Oleh: achoey sang khilaf | Juni 4, 2008

Ada Hikmahnya kan?

Ini adalah hari yang seru. Tadi pagi saya melihat sebuah peristiwa fenomenal di TV. Dimana ditayangkan ada 1.000/ 1.500/ 2.000 polisi merangsek masuk tuk menciduk 10 anggota FPI yang diduga terlibat dalam tragedi Monas yang melibatkan massa FPI dan AKKBB. Dan alhasil sekitar 57 anggota FPI dijemput paksa menuju Polda Metro Jaya.

Sebenarnya isu bentrokan ini sudah ramai dibicarakan sejak anggal 1 Juni 2008 yang media sebut sebagai “Tragedi Monas”. Dan sebagai orang yang senantiasa untuk berteman dengan banyak orang saya pun mendapat tanggapan beragam dari mereka akan hal itu. Banyak teman saya yang mengatakan ini adalah sebuah isu yang dibesar-besarkan tuk mendiskreditkan FPI. Saya sendiri heran atas tanggapan kebanyakan dari mereka itu, sementara jika mengkaji dari media, pada umumya selalu menyebutka FPI sebagai pembuat masalah. Ada sih satu atau dua media yang memandangnya secara berimbang. Dan aku hanya tersenyum ketika menyadari ternyata masih banyak pihak yang tak mudah terpengaruhi oleh kedahsyatan informasi dari media. Tapi ada juga sih yang terihat begitu gembira ketika tahu bahwa PFI dalam posisi tersudutkan. Nah sahabat pun pasti akan melihat dan mendengar beragam reaksi dan tanggapan dari banyak orang akan permasalahan yang sedang aktual ini. Lalu coba lihat latar belakang serta prilaku keseharian mereka yang memberi komentar tersebut. Dan Anda berhak tuk menyimpulkan adanya korelasi antara tangapan dengan karakter/ prilaku mereka. Tapi ingat cukup buat bahan penilaian Anda saja sehingga Anda bisa berkaca diri dan menentukan sikap yang terbaik.

Tak ada yang sia-sia atas apa yang terjadi dan tragedi Monas pastilah ada hikmahnya. Ya buat saya jelas ada, saya jadi ingin lebih memperbaiki diri saya tuk lebih mengenal agama cinta kasih ini. Karena jika saya tidak mengenal dengan baik agama yang tertera di KTP saya maka bisa jadi saya hanya jadi perusak saja. Karena ada orang yang sangat malu untuk menunjukkan diri sebagai muslim. Contohnya adalah malu ketika tidak megenal minuman keras dan merasa diri bakal gak bisa bergaul.

Dengan saya bisa memahami dengan baik agama saya, saya mungkin akan lebih terjaga dari kesesatan beragam aliran sesat yang tak henti-hentinya menggoda kita tuk keluar dari rel agama Islam yang sebenarnya. Dan dengan itu saya pun akan menyadari sepenuhnya bahwa mereka yang berbeda agama dan menghargai dan menghormati agama kita adalah sosok-sosok sahabat yang harus kita hargai dan hormat pula. Jadi tidak ada istilah kalau tidak seagama maka tidak bisa sahabatan.

Buat sahabat yang lain pun pastilah ada hikmah yang lain. Yang terpenting adalah bagaimana caranya kita bisa memperbaki kualitas prilaku diri kita untuk kedamaian negeri tercinta ini.

Responses

  1. Pertamaxx
    Hmm
    Keknya mrk memvonis tanpa mau tau alasan fpi it yah
    Pdahal jelas2 akar masalahnya it ketidak tegasan pemerintah dalam hal ahmadiyah
    Tapi saya jg krg bgtu mengrti
    Wallahualam..

  2. Ada rekayasa terstruktur 😦
    Kebatilan bersatu, dengan perangkatnya,
    terlihat seolah sebuah kebenaran

  3. setuju ma kk… smoga ada hikmahnya…

  4. tambah rusuh negara ini, masing2 memaksakan pendapatnya.

  5. sepakat kang achoey. kita harus cermat menagkap hikmah yang ada dibalik setiap peristiwa.

  6. sepakat…(eits, sepakat ama apaan? hehehe…)
    yang jelas yang bikin aku risih adalah : kelihatannya orang2 yang ngakunya islam, tapi kok malah keliatan brutal…masalah diprovokasi ato ndak…rekayasa ato bukan…aku ra ngerti…
    menurutku : stiap orang hrs mulai introspeksi, lalu benahi diri…tidak boleh merasa paling benar, tidak boleh merasa sudah sangat beriman…karena hakim yang paling benar dan pantas menghakimi adalah hanya Allah SWT..

  7. Pastilah selalu ada hikmah dalam setiap musibah. Semoga kita semua mendapat hikmah dari kejadian tidak mengenakkan ini.

  8. Klo FPI seperti itu! yang saya kawatirkan adalah pandangan orang tentang Islam itu sendiri! padahal ISLAM adalah agama yang membawa kedamaian

  9. bener banget mas achoey. hikmah dari balik kekerasan di monas adalah *sok tahu* bahwa kekerasan macam apa pun tak akan menyelesaikan masalah, bahkan akan menimbulkan masalah baru.

  10. hm… sepertinya seminggu ini saya tidak melihat TV, tapi sempet sih liat berita itu kemaren, cuma belom begitu jelas..
    dan itu membuktikan saya tidak melek informasi hihi..
    saya tidak peka..
    wah harus diperbaiki nih

  11. Lebih baik mendalami agama masing-masing dan menjaga ukuwah islamiah.

    Kebenaran hanya milikNya.
    Tidak perlu berteriak mengatakan saya yang paling benar.

  12. siapa pun dia, apa pun golongan, agama, warna kulit, status sosialnya jika sudah pakai kekerasan gak bisa dibenarkan…hidup fpi, eh, salah ding, hidup perdamaian!

  13. Salam
    setuju kang sama paragraf terakhir, ya harapannya tak henti2nya sebagai muslim terus mengkaji dan memperbaiki diri. Amin

  14. Buat saya yang penting “JANGAN menghakimi..” bukankah itu hak ALLAH, bukan kapasitas manusia menghakimi manusia lain?

  15. FPI itu korban fitnah..

    sy malu, ketika ada kelompok islam yg turun ke jalan untuk menegakkan kalimatuLlah, sy malah hny msh bisa mengamati dari balik media.

  16. saiia ga tahu menahu^^ yang jelas,, jangan ada kekerasan deh,, apapun ituhhh.. 🙂

  17. Ini merupakan salah satu dampak global warming, bukan hanya bumi yang panas, manusia juga di bikin gerah.

  18. skenarionyah lho hampir mirip sama Da Vinci Codenyah Dan Brown

  19. hikmah hanya didapat bagi orang yang mengerti aja…

  20. mmmm… aku ga tau deh masalah beginian… yg pasti aku memang liat kekerasan… dan aku pribadi sih ga pernah setuju sama kekerasan… siapapun yg melakukannya… ga usah mandang agama, suku atao apapun…

    tapi setuju, smoga tetap ada hikmah…

  21. Alhamdulillah, semoga semua orang bisa mengambil hikmah dari semua ini, bener tuh mas achoey .. mari kita belajar tentang agama kita dengan benar, jangn terjebak pemikiran² yang seperti ISLAM padahal bukan. Seperti Ahmadiyah, Sufi, Syiah, dimana aqidah²nya jelas² bertentangan dan banyak syubhat yang sudah dibantah oleh para ulama jika kita mau menggali lagi ..

    smg kita diberikan hidayah taufiq oleh ALLAH dan diselamatkan dari syubhat dan syahwat. Amin.

    btw mas punya sampeyan dah tak link .. gantian yah ..?? 🙂

  22. FPI lagi,,bosen ah
    di berita udah liat,,,posting juga ini lagi

  23. emang bener kali ya….
    kebatilan yang terorganisir akan mengalahkan kebenaran yang tak tertata….
    makanya umat islam bersatu, jangan sibuk dengan kepentingan masing-masing,
    terbukti AKKBB yang notabene orang-orang minoritas bisa membuat opini sedemikian dahsyatnya mendeskriditkan umat islam di negri ini.
    mendingan kita buat aliansi umat islam untuk menandingi AKKBB……

  24. bener2 sulit dimengerti negara kita ini, apalagi dengan mudahnya meng atasnamakan agama islam….hiks…akhirnya ad tmn saya bilang (mesir), “iih dah? fi ih? ko islam kayak gitu? sy sendiri tdk pernah nemui ada ajaran sperti itu, jelas sekali itu sngat melanggar aturan negara (ulil amri)”

  25. ambil hikmah dari semua peristiwa
    amin

  26. operasi naga hijau naga merah

  27. saya setuju bang, segala peristiwa mesti dilihat dari dua sisi… tapi saya tidak memihak sapa2 nih, cuma kasian ngeliat wanita dan anak2 dikejar2 sampe dipukuli begto… apa gak punya perasaan yah kalo misal istri atau anak kita yang dipukulin masak kita gak sedih?

  28. FPI salah, AKKBB salah, Pemerintah juga salah..
    Lalu siapa yang bener?

    Nggak ada yang bener sebenernya, yang bener adalah orang yang mau memperbaiki kesalahannya sendiri dan nggak ngulang kesalahan yang sama lagi.

    Setuju juga sama paragraf terakhir. Lebih baik kita koreksi diri sebelum mengkoreksi orang. Jangan asal tuduh kayak paragraf pertama komeng saya.

    Huhuuu… Dasar! 😀

    Peace ah, kang!

  29. Damai itu indah. Tapi sepertinya kok sulit ya untuk bisa damai…hanya sekedar di ucapan. Pada prakteknya, kekerasan demi kekerasan terus mewarnai hidup.
    Ya Allah ampunilah hamba-hambaMu. Amin.

  30. Media punya peran disini…hehe……..jangan-jangan pengalihan issu……..hehe

  31. sebenernya kalo mau cari sapa yang salah bisa ribet, tapi tetep aja pake kekerasan sudah pasti salah…..!

    moga aja masalah cepat selesai, moga aja kita jg mengerti arti agama di KTP kita

  32. wagh..ganti themes ya kang ??
    muantep…
    hikmah ??, tergantung dari orangnya sih…

    sekedar pemberitahuan, rumah baruku di
    http://oktasihotang.com

  33. Susah menentukan mana yang benar dan mana yang salah.

  34. ganti themes ya kang??
    mantap uey…
    klo hikmah magh, tergantung orngnya kang….

    btw, rumah baruku dagh jadi kang di http://oktasihotang.com

  35. kang….kok aku susah koment di blogmu ini ??

  36. mo dipikirin kok ya gak banget,
    gak dipikirin kok mereka bawa2 agama Islam…
    au’ dah…
    ^_^

  37. still, urus diri sendiri dulu sebelum urus orang lain gimana?

  38. bener tuh…
    yang penting itu, bagaimana agar kita bisa saling menghargai perbedaan.. 🙂

  39. let it be our habbit..
    😀


Tinggalkan Balasan

Kategori

