Oleh: achoey sang khilaf | April 20, 2008

Motivator Terbaik

Adalah sesuatu yang melelahkan sekaligus meyenangkan ketika aku melakukan presentasi motivasi di depan orang lain. Dan hari tadi aku harus melakukannya kepada anak SMP di sebuah sekolah unggulan dan anak SMA di sebuah bimbingan belajar. Mental mereka memang belum terbangun dengan baik untuk menghadapi Ujian Nasional yang tinggal hitungan hari. Sesuatu yang semestinya tak terjadi.

Aku sebenarnya terlalu berat untuk mereka panggil motivator, aku hanya sosok yang ingin melihat generasi penerus bangsa itu dengan gagahnya berdiri tegak menatap masa depan. Ujian Nasional semestinya meyulut api kerinduan yang maki menjadi. Kerinduan akan pembuktian bahwa kurun waktu tiga tahun yang telah mereka lalui ternyata tidak sia-sia. Dan mereka menghadiahkan rasa bangga bagi para penyandang dana, kedua orang tua tercinta atau wali mereka. Yang jadi permasalahan, kenapa segalanya harus dinilai dengan angka?

Andai saja aku tidak ingat apa yang dikatakan Pak Mario Teguh bahwa menyemangati orang lain adalah cara terbaik untuk menyemangati diri sendiri, mungkin aku tak akan lakukan ini, karena aku teramat merasa tak pantas. Maka karena itu, kuterima lebih banyak kesempatan tuk memberikan motivasi kepada banyak orang agar diri ini jauh lebih termotivasi. Aku lakukan ini bukan untuk mengibarkan namaku dan mempopulerkan paras wajahku. Aku cuma ingin kelak tidak ada lagi kesempatan untukku larut dalam keterpurukan semangat. Aku harus terlihat bersemangat agar motivasiku tersampaikan pada mereka.

Aku hanya ingin menyadarkan mereka dan diriku sendiri, bahwa motivator terbaik adalah diri kita sendiri. Perayalah!

“Sesungguhnya Alloh tidak merubah suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (QS. 13:11)

 19 April 2008

Responses

  1. betul banget, saya pernah temukan kata2 mutiara
    “cari dan galilah guru terbaik yang tersembunyi dalam diri anda, seandainya anda membutuhkannya, setiap saat dia ada”
    bukan berarti gak butuh orang lain ya,,,(salah besar)
    artinya setiap kita adalah pendidik—>guru, kitalah yang mendidik anak2 kita, maka kita disebut pendidik.
    setiap kita diciptakan Allah untuk menjadi ahli dalam bidangnya masing2…untuk itulah perlunya berbagi..
    salam sukses

    Yup, mari berbagi. Sukses! 🙂

  2. Ah, Kang achoey ini benar2 membuat saya mengingat niat awal saya untuk bekerja seperti skrg ini 😛
    Untuk menjadi seorang motivator itu memang tidak mudah.
    Lebih banyak dicuekin malah 😦
    Karena motivasi intrinsik harusnya lebih berperan dibanding motivasi ekstrinsiknya 🙂
    *makasih buat sharingnya tea* 🙂

    Ah Bunda bisa aja. Orang segokil Bunda gak mungkin dicuekin. Cuma kalo kita jadi motivaor, jangan gokil tiap waktu deh. 🙂

  3. motivator biasanya emang orang2 yang udah pernah ngalami masa2 tersulit sehingga dia pasti bisa kasih motivate yang benar2 sama dengan saat dia akan melewati masa2 sulit tersebut 🙂

    Yup betul. 🙂

  4. kang achoey ini memang suka merendah.
    Mahkota kemanusiaan ialah rendah hati.

    Ah Hangga bisa aja. 🙂

  5. iya, percaya, akh….
    🙂

    dan para motivator bertugas membuat orang lain bisa memotivasi diri mereka sendiri..
    mulia, ya?
    😀

    sukses, akh… 😉

    Yup mulia, moga aja kaka bisa. )

  6. wach…. 😳
    jadi motivator ulung nich ceritanyah…. 😛

    Terpaksa karena ga ada yang lain Bos, yang lain bayarnya mahal.:)

  7. Salut bisa memotivasi orang ke arah lebih baik 🙂

    Sebenarnya memotivasi diri sendiri Kang. 🙂

  8. Semoga sukses Choy !
    –salam–

    Sukses Bro! 🙂

  9. keren..

    Ah biasa aja 🙂

  10. keren kang…
    aku jadi makin kagum…….
    melihat semangat akang aku jadi ketularan semangat neh….
    rasanya merinding bulu roman nya………
    suatu saat saya ingin jadi seperti akang bahkan legih…
    saya suka cara dan jalan berfikir akang…
    kalo leh tau…
    ketika memotivasi..
    point – point apa aja yang akang samapaikan pada audience agar mereka termotivasi…
    ato itu rahasia perusahaan ya…. 🙂

    Ah adik biasa aja.
    Untuk menjadi motivator, kita harus tahu cara memotivasi diri kita lebih dulu.
    Kita harus punya banyak solusi untuk mengtasi permasalahan yang kita hadapi.
    Dengan itu kita kan lebih mudah memotivasi orang lain.
    Dan kita harus tahu siapa yang kita hadapi. 🙂

  11. kang cayoo..sebelumnya aplaus dl buat akang mantab rasanya klo kita selalu dekat dgn seorng motivator sehingga diri kita selalu bersemangat untuk menjalani kehidupan tanpa beban…
    kata pak teguh menjadi sang motivator ulung mempunyai empati yg tinggi dan intelegensi yg tinggi pula,dgn kata2 yg menyentuh kalbu..bener ga kang??

  12. Mantap Fren…

    (http://label-business.blogspot.com/)

  13. 90 duamond!!!!
    SEMANGAT
    aq salah satu orang yang tergugah dari cerita2 orang lain kalo wktu itu aq tidak datang disebuah seminar mungkin aq sekarang bukan siapa2. mungkin aq tdk bisa menjadi yang terbaik untuk diriku.
    saya setuju setiap orang adalah motivator terbaik untuk dirinya. tapi apabila orang tidak mendengar orang lain kadang ia tidak pernah menyadari kekuranganya,tdk akan menyadari apa yang harus diperbaiki karna mereka cendring angkuh pada diri mereka merasa mereka hebat!!!!
    lakukan terus yang terbaik untuk diri kita & orang lain. sukses

  14. super,, Brdoa bs di anggap kndaraan motivator ga sih,,

  15. slam kenal….! kang bagaimana sih caranya agar kita bisa menjadi motivator, yana siap dalam memberikan motivasinya kepada orang lain…..I!


Tinggalkan Balasan

Kategori

