Oleh: achoey sang khilaf | Juli 16, 2008

Tiga Besar Parpol 2009 (survey CSIS)

Hasil survey yang dilakukan Center for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan bahwa PDI Perjuangan, Partai Golkar, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merupakan tiga partai teratas yang banyak dipilih oleh responden, jika pemilu dilakukan saat ini. Ketua Tim Survey dan Penelitian Lapangan CSIS Nico Harjanto mengatakan, PDI Perjuangan masih menjadi partai yang paling populer dengan memperoleh dukungan sebesar 20,3 % responden, diikuti Partai Golkar dengan dukungan 18,1 %, dan PKS dengan 11,8 %. Sementara dari tingkat loyalitas pemilih menempatkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada posisi teratas dengan nilai 75 % disusul Partai Golkar 61 % dan PDIP 55,1 %.

Hal ini hampir sama dengan prediksi sahabat semua yang terdapat ada postingan saya yang ini. Dari hasil prediksi sahabat tersebut maka tepilihlah tiga partai yang diprediksi bakal menjadi pemenang pemilu 2009, yakni Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan PDI Perjuangan (urutan bukan berdasarkan ranking).

Nah sekarang, bagaimana pendapat sahabat semua. Adakah partai yang sahabat jagokan ada dalam prediksi tiga besar ini? Bagaimana harapan sahabat terhadap partai tersebut? Silakan saudara berpendapat dengan bijak!

Harapan saya, semua partai politik di negeri ini benar-benar memiliki niat yang tulus untuk berjuang dan berkarya demi mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bangsa Indonesia tercinta. Salam damai! 😀


Iklan

Responses

  1. yess pertama..
    komen belakangan :mrgreen:
    salam damai juga mas

  2. Harapan saya, partai yang benar-benar mau berbagi 🙂

  3. Saya kadung ga percaya lagi sama partai politik, parpol yang mana juga yang jadi pemenang, negri ini takkan berubah secara signifikan.

  4. sy udah prediksi 3 partai itu yang menjadi 3 besar.. walau nama golkar akhir2 redup tapi mesinnya masih bagus.
    PKS mesin politik luar biasa.
    PDIP loyalitasnya yang tinggi.

  5. memenuhi undangan, komentar aye gak dipublish dulu.. kang achoey taulah aye penggemar Budiman Sudjatmiko 🙂

    tapi perkara parpol??

    salamhangat.

  6. Harapan saya sama dengan Kang Achoey…
    Terutama bagian keadilan dan kesejahteraan itu 😀

  7. saya suka membaca artikel anda kalau membaca analisa anda mengenai partai anda lebih cocok mendirikan partai politik asal jangan mendirikan partai orang-orang lapar, lapar kekuasaan, lapar ingin merebut istri orang misalnya. poligami itu tidak boleh dalam pernikahan banyak perempuan marah, tapi berpoligami dalam TPS alias menjoblos banyak partai itu halal, itu kata saya. bukan kata arif budiman pencetus golput
    salam kenal dari bandung
    http://esaifoto.wordpress.com

  8. tetep yang itu2 aja ternyata!

  9. jujur saya sudah muak dengan masalah politik……!
    apa lagi kalo mahasiswa sudah main politik saya semakin muak………!

    politik hanya menipu masyarakat…..!

  10. al-Hamdulillah saya belum muak dengan politik, karena saya masih punya pengharapan. Tidak ada yg bisa saya lakukan untuk bangsa kecuali hanya menggunakan hak sekaligus tanggung jawab suara saya demi perbaikan bangsa. Mudah2an Allah melancarkan jalan2 kebaikan termasuk di bidang politik yg seharusnya didominasi orang-orang baik.

  11. Oya partai saya ada tuh, yg hehehe…8x

  12. masih bisa dipercayakah partai-partai itu kang?

  13. saya kemungkinan golput, mas achoey. pusing memilih wakil rakyat yang amanah!

  14. saya mah nggak terlalu berharap banyak pada partai-partai tersebut 🙂

  15. Harapan saya, siapapun yang menang harus tetap ber-Pancasila dan ber-Bhinneka Tunggal Ika 🙂

    Salam kenal 🙂

  16. Wah, masih tentang partai rupanya Mas Achoey. Melihat minat yang begitu tinggi kepada sistem perpartaian, maukah Mas Achoey menjadi Caleg dari partai saya? *Ngacir*

  17. PDIP ma Golkar mah saya lewat.
    PKS? ya.. so so lah..

  18. Membaca komen Mang Kumlod jadi mo ketawa juga : He he he he he he he he (8x).
    KOK mesti 8 (delapan) kali sih … 😉

  19. *garuk2 pala*

    ng… kang achoey dicalonkan di partai apa? :mrgreen: aku mo milih kang achoey aja… hehe…

  20. *memenuhi undangan*

    “Adakah partai yang sahabat jagokan ada dalam prediksi tiga besar ini? Bagaimana harapan sahabat terhadap partai tersebut? Silakan saudara berpendapat dengan bijak!”

    hehe… saya mah masih ga mudeng sama parpol2, lieurr dan ga punya jagoan.. :mrgreen:

    tapi kalo dari prediksi saya waktu itu di postingan kang Achoey sebelumnya, jawabannya ADA. 🙂 ada tuh… 😉

  21. thanks menaut ilyas asia (pesaing Anda)

    Nanti akan saya posting tentang perpataian, saya akan riset terlebih dahulu, supaya postingannya tidak asal-asalan, asal posting, berisi dan ringan enak dibaca

    partai, saya masih percaya akan ada pribadi teratai di antara rawa senawan

    saya akan memilih partai
    walau mereka tidak memilih ilyas asia untuk mewakili mereka di parlemen

    semangat, berubah jadilebih baik.

    suatu saat kita akan bersua (face to face : saya menunggu saat itu, pengangum achoey)

  22. seperti dugaan saya sebelumnya. masih partai lama yang akan bertengger disana 🙂
    bukan tidak mungkin kalo mereka menang, orang-orang dan kinerjanya masih sama seperti dulu-dulu.

  23. apatis thd partai? tidak dong. bagaimanapun berpartai adalah cara legal formal untuk memperbaiki bangsa yang sudah rusak ini. koar-koar di jalanan tanpa memiliki “kekuatan” legal efeknya kurang terasa. apalagi yang golput (walaupun hak) namun itu sepertinya kurang ksatria.

    yang jelas, sampai kini masih ada partai yang terkenal peduli, bersih, jujur dan inteleknya (profesional juga boleh). so kenapa kita tidak memilihnya untuk merawat bumi Indonesia?

    ingatkan saya untuk sering singgah di sini. enak nih, cocok dengan selera.

    silaturahim ke: nomdelapan.blogspot.com yuk?

  24. maaf… tapi aku koq malem mikirin masalah partai kek gituan …

    sebodo amat yang menang siapa …

    yang jelas siapapun yang menang semoga membawa ke arah indonesia yang lebih baik.

  25. Ass….

    sy menganalisa…masih2 itu2 aja…

    Golkar punya birokrasi sampai kebawah
    PDIP punya pendukung fanatik yg membabi buta
    PKS punya kader yang militan dan simpatisan berat

    tapi itukan survey bulan ini….blom tentu jika survey dilakukakn menjelang PEMILU 2009….mungkin bisa berubah….

    yah…resiko Demokrasi

    Sy hanya berharap dari sekian banyak PARPOL semoga ada yg memang2 BENAR IKHLAS dalam Perjuangannya tuk mewujudkan RAKYAT YANG MAKMUR DAN SEJAHTERA.

    Karena semua PARPOL sudah BOBROK dan RUSAK. dan Bisa jadi ada MUTIARA disana SATU-SATUNYA…….TINGGAL KITA JELI MEMILIHNYA…….

    sipp…….sy akan tetap MEMILIH KARENA BENTUK TANGGUNG JAWAB SAYA PADA NEGARA.

  26. dan KEPADA ALLAH, karena setiap PILIHAN KITA tentu akan di hitung oleh-NYA.

  27. Saya mah masih percaya sama PKS…

  28. Inih PEMILU Ndutz yang pertama lho 😀
    enaknya milih yg mana yah? masih binun 😦
    nunggu kampanyenyah ajah de tar Kang

  29. parpol mn az nggak pernah ada yg bisa membuat negeri qt damai….

  30. Hidup Indonesia… Beraneka ragam tetap satu tujuan….. Yang penting mah Istiqomah…. tetap semangat and senyum…
    Apapun makanannya… neagaranya tetap Indonesia… mudah2an aja pas PEMILU bisa pulkam… trus nyoblos deh… maap la you.. gak nyoblos partai pembuat virus….. merugikan warnet quw….

  31. Yang Penting Gak Golput….Bener gak sodara-sodara ?

  32. sayang sekali.. tak ada parpol yang saya percayai saat ini… 😦 (tragis yaaaaaaa..)

  33. kita doakan dan perjuangkan agar tetap bersih dan peduli.

    cobaannya semakin berat.

  34. wah tetep aja partai yang dah mapan yang menang..

    yang penting adalah pemerintahan yg bisa membawa rakyat ke arah keadilan dan kesejahteraan aja deh..

  35. Pemilu Besok, Saya Ganti Nomor dari 16 ke 8 !!! hehehe ayo putihkan senayan lagi !!!

  36. Tapi, 34 Partai yg ikut pemilu 2009 ya…segede apa ya kartu suaranya? 😀

  37. walaupun 3 buah… tetep aja yg maju puluhan…
    nanti bingung milih dhe…

  38. ..mestinya, emang cuma 3 partai itu ajah, jadi yang laen2, gabung…kan platformnya masih tetep jelas : Santri – Priyayi – Abangan..

  39. Analisa saya kemarin juga 3 partai itu kang…

    Harapan saya, semua partai politik di negeri ini benar-benar memiliki niat yang tulus untuk berjuang dan berkarya demi mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bangsa Indonesia tercinta.

    Kayae hanya skedar angin lalu deh bagi parpol… yang enting bagi mereka duit.. walah kok jadi suudzon… smoga saja kang..

  40. salam
    tak peduli partai mana yang menang yang penting bisa merubah sistem yang bobrok menjadi lebih baik, itu saja harapan sayah mah kang 🙂

  41. *sambut undan9an*

    ass…

    hemmm tidak heran mreka jd 3 besar,smo9a sajah ke3 parati tsbt mampu memegang amanah dan menjalankannya dg benar dan memberi kedamaian pada semua masy.indonesia peaceee..;)

    tapi maaf sayah bukan pendukung siapa2….:)

    salam dari @ blog”harumhutan”..

  42. Hmm.. Prediksi msh bs berubah je,,

    mmh.. Boleh jg dink 3 it.. Knp cm 3 besar ya? Ga 8 besar aj gt :mrgreen:

  43. namanya juga prediksi bisa berubah ubah

  44. Aku mikirnya kenapa gak ngasi kesempatan buat partai demokrat aja, untuk nerusin kebijakannya agar yakin bahwa tindakan menaikkan bbm itu sebuah strategi untuk perbaikan atau tanpa rencana lanjutannya. Apa kita yakin pemimpin baru akan lebih baik? gimana kalau sebaliknya, yang jelas terpilihnya pemimpin baru berarti mulai dari titik nol lagi dong. Untuk ketiga partai di atas, hmmm blm bisa ngomen,
    melainkan beharap, siapapun silahkan asal sanggup memperbaiki perekonomian, keadialn, kejujuran dan mensejahterakan negeri ini.

  45. bebas aja kan mas ?

    menurut saya:
    1. PDIP
    2. GOLKAR
    3. PKB

    nomor 1 dan 2 emang keknya ud gede gitu mas jadi susah buat digeser.. tapi kita liat ke depannya 🙂

  46. kang Partai Blogger Indonesia masuk nominasi ngga ya ????

  47. aku milih PKS 😉

  48. mudah-mudahan kalo pas orasi ngasi janji gak sekedar janji doang, pendidikan gratis lah, ini itu gratis lah, we need prove 🙂

    ya tho, ya kan , ya deh

  49. ya menurut saya PDIP, GOLKAR, dan PKS akan berada di 3 besar. Cuma pemenangnya siapa, masih tanda tanya.

  50. Jadi pengen ngebahas politik juga ah…!!!

    Thanks buat inspirasinya…!!!

  51. Menurut saya juga begitu, golkar menang pengalaman, PDIP menang bagi wong cilik, dan PKS menang SDM. Sedangkan PKB sudah tidak solid lagi, lalu PAN dan PBB tidak lagi bersinar.

  52. kayaknya kampanye sudah dimulai nich…..

  53. oh ternyata itu calon partai partai pemenang…semoga aja indonesia jadinya lebih baik bila mereka menang yah 🙂

  54. lepas dari siapapun yang menang, masyarakat sudah sangat mendambakan dan merindukan belaian mesrah kasih sayang dan perhatian serta tindakan nyata dari para pemimpinya.,, mungkin itulah kesan yang mewakili puluhan respon survey perilaku pemilih 2008 oleh CSIS yang berhasil kami wawancari…

  55. ga heran juga si, kalo 3 partai tersebut yang menang, karena di beberapa pilkada, 3 partai itulah yang paling banyak memenangkan pertarungan, apa jadinya klo semua kekuatan partai itu bersatu seperti ketika mereka bersatu menggempur PKS di pilkada jakarta ?

    tentu, PKS turut juga dalam satu kesatuan, negeri ini akan menjadi negeri yang jauuuhhh lebih baik
    amin

  56. Hasil survey yang menarik juga. Krn tdk jauh beda dg pandangan saya ttg PARPOL-PARPOL besar saat ini.

    Utk Parpol Rising Star kira2 gimana ya? Hanura, Gerindra, PMB, PKNU,de el el…

  57. TOP 10 (random order):
    PKNU, Demokrat, PDS, PDI-P, Golkar, PAN, PKS, Hanura, PPP, PKB

    TOP 5:
    PDI-P (18%), Golkar (16.5%), PKS (15%), PAN (9.5%), Demokrat (7%)

    PENGHARGAAN:
    Partai Persahabatan: PKB
    Partai Favorit Pilihan Pemirsa: PKS
    Partai Pendatang Baru Terbaik: Hanura

  58. Aku heran, padahal Golkar dan PDIP itu sudah kelihatan kinerjanya kayak apa, ditambah lagi banyak yang terlibat kasus suap, korupsi dan skandal.

    Lantas darimana perolehan suara kedua parpol tersebut didapatkan? Pemilih Indonesia apakah sudah cerdas?

    Ayo pilih partai yang baik!

  59. ambo sih pilih yang 8 , masalae itu nomor faforit ambo…

  60. partai yg bisa mewujudkan dan memperjuangkan KEADILAN dan KESEJAHTERAAN. Maju terus PKS smga ALLAH memenangkan agama ini.

  61. butut

  62. HASIL SURVEY CICS DARI 34 PARTAI ADA 3 PARTAI TERATAS :

    PANDANGAN POLITIK BERKEMBANG LALU APA YANG DAPAT DIBEDAKAN ANTARA : 1.PDI ; 2.GOLKAR ; 3.PPP DENGAN 1.PDIP ; 2.GOLKAR ; 3.PKS.

    AKARNYA MASING2 JELAS, AKHIRNYA BERKOALISI DAN MENGINDUK PADA SEMANGNYA. (TIDAK SEMUA)
    NAMUN MASYARAKAT SEKARANG SUDAH MULAI CERDAS/JELI, GANTI BAJU APAPUN SUDAH TERBACA/TAU.

    “GITU AJA KOK REPOT………………………”

  63. Gue pilih partai yang alegnya tidak ada ketangkep kpk

  64. Penting semua demi rakyat aja …

  65. Saya Pilih PKS Karena PKS belum ada alegnya yang terlibat skandal (maaf bikin Video Porno) , trus udah terbukti banyak menolak fasilitas mewah seperti mobil , laptop dll. Trus Orang-orangnya punya moralitas tinggi……….dan PKS memang partainya kaum muda gitu loh

  66. PKS Bersih, Peduli dan Profesional…………………………………..Maju terus

  67. sya percaya niatan tulus dari para petinggi parpol, akan tetapi seringkali begitu mereka menduduki DPR, mereka hanya ingat bahwa rakyat yang mereka perjuangkan adalah rakyat dalam arti keseluruhan WNI,bukan raakyat tertentu.

  68. GUA KAGAK HABIS PIKIR DENGAN RAKYAT INDONESIA, MENGAPA PDIP DAN GOLKAR MASIH DI PILIH. PADAHAL PARTAI ITU TELAH TERBUKTI GAGAL DALAM MEMBANGUN INDONESIA.
    COBA LIHAT DI TV PARTAI MANA YANG PALING BANYAK KORUPSINYA? YA GOLKAR DAN PDIP.
    GUA JAGOIN PKS NOMOR 1. KARENA TERUKTI BERSIH DAN ANTI KORUPSI, PEDULI LAGI DENGAN RAKYAT KECIL. PDIP DAN GOLKAR KELAUT AJA!!, GUA MUAK NGELIATNYA.

  69. sippppppppppppppp siapppppppppp nyoblos 2009 koq tapi kok bingung banyak buanget partainya?atau dirumah aja???

  70. Sy pilih partai yg byk orang pintar ilmunya,peduli pada rakyatnya, percuma pilih partai tp calegnya tidak berilmu dan peduli pada rakyat … cape deh. masa wakil rakyat bodoh, tp rakyatnya pada pinter sementara uang tiap bulannya gede2 dan banyak yg tdk inget ame rakyatnya..?

  71. WAH OGUD JUGA HERAN BOS, KENAPA YA PDIP SAMA GOLKAR MASIH DIPILIH.??

    ANEH. . . . .

    GONTA GANTI PRESIDEN MULU!!!!

    KAPAN MATANGNYA YA PEMIMPIN KITA????

    “PRESIDEN KITA MAH MUDA TRUSSS PENGALAMANNYA”

    KALO MENURUT OGUD MAH

    “PARTAI DEMOKRAT”

    Bosan denger OMDO, ya yang rada2 anti koruptor aja . . . . . .

    Sory jarang liat berita, “maaf kalo ada salah kata”

  72. Wah mosok PKS nomor 3? padahal PKS itu sangat mengecewakan kinerjanya selam 5 tahun ini…

  73. Maaf nih baru komen, Amin… mudah2an PKS masuk tiga besar. Kalo kita bayangkan, sepertinya kalo tidak ada PKS, tidak ada harapan lagi bagi Indonesia. Itu kata para pemgusaha lho…! Karena kemenangan PKS akan membuat perkonomian maju, itu juga kata para pengusaha

  74. Kirim lagi ahhh…
    Saya mah pilih Golput aja. Golput=Golongan Putih=PKS. Karena warna dasar PKS PUTIH. Ins Allah PKS menang

  75. bangkit negriku harapan masih ada
    PKS….Partai Keren Sekali…..

  76. wah kalou aq pilih PKS coy,orangnya baik-baik…bisa diharapkan,gak da PKS ndak ramai…

  77. Bangkitlah negriku Harapan Itu masih ada PKS…Partai Keren Sekali…

  78. Caleg yang belum ditangkap KPK, ya partai yang belum pernah punya CALEG, gitu aja koq repot.

    Inga Inga Moncong Putih.

  79. pemilu merupakan ajang Euforia bagi tiap partai yg bakal mnduduki tahta gemerlap di kursi no1 di negara yang gemah ripahlo jinawi..
    mereka mengumber janji.. yg nantinya gak bakal mereka wujudkan krn sdh terlalu banyak janji
    jadi mereka pd gak inget lagi…
    wkt mw pmilu.. mereka bilang indonesia yang miskin lah.. tingkat penganguran tiap thn makin mngkat lah, anak2 putus skolah lah dsb..
    bagai pahlawan kesiangan bagi rakyat2nya
    mreka berupaya sekuat fikirannya.. akn merealisasikan misi nya mnjadikn indonesia raya ini mnj lbh makmur..
    makmur?
    mgkn makmur bagi kantong mereka masing2, bukan rakyat!

  80. TERIMA KASIH SAUDARA2 KU SUDAH MENDUKUNG PKS. KALO MEMANG PKS ENYOY / BAGUS, MOHON DISAMPAIKAN KEPADA KELUARGA, TETANGGA, TEMAN.. DLL. MUDAH2AN PKS MERAIH SUARA TERBANYAK. AMIN

  81. LUPAKAN HASIL SURVEY…2009 KITA PILIH ORANG BUKAN PARTAI…..SO KITA PILIH CALEG YG AKADEMIS, PRAKTIS, DINAMIS TIDAK BERMENTAL PENGEMIS….APAPUN PARTAINYA……PARTAI UNDUR-UNDUR SEKALIPUN….ASAL BUKAN PARTAINYA WONG LICIK “BEDA LETAK DOANG ANTARA LICIK DAN CILIK”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: