jadi ilang…👿

    Wah ternyata Kang Cabe bisa serius juga. Ustadz Cabe deh.

  4. sejujurnya perubahan itu kendalanya diprosesnya kalau qta bisa menghadapinya maka by..by masa lalu and welcome dunia yang baru.
    lihat kebelakang dan jangan memasukinya kembali lantas sambut jalan lurus yang masih suci jangan sekali-kali masa lalu masuk di dalam masa yang baru kau injak.

    Wah Kang Chandra makin dewasa aja. Cepet nikah dah!

  5. perjalanan menuju perubahan itu yg sulit..
    perubahan-a itu sendiri sbnr-a sangat mudah, tapi yah manusia kadang ‘menyulitkan’ diri sendiri sih..

    ada niat, ada hasil..
    ingat itu aja deh!!😎

    Kan Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum jika kaum tersebut tak mau merubah nasibnya sendiri. Jadi semua di tangan kita.😎

  6. Dan yang terpenting buat kita, janganlah menjadikan seseorang sebagai barometer ideal untuk sesuatu yang ingin kita capai. Karena jika ternyata orang tersebut tak sehebat dan tak sesempurna seperti yang kita pikirkan, maka kita akan goyah dan terjatuh dengan telak.

    Hal ini tidak berlaku untuk Rasulullah SAW kan??

    Ya iya lah. Rasul itu teladan kita. Beliau adalah Al Qur’an berjalan. Yang ane maksud adalah menjadikan orang yang masih hidup, yang kita kenal sebagai barometer ideal. Thx ya dah membantu meluruskan.

  7. Ane bukan Ustadz… Afalagi Habib 👿

    Yach, kan orang baikmah ga pernah ngaku, sama halnya pencuri jua ga pernah ngaku kn.🙂

  8. NGAK ADA SESUATU YANG ABADI DI DUNIA INI SELAIN PERUBAHAN ITU SENDIRI..

    Salam Kenal ya…

    Yach salam kenal juga. Kang Wandy, mana alamat blognya?

  9. Berbahgialah buat mereka yang mau dan bisa berubah menjadi lebih baik… .

    Salam dari Ammar🙂

    Wah Ammar baik banget ngasih salam ama kucing garon.🙂

  10. Perubahan..? Harus Itu, Tentunya perubahan menuju kebaikan. Kebaikan bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Tentunya dengan evaluasi diri.. (***tapi sulit oiiii)

    Jangan mempersulit diri. Dibikin gampang aja. Dan mulai dari merubah pikiran/ paradigma.

  11. Assalamualaikum

    makasih ya, sudah diingatkan dengan tulisannya🙂, slm ukhuwah, makasih dah berkenan mampir ke blog saya..

    Sebenarnya tulisan ini untuk mengingatkan saya sendiri.

  12. yang selalu saya cam kan di diri sendiri adalah, tidak ada kata terlambat untuk berubah…

    mantra aji…. BRUBAH….
    *Satria baja Hitam MODE ON

    Suka juga yach sama RX Bio?

  13. hmm brubah untuk kebaikan why not?? hihi ga da kt terlambat untuk berubah ;p

    Yup setuju!

  14. tidak ada satupun di dunia ini yang tidak berubah, satu satunya yang tetap dan tidak berubah adalah perubahan itu sendiri. Jadi dipaksa atau tidak, pasti kita akan mengalami perubahan. Tinggal mana yang kita pilih, perubahan ke arah kebaikan atau keburukan. good posting, mencerahkan

    Yuk kita berubah ke arah kebaikan.

  15. seorang teman pernah berkata padaku, jangan menilai diri sendiri dengan memakai standar orang lain! benar juga kata-katanya itu😀

    Oh gitu ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: