Oleh: achoey sang khilaf | Agustus 13, 2008

Pelajar Perokok

Jikalau Anda pernah berjalan menyusuri ruas jalan, atau berkendara dengan nyaman dalam kesejukan. Apakah Anda pernah melihat atau menyaksikan beberapa anak remaja berpakaian seragam sedang asyiknya bercengkrama sambil membakar-bakar “uang” tuk dihisap asapnya. Yah, pastinya Anda sempat baik disengaja atau tidak menjumpai pelajar yang sedang senang merokok. Anda tahu mereka pelajar bukan karena taksiran usia belaka, melainkan Anda benar-benar melihat mereka masih berseragamkan pakaian sekolah.

Apakah Anda sempat bertanya apakah mereka dibolehkan merokok oleh orang-tuanya di rumah? Apakah mereka diperbolehkan oleh guru-gurunya di sekolah? Jawabannya mungkin saja bisa iya, tapi hampir bisa dipastikan pada umumnya tidak.

Apakah Anda juga punya anak? Perahkah Anda merokok di depan mereka. Jika iya maka saya katakan bahwa prilaku merokok Anda adalah sebuah promosi paling efektif agar anak Anda juga kelak merokok.

Apakah Anda melarang anak Anda merokok dengan alasan masalah keuangan saja? Maksudnya jika kelak anak Anda sudah berpenghasilan maka dia berhak merokok. Jika Anda termasuk orang ua yang seperti itu maka maaf, Anda juga salah. Karena ini berarti bahwa kalau ada uang boleh merokok. Dan akhirnya uang dari Anda mereka tetap pergunakan untuk membeli rokok.

Pelajar perokok tentulah riskan. Mungkin kebanyakan mereka merokok juga karena pergaulan. Bergaul dengan perokok, meski pun tidak merokok tetap juga menghisap asap rokok, atau disebut juga perokok pasif. Sama halnya dengan bergaul bersama penjual minyak wangi, meski tak memakai minya wangi tetap saja Anda akan wangi. Jadi memilih pergaulan juga sangatlah penting. Kecuali jika benar-benar bisa membawa diri bukan malah terbawa dan terpengaruhi.

Jujur, saat jadi pelajar dulu saya sempat merokok. Ini karena pergaulan dan juga melihat ayah pun perokok berat. Tapi seiring perjalanan waktu saya pun memahami bahwa merokok bukan masalah daya beli, tapi merokok adalah masalah resiko kesehatan. Maka alangkah wajar jikalau muncul fatwa haram dari MUI.

 

Responses

  1. ugh! pernah kang aku liad anak SMP ngrokok dengan santainya gituh… pengen rasanya aku tanyain, “kamu beli rokok pake uang apa dan uang siapa?” deuh… heran dee…

  2. he…?? carra dapet pertamax… :mrgreen:

  3. saya mulai belajar ngerokok waktu SMA
    itupun masih malu-malu…
    tapi skarang kok kayanya banyak banget, mulai dari yg bercelana biru udah berani ngeorkok di ruang publik. saya sbg perokok juga setuju dng pembatasan ngerokok, bukan sekedar dilarang lho

  4. biasanya anak tersebuh terpengaruh oleh lingkungan!
    tapi kalo orang seperti saya nggak bakal terpengaruh oleh lingkungan!
    wekekekkee!

  5. haduh anak sekarang.. ck.. ck..ck..

    pada bandel2 yah… *prihatin* 😦

    br td liat berita soal fatwa haram mui.. iyaa bener, merokok itu bukan soal daya beli aja, tp bagaimana kita menghargai kesehatan sndr..

    tp soal merokok ato tdk itu kan pilihan.. jd buat mrk yg merokok ya monggo aja, asal gak ngrugiin sekitar ajah.. heheh.. 😀

    eniwei, makasi dah mampir ke blog sy.. 😀

  6. setujuh!!!!
    secara aku paling ga bisa ma asap rokok, langsung sesak napas…
    jadi khawatir nanti jaman anakku kayak apa yah pergaulannya? huks… kurung ajah 😀

  7. Kayaknya anaknya masih kecil banget ya…SD atau SMP?
    Syukurlah anak-anakku tidak merokok, karena suami tidak merokok, dan di rumah tidak disediakan asbak. Kalau ada tamu ingin merokok…silahkan merokok di jalan….maklum halaman sempit, jadi asap rokok masih masuk ke rumah.

  8. salam
    biasa kegokilan masa ABG saya juga sempat merokok tapi bukan perokok..sayang ah buang duit bener ga sie 🙂

  9. baru aja Panda nonton berita tentang Fatwa Haram MUI, eh sekarang dah ada postingannya 🙂

    MANTABBBBBBBBB

  10. ih..sedih deh dgn generasi muda yg seperti itu..
    emang dah banyak banget pelajar yg merokok..
    sepertinya mereka bangga kalo merokok,.. heran, bukannya malu..

  11. iya….mengenaskan…. untung aku nggak ngerokok…soalnya aku nggak bisa napas klu liat asap..palagi ampe ngehirup asap… 😦

  12. memang benar, kalau melarang alasannya harus jelas.
    kalau alasan kesehatan, apalagi diharamkan, gak membuka peluang tawar-menawar lagi.

  13. tidak ada jaminan memang,
    bahwa fatwa ini akan menyelesaikan persoalan bangsa yg satu ini…
    tapi ikhtiar harus tetap dilakukan…
    maju terus…!!! 😀

  14. saya pernah ngeroko seisep doang.. beneran dech, gak enak. Alhamdulillah jadi sebel selamanya, pusing kalo deket2 orang merokok.

  15. sentil aja tuh anak2 yg ngerokok,,ato rokoknya diambil trus kasih ke yusdi…..*disentil pake batu bata ama kang achoey*

  16. Aku heran sama orang2, udah tahu rokok itu berbahaya tapi tetep aja masih merokok…, padahal banyak sekali orang2 yang udah mendapatkan dampak negatif dari itu semua sampai paru2nya bolong n hrs dioprasi seperti temenku. Tapi anehnya mereka tak pernah jera…..
    “Makasih ya kang dah mampir ke blog ku…” 🙂

  17. waaah, bahaya ini.. memalukan.
    mending kalo merokok di kamar aja sendiri, biar ga keliatan orang lain.. daripada di depan umum begitu, dicontoh generasi lain.

  18. ‘Hee… MUI mengeluarkan fatwa haram buat merokok ya… nggak tahu saya…

    Saya bukan perokok, karena pada dasarnya paru-paru saya lemah, dulu waktu kecil pernah sakit parah gara-gara lingkungan tempat tinggal banyak perokok.

    Tapi itu bukan alasan saya untuk tidak merokok sih.. Saya tidak merokok karena emang saya tidak suka merusak tubuh saya sendiri.

  19. kang achoeyy… makasih dah mmpirrr… ^__^

    anak jaman skrg klo diblg in susyah2 nurut, mereka udah pada pinterr2 😦 smoga aja ga keblinger..

  20. disini juga seperti itu sobat… kasihan aku lihat mereka..

  21. ..hmm.. makasih atas ‘hikmah’ ini.. jadi kepikiran banget utk berhenti merokok.. aq perokok sejak 20 tahun lalu, jadi lebih dari separuh umur q saat ini.. pernah berhenti selama beberapa waktu, hanya utk membuktikan pada diri sendiri bahwa aq punya keinginan yg kuat.. sejauh ini, setiap ramadhan, atau pas puasa, sukses2 ajah tuh gak ngerokok, cuma antara buka s/d imsyak, selalu ‘kompensasi’.. sekali lagi, mks ya.. gw coba deh utk berhenti ngerokok.. lagipula, kalo berdasarkan hati nurani dan tidak ego, menyimak ‘nash’ di-atas, dapat diterima bahwa merokok itu lebih cenderung masuk dalam perbuatan HARAM.. .. ..

  22. say NO to chigarette …. bacaan ini saya lihat di SMP Labshool kemarin 🙂 bagus !!

  23. Fatwa Haram Untuk Perokok Anak…

    saya akur dengan itu….

  24. first:i’m not smoker..
    second:sering banged ngeliat pemandangan inih,bahan anak sd sekalipun sudah akrab dg rokok,mu menegur tidak bisa karna sedang dlm perjalanan:) hanya bisa merasa miris dan sedih melihatnya inikah generasi penerus bangsa?

  25. wah, kita memang sepikir…..
    merokok itu berbahaya buat kesehatan.
    ga perduli dia pelajar, mahasiswa, cewek, cowok.
    stop smoking and be healthy 🙂

  26. PUALING sEBBBELLL tuh liat anak2 ingusan udah pada ngerokok…….huhhh…..

  27. Hmm … Apa ya tips supaya brhenti merokok? Tpi.. Shebat2nya tips itu dibuat + se heboh2nya kampanye diadakan, teteup.. Tips jitu terbaik adalah yang datang dari diri sendiri, yaitu Ksadaran, komitmen dan K0nsisten!

  28. Ndutz bukan benci perokok, cuman gak tahan lama2 deket sama perokok yg lg ngrokok. begh..pgn mual2 dah..untung ayahanda dan Kanda nggak ngrokok

  29. Jd ingin membuat tips brhnti mr0kok nih. Ad yg prnh brhasil brhnti mr0kok? Bgman tuh? Nti sy tulis diblog saya. hehe. ^_^kang achoey ap kabar?

  30. terserah orangnya lah.. tapi kalo udah mengganggu umum langsung ditegur aja.

  31. menDing gag usaH ngerokok ajje dah…

    saLm knaL baNg

  32. Bahaya rokok banyakan buat cewek… buat cowok cuma satru… coba aja perhatikan peringatan yang tertera dalam rokok “MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGUGAN KEHAMILAN DAN JANIN.”

    GANGGUAN KEHAMILAN = Cewek
    GANGGUAN JANIN = Cewek
    IMPOTENSI = Cowok
    JANTUNG = Cewek dan cowok

    hehehehe

  33. untung aku gak pernah nyobain itu barang…free smoke everyday… 😉

  34. saya mulai kenal rokok waktu SMP, tapi sama sekali ngga pernah merokok saat masih berseragam, malu-maluin 😀
    untuk sekarang ini saat semua-mua mahal, emang rasanya geram banget kalo lihat anak-anak masih SMP udah pada ngerokok, tp mo gimana? saya juga merokok je :mrgreen:

  35. fatwa haram merokok dari MUI bakal bikin heboh nih..

  36. setuju..

    saya prihatin tuh ngeliat anak2 sekarang smp malah sd ga ce’ ga co’ pada ngerokok..

    masih kecil udah nyobain rokok klo udah besar pasti nyobain yang lebih bahaya lagi.. mau jadi apa generasi bangsa 😦

  37. hayo adik-adik, jangan ngerokok ya… 🙂

  38. heuheueheu
    untung saya dah stop ngerokok 😀

  39. Mmmm skrg yang SD juga sudah banyak yg merokok lho… emang memprihatinkan…

  40. ngapain sih ngerokok
    ketimbang duit buat beli rokok mending buat beli komik ama gunpla 😀
    ngerusak jantung & paru2 pula ::hohoho::

  41. Assalammu’alaikum…
    SEPAKAR rokok emang gak ada sepeser pun manfaatnya, mari kita sama-sama menyadarkan sahabat kita, keluarga kita, ataupun siapa saja yang sekarang ini masih menjadi perokok

  42. hikzz… sebel juga sich tapi biasanya anak² muda di megapolitan kayak gini katanya kalau ga ngerokok gak bekeeen…. jadi gimana donk….???

    daku alhamdulillaaah dah Lolos ujian dah hampir 5 tahun …. until now tapi masih di kerubutin ma asep rokok coz orang² disekelilingku perokok berat eeeeeuuyy……….

  43. hehehhe…..
    aq gak merokok lho……..

  44. Hati2 dalam menegur pada sahabat atau teman walau sudah akan (sedang) digodok penerbitkannya didalam bentuk fatwa MUI mengenai “MEROKOK ITU HARAM”

    Sekitar 2 tahun lalu, saya ditawari merokok dengan santai saya jawab “merokok itu haram” yang terjadi saya diserang dan dikeroyok lalu menghindar kebetulan disitu pak RW sedang lewat. melihat kondisinya kurang baik pak RW kontak polisi dan 4 polisi langsung merapat. rupanya yang menawari rokok untuk saya itu sedang pada mabuk.

    Alhandulillah ada hikmahnya dengan kejadian itu langsung didamaikan di kantor RW dengan perjanjian damai, dengan catatan bila membuat keonararan lagi akan diangkut.

    Fatwa-fatwa Haram Rokok :
    http://www.halalguide.info/content/view/338/38/

  45. anak kecil yang agak legek

    sumpah deh!!! ngeliat orang tua ngeroko aja ga demen demen amat… apalagi anak kecil…

    aaaaaaaaaaaaahhhh

    anak sekolah padahal!!!

    mao jadi apah!!!

    *sedikit lebay :p

  46. wahh… merokok itu haram ya? kok sy sering lihat para ulama merokok ya?? bingung sy dg fatwa MUI itu. Terpenting sebetulnya memberikan kesadaran pada setiap individu, para remaja biasanya malah lbh bandel jika dilarang…

  47. ehem,, jadi inget tuhan 9 senti nya taufiq ismail

  48. Merokok memang bikin fresh, he..he..

  49. Betul! Karena pergaulan tuh. Makanya cari temen tuh harus pilih2.

  50. Untuk akhi achoey, saya sarankan untuk sejenak menengok ini…

    http://maramissetiawan.wordpress.com/2008/07/15/syair-perokok-adalah-serdadu-berani-mati-oleh-taufik-ismail/

    sebagai penambah wawasan.

  51. Tapi fatwa haram terlalu berlebihan menurut saya. Janganlah kaum ulama dalam hal ini MUI begitu gagal dalam membina mental remaja agar tidak merokok malahan langsung mengeluarkan fatwa haram yang masih ditentang oleh kebanyakkan ulama yang lain. Kenapa membunuh tikus harus pakai bazoka? Apakah tidak bisa dicarikan formulasi lain agar para pelajar ini tidak lagi menghisap rokok? Saya optimis masih ada cara lain. NB: Saya tidak merokok lho Kang.

  52. UUnya sebenarnya sudah ada tinggal di tegakkan 😀

  53. Postingan cerdas, semakin memacu agar saya berhenti (mengurangi) merokok. Salam.

  54. gue udah stop ngrokok. tadi malem isep dua batang lagi sih .. tapi ga lagi lagi ah .. sesek langsung dada gue

  55. yup. ita dukung kang 🙂

  56. Saya juga punya draft postingan tentang rokok.
    Kapan ya… mau diposting…

  57. wah.. I hate smoke ,, makes me can’t breath,, tp bukan benci sm orangnya,, duh.. prihatin liat anak2 segitu dah pada ngisep itu rokok… 😦

  58. Rokok…

    Dilematis… 😦

    Berdampak buruk bagi manusia dan juga berdampak buruk bagi ekonomi negara …

    hmm…

    bener2 dilematis… 🙄

  59. http://hanggadamai.wordpress.com/2008/08/15/saatnya-blogger-bogor-bergerak/

  60. saya udah musuhan sama rokok Kang.. tinggal meracuni suami biar ga ngerokok juga. hehehehe

  61. Biar udah ada perda, UU, dan fatwanya, tetep aja mereka selama ini masih kalah ama daya cengkeram iklan dan pemasaran para pengusaha rokok. Lha, acara-acara olahraga dan musik (dua hal yang digandrungi oleh remaja sekarang) semuanya didanai pabrik rokok… 😕

  62. Guru aja banyak yg merokok.
    Beberapa “ulama” (dlm tnd kutip) malah juragan pabrik rokok (selain “juragan” di pesantrennya).
    Saya gak habis pikir… Merokok itu gak logis menurut saya. Hehe, “menurut saya” lhooo… :mrgreen:

    Saya bukan cuma “bukan perokok” sejak mula, tapi “anti rokok”… 🙂

  63. Walah MUI ndak ada urusan mengeluarkan FAtwa tentang ROKOK…( bukan anti ) tapi banyak masalah kemaslahatan umat yang seharusnya menjadi kajian MUI..( pelacuran, Korupsi,Abosi dan tetek bengek lainnya , belum lagi masalah aliran sesat dan menyesatkan)

  64. miris sekali kl lihat generasi muda udah ky gitu yah, disini *jogja-red* kmaren sore malah Chigo liat anak jalanan, paling umurnya blom ada 10 tahun tuh, udah nongkrong ma temen2nya dan ngerokok 😦

  65. Trus sekarang gimana choey? Masih merokok?

  66. Berbahagialah kita, jika kita bukan perokok seperti mereka… 😉
    Tapi jangan coba-coba ya, ntar ketagihan lho!!!

  67. dah kbudayaan kali ya…


  68. SELAMATKAN ANAK MUDA INDONESIA

  69. yah kang memang hal yang seperti itu sangat sulit di tinggal kan oleh bangsa kita
    saya setuju dengan M U I mengharam kan merokok
    tapi kasihan juga kepada para pekerja nya jika merokok itu di haram kan.

  70. rokok? mmm… gak usah di perdebatkan lagi, dah pasti haramnya..
    ulama yang memperdebatkan rokok patut dipertanyakan pengertian dia tentang kesehatan..
    Allah sudah memberikan udara bersih eh malah dikotori..
    bagi perokok: silakan merokok,tapi jangan sampai asap itu samapi ke hidung orang yang tidak merokok..kalau tidak anda termasuk pembunuh orang di sekitar anda secara perlahan

  71. […] Pelajar Perokok Jikalau Anda pernah berjalan menyusuri ruas jalan, atau berkendara dengan nyaman dalam kesejukan. Apakah Anda pernah […] […]


Tinggalkan Balasan

Kategori

